himbauan wisata ke Jogja Alodia siap melayani dengan protokol kesehatan

Gunung Kukusan

Menghilangkan penat dengan menikmati pemandangan alam yang sejuk

Gunung Kukusan – Jika anda pernah mengunjungi kebun teh di desa nglinggo, kulonprogo, D.I. Yogyakarta. Anda juga harus menginjungi gunung kukusan karena ngunung ini berbatasan dengan kebun teh yang ada di desa nglinggo tersebut.

Anda bisa menikmati pemandanagan yang sejuk jika sudah berada di atas puncak gunung kukusan ini tetapi menikmatinya tentu tidak instan ya teman-teman perlu perjuangan untuk berada di titik puncak gunung kukusan ini. Anda juga bisa menikmati sunrise.

Dari area parkir di kebun teh, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 200 meter atau 15 menit ke Gunung Kukusan melewati jalan setapak tanah dan berpasir. Nanti akan ada dua jalan setapak ke dua puncak berbeda. Jalan setapak ke kiri menuju puncak Dempok yang lebih rendah. Sedangkan jalan setapak ke kanan ke puncak Kendeng, puncak paling tinggi.

Kedua puncak itu memiliki pemandangan yang memikat dan indah. Biasanya banyak orang menghabiskan waktu di Puncak Dempok, pasalnya Puncak Dempok lumayan luas dan ada beberapa kursi sederhana terbuat dari bambu. Sehingga pengunjung bisa duduk santai bercengkerama, berfotoria, sembari menikmati pemandangan.

Bagi anda yang datang mengunjungi gunung kukusan untuk berburu sunrise jangan khawatir karena sudah ada tempat parkir kendaraan anda yang bisa dibilang aman. Jika sudah selesai menikmati sunrise anda bisa turun dengan melalui jalan setapak kemudian menikmati kebun teh yang ada di dekat gunung kukusan tersebut.

Tidak hanya kebun teh dan gunung kukusan saja yang bisa nada kunjungi. Ada juga beberapa destinasi wisata yang jaraknya tidk jauh dari gunung kukusan, seperti Bukit Jaran, Hutan Pinus, Gardu Pandang, Bukit Widosari, Watu Amben, serta Air Terjun Watu Jonggol.

Jika anda mengunjungi gunung kukusan ini, anda harus benar-benar memastikan keadaan kendaraan yang akan anda gunakan terutama remnya karen aanda kan melewati jalan yang menanjak dan berkelok-kelok.

Ingin mengunjungi Gunung Kukusan atau berkunjung ke tempat wisata menarik lainnya di Yogyakarta? Yuk pesan paket wisata Jogja di Alodiatour.

Lokasi Gunung Kukusan

Lokasi gunung kukusan ini lumyan jauh dari pusat kota Yogyakarta. Letaknya di Gunung Kukusan ini berada di Dusun Wonokerto, Desa Ngargoretno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Jarak tempuh sekitar 37,1 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 5 menit.

Rute Menuju Gunung Kukusan

Rute menuju gunung kukusan sangat mudah untuk anda jangkau namun membutuhkan waktu yan lumayan lama. Dari pusat kota Yogyakarta anda Ke arah barat di Jl. KH. Ahmad Dahlan. Terus ke Jl. R. E. Martadinata/Jl. Wates/Jl. Yogyakarta – Wates. Belok kiri ke Jl. Ringroad Barat/Jl. Wates/Jl. Yogyakarta – Wates. Belok kanan ke Jl. Sentolo – Brosot, Jl. Sentolo – Brosot belok kiri dan menjadi Jl. Pengasih/Jl. Pengasih – Sentolo. Kemudian Ambil Jl. Pengasih – Sermo dan Jl. Sermo – Kokap ke Jl. Kokap di Gunung Kukusan. Terus ke Jl. Purbowinoto. l. Purbowinoto belok sedikit ke kanan dan menjadi Jl. Pengasih – Sermo. Belok sedikit ke kanan menuju Jl. Sermo – Kokap. Belok kanan untuk tetap di Jl. Sermo – Kokap. Belok kanan ke Jl. Kokap.

Harga Tiket dan Parkir Gunung Kukusan

Harga tiket masuk gunung kukusan sangat bersahabat dengan dompet anda dan tidak membuat kanker alias kantong kering. Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 2.000,- dan untuk biaya parkir kendaraan juga sebesar Rp. 2.000,- saja.

Fasilitas Gunung Kukusan

Fasilitas gunung kukusan cukup memadai namun butuh perkembangan lagi. Seperti,

  • Lahan parkir
  • Beberapa warung cemilan dan minuman
  • Kursi untuk beristirahat

Pernah ke Gunung Kukusan?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

X