himbauan wisata ke Jogja Alodia siap melayani dengan protokol kesehatan

Gunung Kukusan

Panorama keindahan Negeri di atas awan saat terbitnya matahari di Gunung Kukusan

Gunung Kukusan – Bagi anda yang mau berlibur atau bertamasya untuk menikmati suasana alam pegunungan yang mempunyai panorama menakjubkan terutama untuk menikmati suasana terbitnya matahari atau sunrise. Salah satu surga tersembunyi, di dusun wonokerto, desa ngargoretno, kecamatan salaman, magelang jawa tengah, yang bernama Gunung Kukusan.

Gunung kukusan saat ini disebut sebagai Negeri di atas awan yang memiliki ketinggian 800mdpl, dengan keunikan Gunung yang memalang diantara tiga kabupaten Kulon progo, Magelang dan Purworejo. Gunung Kukusan mempunyai dua puncak yang bernama puncak kendeng dan puncak dempok. Namun kedua gunung tersebut mempunyai ketinggian yang berbeda-beda, yang dimana Puncak Kendeng memiliki ketinggian yang lebih tinggi dari Puncak Dempok yang lebih rendah.

Wisata alam yang satu ini menyuguhkan suasana alam yang indah dengan panorama sunsrise di pagi hari dengan udara yang menyegarkan. Di sepanjang perjalanan yang menghabiskan beberapa menit perjalanan untuk melangkahkan kaki di beberapa tangga sampai ke puncak, anda langsung dapat menikmati keindahan ciptaan Tuhan yang sangat menakjubkan mata anda. Ada dua jalur yang dapat anda pilih yang pertama apabila anda belok kiri anda menuju Puncak Dempok dan apabila anda belok kanan anda menuju Puncak Kendeng.

Perbedaan dari Puncak Dempok dan Puncak Kendeng adalah yang dimana Puncak Dempok memiliki tempat yang lebih luas dengan suasana mempesona keindahan ciptaan Tuhan dan anda akan merasakan sensasi berada di ketinggian diantara sekitar gunung-gunung yang berada di sekitarnya. Sedangkan Puncak Kendeng anda akan merasakan pemandangan yang tak kalah indahnya dari Puncak Dempok karena kita tahu sendiri bahwa Puncak Kendeng memiliki ketinggian yang lebih tinggi. Jadi anda bisa memandangi alam lebih luas di atas ketinggian dan melihat Puncak Dempok dibawah dengan bentangan pesona dari bukit tersebut.

Mitosnya Puncak Kendeng diambil dari nama seorang bayi yang dikubur di Puncak Kendeng yang dimana bayi tersebut bernama Pangeran Kendeng yang meninggal saat masih bayi dan bayi tersebut masih ada hubungan erat dengan Pangeran diponogoro. Jadi batu nisan besar di Puncak Kendeng dipercayai bahwa itu merupakan kuburan dari Pangeran Kendeng.

Apabila anda menoreh ke bawah dan sekitar kiri kanan anda bisa memandangi pemandangan hamparan luas kebun teh, yang Nampak hijau dan segar dan gunung yang telihat tampak seperti lukisan indah. Jadi bagi anda jangan sampai lupa mengabadikan moment yang so sweet di atas Puncak Gunung Kukusan bersama orang terdekat karena di Gunung Kukusan juga terdapat spot foto yang menarik untuk para pengunjung dan bagi anda yang suka fotografi wisata yang satu ini sangat cocok untuk berburu view sunrise.

Ingin mengunjungi Puri Mataram atau berkunjung ke tempat wisata menarik lainnya di Yogyakarta? Yuk pesan paket wisata Jogja di Alodiatour.

Lokasi Gunung Kukusan

Lokasi Gunung Kukusan mudah di jangkau dengan jarak 39 kilometer dan sekitar 1 jam 5 menit dari Pusat Kota Yogyakarta.

Lokasi Gunung Kukusan tepatnya terletak di Gn. Kukusan, Hargorejo, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Gunung Kukusan

Rute menuju Gunung Kukusan dibilang sangat mudah dijangkau anda bisa menggunakan sepeda motor maupun mobil. Dari Pusat Kota Yogyakarta, anda bisa melewati pasar godean kemudian ke barat menuju ke arah Kulon Progo sampai anda bertemu perempatan menuju Naggulan. Dari perempatan tersebut anda belok kanan sampai anda bertemu perempatan Dekso yang ada tugunya, yang kemudian anda lalu belok kiri menuju ke arah Samigaluh. Kemudian anda akan melewati beberapa Balai Desa yaitu Balai Desa Purwoharjo, Balai Desa Gerbosari dan Balai Desa Ngargosari. Selanjutnya anda akan bertemu pertigaan Pasar Plono, kemudian ambil jalur kanan menuju Kebun Teh Nglinggo. Sesampainya di kompleks Kebun Teh tersebut anda cukup berjalan kaki sekitar 5 menit untuk sampai ke Gunung Kukusan.

Harga Tiket dan Parkir Gunung Kukusan

Harga tiket Gunung Kukusan  untuk menikmati pemandangan gunung kukusan sangat bersahabat dengan kantong anda yaitu anda cukup membayar Rp 5.000,- dengan rincian Rp 3.000,- untuk masuk ke desa wisata nglinggo dan Rp 2.000,- untuk ke wisata gunung kukusan. Sedangkan untuk parkir motor anda hanya membayar Rp 2.000,- dan untuk parkir mobil dengan harga Rp 5.000,-.

Fasilitas Gunung Kukusan

Fasilitas Gunung Kukusan bisa dibilang sebuah wisata alam yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan diantaranya adalah :

  • Area Parkir kendaraan
  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Tempat Istirahat atau Gazhebo
  • Warung makan
  • Camping ground

 

Pernah ke Gunung Kukusan?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

X