Grojogan Pucung

" Menyusuri air terjun yang tersembunyi di balik hutan Bantul "
{"autoplay":"true","autoplay_speed":"3000","speed":"300","arrows":"true","dots":"true","loop":"true","nav_slide_column":5,"rtl":"false"}

Di Kabupaten Bantul memang banyak sekali destinasi wisata yang indah sekaligus sangat menakjubkan yang cocok bagi para traveling. Salah satu destinasi yang ada di Bantul yaitu Grojogan Pucung. Air Terjun Grojogan Pucung adalah air terjun yang berada di tengah hutan belantara sehingga masih belum banyak yang mengetahui air terjun ini.

Air yang ada di Grojogan Pucung ini masih sangat jernih yang mengalir deras dan juga  alirannya stabil karena langsung berasal dari sumber mata air yang berada di atasnya. Di lokasi ini pepohonan rimbun yang sangat hijau dan membuat lokasi ini sangat indah seperti lukisan panorama yang sangat indah. Pemandangan dari Grojogan Pucung ini terlihat menarik dengan kontur air terjun yang bertingkat.

Air terjun tertinggi mempunyai ketinggian sekitar 15 meter dengan bentuk air terjun melebar yang langsung jatuh ke arah dasar. Pada bagian dasar terdapat kolam kecil dengan diameter sekitar tujuh meter dan dapat digunakan sebagai tempat berenang maupun berendam. Kondisi bebatuan di Grojogan Pucung ini berwarna putih karena bebatuan disini rata rata adalah bebatuan kapur.

Pengunjung dapat ke kawasan wisata ini pada saat musim kemarau maupun musim penghujan sangat cocok dan tidak ada bedanya karena debit air yang ada tetap stabil dan tidak kering meskipun musim kemarau. Banyak pengunjung yang berenang disini karena airnya sangat jernih dan segar. Dan untuk para pengunjung yang tidak bisa berenang, pengunjung dapat duduk-duduk sambil bermain air di bebatuan yang masih alami.

Grojokan pucung ini juga memiliki beberapa spot yang bagus. Jadi pengunjung tidak hanya menikmati kesegaran air dan pemandangan sekitar tetapi juga puas untuk foto-foto dengan latar belakang grojokan yang sangat indah. Grojogan Pucung juga biasa digunakan untuk foto prewedding karna latar belakangnya yang memikat hati.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Grojogan Pucung

Lokasi Grojogan Pucung ini sudah termasuk bagus dan mudah untuk ditempuh oleh para pengunjung menuju Grojogan Pucung. Ketika sampai di area perkir para pengunjung masih harus berjalan kaki melewati jalan setapak tanah yang kondisinya menanjak untuk sampai di lokasi Grojogan Pucung. Namun lokasi Grojogan Pucung ini lumayan jauh dengan pusat kota Yogyakarta.

Alamat Grojogan Pucung tepatnya berada di Dusun Pucung, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Grojogan Pucung

Rute menuju Grojogan Pucung ini sangat mudah untuk dijangkau. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan Secodiningratan, kemudian sampai perempatan ke arah selatan ke Jalan Brigjend Katamso, lalu lurus terus sampai pertigaan ke arah barat ke Jalan Mayjend Sutoyo, di pertigaan ke arah selatan menuju Jalan Parangtritis, kemudian jalan terus mengikuti Jalan Parangtritis sampai di pertigaan ke arah selatan ke Jalan Mangun Negoro, lalu lurus terus ke Jalan Raya Pundong, sampai di pertigaan ke arah barat menuju Jalan Kretek Siluk, kemudian ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Grojogan Pucung.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Grojogan Pucung lumayan jauh yaitu sekitar 25,2 Kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Kota Yogyakarta menuju Grojogan Pucung sekitar 1 jam.

Harga Tiket dan Parkir Grojogan Pucung

Karena objek wisata ini masih dikelola oleh masyarakat setempat dalam hal ini adalah pemuda karangtaruna dan juga masyarakat sekitar, maka di kawasan ini tidak memiliki biaya resmi untuk masuk maupun parkir di wisata Grojogan Pucung ini. Sebagai gantinya para pengunjung akan membayar biaya seikhlasnya untuk memajukan kawasan wisata Grojogan Pucung ini.

Fasilitas Grojogan Pucung

Kawasan Wisata Grojogan Pucung ini belum memiliki kelengkapan fasilitas yang cukup. Disini hanya terdapat beberapa tempat duduk panjang yang terbuat dari bambu yang disediakan untuk istirahat dan duduk-duduk para pengunjung. Meskipun fasilitas disini masih tergolong minim, di sekitar lokasi Grojogan Pucung ini masih ada kamar mandi masyarakat setempat yang dapat digunakan oleh para pengunjung.