Grha Sabha Pramana

Bangunan Joglo megah di tengah Yogyakarta yang menjadi pusat segala aktivitas masyarakat

Tidak dapat dipungkiri bahwa ketenaran kampus UGM (Universitas Gadjah Mada) sudah mencapai pelosok negeri karena mencetak lulusan-lulusan terbaik untuk membangun bangsa. Seiring ketenarannya, Universitas yang mengambil nama dari Patih Majapahit tersebut juga memiliki area kampus yang terbilang megah di daerah strategis Yogyakarta. Nah kali ini Alodia Tour berkolaborasi dengan Loker Jogja yang merupakan platform lowongan kerja khusus wilayah Jogjakarta ingin membahas salah satu bangunan megah di kampus UGM, yang bernama Grha Sabha Pramana.

Graha Sabha Pramana seolah menjadi magnet bagi anak kampus maupun masyarakat non kampus untuk mengunjunginya. Jika melihat namanya sendiri memang belum bisa digambarkan apakah sejatinya tempat ini. Namun ketika melihat secara langsung maupun dari foto, anda mungkin akan takjub melihat keindahan area Grha Sabha Pramana ini.

Ya, Graha Sabha Pramana UGM adalah sebuah bangunan besar yang berdiri di area tengah kampus dan sebagai bangunan muka UGM, karena dari jalan utama akan langsung tampak kemegahan bangunan ini. Arsitekur bangunan ini berkonsep bangunan Jawa yaitu Joglo. Namun ukuran joglo dari Graha Sabha Pramana ini terbilang jumbo, dan sepengetahuan Alodia merupakan bangunan berkonsep Joglo terbesar di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Graha Sabha Pramana sendiri dibangun dan diresmikan pada tahun 1994. Fungsi utama dari gedung ini adalah sebagai aula pertemuan. Bangunan joglo megah ini memiliki 2 lantai utama, yaitu untuk lantai dasar berfungsi sebagai ruang-ruang pertemuan dengan kapasitas kecil, sedangkan untuk lantai kedua mempunyai fungsi yang lebih besar yaitu sebagai aula utama yang memiliki kapasitas mencapai 5.000 orang karena memiliki tribun layaknya stadion di sisi timur, barat, dan selatan.

Dengan mengedepankan arsitektur jawa, yaitu Joglo. Bangunan ini layaknya Joglo pada umumnya yang memiliki atap berbentuk trapesium. Pada interiornya juga, khususnya untuk aula utama di lantai 2 memiliki tiang-tiang besar di tepinya yang berlapiskan kayu dan mempunyai ukiran jawa yang indah. Lebih spesialnya lagi untuk area tengah yang luas, tidak satupun ada tiang penyangga yang ditemukan, sehingga dipastikan bangunan Graha Sabha Pramana ini memiliki rencana pembangunan yang matang. Untuk atap interiornya juga tampak indah dengan lapisan kayu yang mempunyai ukiran layaknya saat kita mengunjungi Joglo di Kraton Yogyakarta, namun memiliki ukuran dimensi yang lebih besar.

Bukan tanpa alasan UGM yang dikenal sebagai kampus biru membangun bangunan megah ini. Fungsi utama bangunan ini adalah untuk menampung acara paling sakral yaitu wisuda, dimana setiap tahunnya UGM meluluskan ribuan mahasiswanya yang dibagi menjadi 4 kali dalam setiap tahun.

Universitas Gadjah Mada sebagai kampus besar tentunya membutuhkan bangunan yang mampu menampung ribuan orang wisudawan serta keluarganya yang hadir, sehingga inilah alasan mengapa Graha Sabha Pramana dimanfaatkan.

Namun ternyata selain fungsi utama tersebut, Graha Sabha Pramana ternyata juga sering dimanfaatkan untuk acara-acara non-kampus, seperti untuk melaksanakan konferensi, seminar, pameran, job fair untuk mencari lowongan kerja, sampai dengan acara yang lebih privat yaitu pernikahan.

