Goa Selarong Bantul

Berwisata sejarah di salah satu goa yang merupakan bekas tempat persembunyian Pangeran Diponegoro

Yogyakarta memiliki banyak daerah yang menyimpan banyak destinasi wisata yang indah. Salah satu daerahnya yaitu daerah Bantul. Terdapat berbagai macam goa yang ada di Bantul yang dapat para wisatawan nikmati pesona keindahannya. Obyek wisata alam tersebut yaitu Goa Selarong Bantul.

Goa Selarong Bantul merupakan goa yang terkenal karena goa ini bekas benteng pertahanan Pangeran Diponegoro dengan pasukannya, oleh sebab itu goa ini juga biasa disebut dengan Goa Diponegoro. Di Goa Selarong ini terdapat patung Pangeran Diponegoro yang diletakkan di gapura sebagai pahlawan Goa Selarong Bantul.

Dalam patung tersebut Pangeran Diponegoro dipakaikan jubah hitam dengan posisi sedang menaiki kuda. Patung tersebut memiliki makna yaitu sebagai simbol perjuangan dan keberanian Pangeran Diponegoro yang melawan tentara dari Belanda. Selain patung yang ada di gapura, ada juga patung Pangeran Diponegoro dengan jubah putih yang berada di dekat tempat parkir.

Goa Selarong ini berada di perbukitan kapur yang tingginya sekitar 35 meter. Di sekitar goa ini terdapat pohon-pohon yang tumbuh dengan lebat dan rindang. Intinya Goa Selarong ini letaknya sangat curam dan untuk mencapai goa ini anda harus melewati beberapa ratus tangga sejauh 400 meter. Goa Selarong ini hanya memiliki lebar 3 meter saja. Tinggi goa ini tidak lebih dari 2 meter. Panjang goa ini sekitar 3 meter.

Goa yang dijadikan markas Pangeran Diponegoro ini berbentuk bukit batu dengan 2 lubang. Dulu kedua lubang itu dijadikan markas persembunyian Pangeran Diponegoro ketika ia dikejar Belanda. Saat musim hujan tiba, anda dapat melihat air terjun Goa Selarong yang berada di dekat goa. Di Goa Selarong ini terdapat dua buah sendang yaitu Manik Moyo dan Umbul Moyo.

Asal usul Goa Selarong yaitu berawal dari kisah perjuangan Pangeran bersembunyi dari serangan Belanda. Karena Pangeran Diponegoro kalah dalam senjata dan pasukan di goa inilah beliau menyusun strategi perang gerilya. Dilihat dari luar Goa Selarong ini terlihat seperti goa yang buntu, tetapi ketika Pangeran Diponegoro dan pasukannya masuk tidak akan nampak dari luar. Goa Selarong ini seperti pintu gaib bagi Pangeran Diponegoro untuk bersmbunyi.Perang tersebut berlangsung dari tahun 1825 sampai tahun 1830. Sampai akhirnya Pangeran Diponegoro ditangkapn oleh Belanda dan diasingkan di Makasar sampai beliau wafat.

Menurut orang-orang Goa Selarong ini merupakan tempat yang cukup angker. Apalagi saat malam Jumat Kliwon atau malam Selasa Kliwon. Di dalam Goa Selarong tersebut terdapat suara dari gamelan yang sedang ditabuh. Terdapat larangan yang harus dihindari ketika anda berkunjung ke goa tersebut yaitu tidak menggunkana tempat ini sebagai pesugihan, karena jika anda mencoba hal tersebut maka anda akan mendapat bencana besar.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Goa Selarong Bantul

Lokasi obyek wisata Goa Selarong Bantul sudah cukup terjangkau dan mudah untuk ditemukan juga mudah untuk dicapai. Lokasi tepatnya Goa Selarong yaitu berada di Desa Waktu Gedug, Guwosari, Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Goa Selarong Bantul

Rute menuju obyek wisata alam Goa Selarong Bantul cukup terjangkau karena jalan menuju obyek wisata tersebut sudah layak untuk dilewati. Jika anda dari pusat 0 km kota Yogyakarta ke timur melewati jl panembahan senopati, sampai perempatan lalu ke selatan melewati brigjend katamso lurus terus sampai perempatan barat melewati jl mayjend sutoyo lurus terus, sampai perempatan ke selatan menuju jl di panjaitan lurus terus sampai perempatan, lalu ke barat melewati jl suryodiningratan lurus terus sampai bertemu pertigaan kemudian belok ke selatan melewati jl bantul lurus terus sampai pertigaan lagi belok ke barat melewati jl selarong lurus terus menuju jl goa selarong, ikuti jalan tersebut maka anda akan menemukan obyek wisata Goa Selarong Bantul.

Jarak yang ditemuh dari pusat 0 km kota Jogja ke obyek wisata alam Goa Selarong Bantul tidak terlalu jauh yaitu sekitar 12,7 kilometer dan waktu tempuh kendaraan normal roda dua dari pusat 0 km Kota Jogja ke Goa Selarong Bantul sekitar 32 menit saja.

Harga Tiket dan Parkir Goa Selarong Bantul

Harga tiket masuk obyek wisata Goa Selarong cukup murah, bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Goa Selarong Anda hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp. 3000 per orang. Dengan harga tersebut Anda dapat menikmati keindahan alam sekitar di area Goa Selarong Bantul.

Sedangkan untuk harga tiket parkir bagi wisatawan yang berkunjung yaitu Rp. 5000-10.000 untuk kendaraan bus dan mobil dan Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua.

Fasilitas Goa Selarong Bantul

Fasilitas yang ada di wisata Goa Selarong Bantul saat ini sudah cukup memadai dan dapat membuat nyaman wisatawan yang berkunjung, fasilitas Goa Selarong Bantul diantaranya:

  1. Toilet umum/kamar mandi
  2. Tempat ibadah
  3. Sarana bermain untuk anak-anak
  4. Beberapa pendopo untuk beristirahat dan bersantai
  5. Area perkemahan atau camping
  6. Tempat parkir yang luas

Pernah ke Goa Selarong Bantul?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini