himbauan wisata ke Jogja Alodia siap melayani dengan protokol kesehatan

Hutan Pinus Mangunan

Menikmati keindahan alam diatas gardu pandang dan hammock

Hutan Pinus Mangunan merupakan destinasi wisata alam yang berada di daerah Bantul yang dijadikan sebagai salah satu tempat selfie yang diburu banyak orang. Hutan Pinus Mangunan memiliki suasana yang dapat membuat pengunjung merasa damai, sangat asri, masih alami, serta dapat membuat hati tenang. Terdapat banyak deretan pohon pinus yang tumbuh subur di sepanjang hutan tersebut.

Hutan yang dikelola oleh RPH Mangunan (Resort Pengelolaan Hutan) ini memiliki banyak keunikan. Luas hutan ini mencapai 500 hektar dan banyak tumbuh pepohonan yang tinggi yang membuat suasana hati menjadi sejuk dan tenang. Hutan Pinus Mangunan juga sering dikenal dengan Hutan Pinus Imogiri, karena hutan tersebut berdekatan dengan Makam Raja-raja Imogiri.

Sebelum wisata ini dikenal banyak orang, hutan ini dulunya merupakan kawasan tandus. Karena tandusnya kawasan tersebut pengelola hutan pun melakukan penghijauan dengan menanam beberapa pohon diantaranya ada pohon pinus, pohon akasia, mahoni dan masih banyak lagi. Lama kelamaan karena penghijauan tersebut dilakukan oleh pengelola hutan akhirnya membuahkan hasil. Selain menjadi hutan lindung, kawasan hutan ini juga dijadikan sebagai objek wisata. Dan dibangun fasilitas pendukung agar membuat pengunjung merasa nyaman yaitu seperti toilet, mushola, gardu pandang, panggung dengan kursi-kursi yang dibuat dari kayu dan di tata dengan rapi.

Hutan yang berada di kabupaten Bantul ini menawarkan pesona yang menarik dan membuat suasana tenang dan damai. Untuk menikmati sejuknya udara di Hutan Pinus Mangunan ini sebaiknya datang pada pagi hari. Ketika tiba di hutan tersebut anda akan melihat pepohonan yang berdiri dengan kokoh. Dengan suasana yang tenang dan suara gesekan daun-daun yang melambai-lambai diterpa angin. Semakin anda melihat-lihat anda akan menjumpai pepohonan pinus yang tumbuh dengan rindang.

Selain itu juga terdapat Panggung yang lengkap dengan kursi-kursi kayu tersebut di buat berdasarkan alam sekitar dan menjadi ikon dari Hutan Pinus Mangunan. Wisatawan dapat menikmati indahnya alam dengan duduk-duduk santai di kursi kayu tersebut. Dengan duduk-duduk di kursi kayu tersebut dapat menghilangkan rasa penat dari aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Di panggung tersebut anda juga dapat mengabadikan momen dengan berfoto ria.

Setelah menikmati keindahan alam dengan duduk-duduk di kursi kayu tersebut, wisatawan juga bisa menaiki gardu pandang yang dibangun oleh pengelola hutan. Ketika anda menaiki gardu pandang tersebut anda akan leluasa melihat pemandangan sekitar hutan yang indah. Wisatawan juga akan melihat rindanya pepohonan yang masih hijau serta bukit-bukit yang masih terlihat asri dari jauh. Selain menikmati keindahan tersebut wisatawan juga dapat berpetualang dengan trekking melalui jalur outbond menuju Watu Abang yang konon merupakan tempat pertapaan dari Sultan Agung Hanyokrokusumo.

Di hutan ini juga terdapat hammock yang bida digunakan untuk bersantai serta menikmati keindahan alam dengan berayun-ayun diatas hammock ditemani suasana damai serta hembusan angin yang sejuk.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Hutan Pinus Mangunan

Lokasi Hutan Pinus Mangunan tidaklah sulit, karena terdapat papan petunjuk yang sangat jelas. Jalan untuk menuju Hutan Pinus Mangunan juga sudah layak dilewati karena sudah diaspal dan dapat dapat dilewati dengan kendaraan pribadi. Alamat lengkapnya berada di Hutan Pinus, Sukorame, Mangunan, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Hutan Pinus Mangunan

Rute menuju Hutan Pinus Mangunan cukup mudah, tetapi anda masih akan melewati jl yang berbelok-belok dan menanjak. Jika anda dari pusat kota Jogja ke arah timur melewati jl panembahan senopati, sampai ke perempatan ke selatan menuju jl brigjen katamso jalan terus sampai perempatan ke timur melewati jl kolonel sugiono lurus terus, sampai ke perigaan ke selatan melewati jl sisingamangaraja lurus terus menuju jl imogiri barat lurus terus sampai ke pertigaan ke timur melewati jl makam raja, ikuti jalan tersebut maka anda akan menemukan wisata Hutan Pinus Mangunan.

Jarak yang ditemuh dari pusat kota Jogja ke Hutan Pinus Mangunan tidak terlalu jauh yaitu sekitar 21,3 kilometer jika melewati jl imogiri barat dan waktu tempuh kendaraan normal roda dua dari pusat Kota Jogja ke Hutan Pinus Mangunan sekitar 46 menit.

Harga Tiket dan Parkir Hutan Pinus Mangunan

Harga tiket masuk untuk masuk ke Hutan Pinus Mangunan saat ini cukup murah wisatawan hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.500/orang, tetapi wisatawan harus membayar biaya parkir yaitu Rp 3000 untuk kendaraan roda dua, Rp 5000 untuk mobil, dan Rp 10.000 untuk kendaraan bus. Selain itu jika anda ingin foto pre-weeding anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 50.000.

Fasilitas Hutan Pinus Mangunan

Fasilitas yang ada di Hutan Pinus Mangunan ini sudah lumayan lengkap bagi wisatawan yang berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan diantaranya:

  1. Area outbond
  2. Toilet/kamar mandi
  3. Gardu pandang
  4. Mushola
  5. Area parkir yang luas
  6. Warung-warung kecil makanan dan minuman

Pernah ke Hutan Pinus Mangunan?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

X