Memang bangunan besar ini siap menampung acara-acara yang menghadirkan banyak orang, sehingga area Gedung Sabha Pramana ini cukup lumayan ramai setiap harinya.

Namun selain keindahan bangunannya, ternyata Graha Sabha Pramana ini juga memiliki area eksterior yang indah dimana memiliki lapangan depan yang luas yang dilingkari oleh jalanan besar dengan pohon dan taman yang indah.

Nah area luar inilah yang sering dimanfaatkan masyarakat untuk beraktivitas non formal, seperti untuk berolahraga, kumpul komunitas, atau sekedar untuk menghabiskan waktu dikala sore hari.

Memang disaat sore hari, ada banyak orang yang melakukan kegiatan di sekitar Graha Sabha Pramana ini. Kita bisa melihat ratusan orang melakukan jogging di jalanannya, bermain sepak bola di lapangannya, ataupun kegiatan lainnya.

Selain itu juga disaat malam hari tiba, area Graha Sabha Pramana akan memberikan kesan yang lain, yaitu suasana romantisme kampus! Ya, Graha Sabha Pramana dilengkapi dengan puluhan/ratusan lampu taman indah yang berbentuk bola-bola bulat dengan sinar warna kuning, sehingga area ini saat malam hari tampak sangat romantis sekali, cocok untuk sebagai latar fotografi.

Apabila anda ingin ke Graha Sabha Pramana UGM dan mengunjungi tempat wisata indah lainnya di Yogyakarta bisa merencanakan perjalanan wisata anda bersama Alodia Tour, kami siap memberikan penawaran yang menarik!

Lokasi Grha Sabha Pramana

Lokasi Graha Sabha Pramana UGM sangat mudah untuk ditemukan maupun dijangkau, karena bangunan ini berada di kampus Universitas Gadjah Mada. Apabila anda melewati Jalan Kaliurang, maka akan tampak area bangunan megah ini timur jalan.

Lokasi Graha Sabha Pramana UGM tepatnya berada di Universitas Gadjah Mada, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281, Indonesia.

Rute Menuju Grha Sabha Pramana

Rute menuju Graha Sabha Pramana UGM sangat mudah untuk dilalui. Apabila anda dari area Stasiun Tugu Yogyakarta, maka anda hanya cukup perlu jalan ke arah timur (area Kota Baru) melewati Jln. Abu Bakar Ali. Kemudian setelah sampai jalan memutar di area Stadion Kridosono, kemudian ambil arah utara ke Jln. Suroto. Nah lurus terus ke arah utara melewati Jln. Suroto dan melewati perempatan gramedia anda akan langsung melihat kemegahan Graha Sabha Pramana ini.

Harga Tiket dan Parkir Grha Sabha Pramana

Harga tiket untuk memasuki Graha Sabha Pramana UGM adalah gratis dan anda tidak akan dipungut biaya sepeserpun, kecuali jika anda ingin menyewa bangunan ini untuk suatu acaranya, maka anda diharuskan untuk menyewa bangunan ini kepada pihak UGM Residence sebagai pengelola.

Harga sewa Graha Sabha Pramana sendiri mencapai puluhan juta, kabarnya sendiri mencapai 25 juta untuk menyewa aula utama di lantai 2. Sedangkan untuk harga parkir di area Graha Sabha Pramana sendiri adalah gratis.

Fasilitas Grha Sabha Pramana

Fasilitas Graha Sabha Pramana UGM cukup lengkap sebagai fasilitas umum. Disini terdapat beberapa fasilitas pendukung seperti:

  • Toilet Umum
  • Area Parkir yang luas
  • Lapangan dan Taman yang luas
  • Aula luas yang memiliki pangggung dan tribun di dalamnya
  • Dilengkapi dengan penerangan yang cukup saat malam hari

Pernah ke Grha Sabha Pramana?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini