Goa Kebon Krembangan

Goa yang terbentuk alami di daerah Kulon Progo yang menyuguhkan ornamen alam yang sangat elok nan cantik.

Goa Kebon Krembangan – Daerah Kulon Progo adalah yang mempunyai banyak destinasi wisata yang menarik sebagai tempat rekreasi untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, sahabat, kerabat maupun rekan kerja. Melihat banyaknya destinasi yang terkenal di Kulon Progo ini maka tidak lama telah di buka pada tahun 2015 terdapat destinasi wisata yang tak kalah menariknya yaitu Goa Kebon Krembangan.

Goa Kebon Krembangan berlokasi di Dukuh VII, Krembangan, Kulon Progo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Goa Kebon dinamai oleh masyarakat sekitar karena Goa ini berada di tengah-tengah kebun area warga yang membentuk secara alami tanpa ada sentuhan dari masyarakat.

Air terjun diperbukitan dengan ketinggian 7 meter jatuh secara perlahan membasahi mulut Goa serta menyelimuti mulut Goa dengan bebatuan dari proses endapan batu kapur yang membentuk ornamen alam yang sangat elok nan cantik. Jernihnya air mengalir tiada henti diantara bebatuan kapur dan tetesan air yang tidak jatuh langsung ke bawah tetapi mengalir di setiap dinding bebatuan.

keindahan yang tercipta dari Goa Kebon Krembangan dengan sisi kanan kiri yang tidak begitu luas menyuguhkan beberapa pohon kelapa yang menjulang tinggi serta berbagai macam tumbuhan yang hijau dan segar menjadikan sejuknya suasana.

Persis di belakang Air terjun terdapat ruangan yang cukup luas dengan ketinggian air terjun sekitar 3-5 meter. Disini terdapat beberapa Stalaktit yaitu batangan kapur yang terdapat pada langit-langit gua dengan ujung meruncing ke bawah. Diantara banyaknya Stalaktit terdapat satu stalaktit yang sudah menyatu dengan stalakmit yang merupakan proses pembentukan dari gua dan proses itu juga membentuk sebagai tiang penyangga. Ujung dari area tersebut terdapat rongga yang berukuran setubuh manusia. Tetapi belum diketahui perkiraan seberapa dalam goa yang dikondisikan dengan ujung goa yang bisa di lalui manusia.

Seiring dengan berjalannya waktu pemerintah ingin mengembangkan lokasi ini sebagai konsep wisata edukasi. Apabila memungkinkan rencananya akan dibangun tanaman herbal sebagai media pembelajaran biologi, laboratorium alam, bumi perkemahan dan outbound.

Ingin mengunjungi Goa Kebon Krembangan atau berkunjung ke tempat wisata menarik lainnya di Yogyakarta? Yuk pesan paket wisata Jogja di Alodiatour.

Lokasi Goa Kebon Krembangan

Lokasi Goa Kebon Krembangan sangat mudah dilalui karena jalan sudah beraspal dan datar. Berjarak 28 kilometer dan sekitar 48 menit dari Pusat Kota Yogyakarta.

Lokasi Goa Kebon Krembangan tepatnya berada di Dukuh VII, Krembangan, Kulon Progo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55655.

Rute Menuju Goa Kebon Krembangan

Rute menuju Goa Kebon Krembangan sangat mudah di jangkau dan dilalui anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Dari Pusat Kota Yogyakarta, lurus di Jl. KH. Ahmad Dahlan sampai ketemu perempatan terus ke Jl. R.E. Martadinata/Jl. Wates/Jl. Yogyakarta-Wates. Kemudian tetap lurus mengikuti jalan besar sampai ketemu perempatan belok kiri ke Jl. Ringroad Barat/Jl. Wates/Jl. Yogyakarta-Wates, lalu lurus sampai ketemu pertigaan belok kiri ke Jl. Sentolo Brosot dan lurus sedikit ketemu pertigaan lagi belok kiri ke Jl. Sentolo Barat. Selanjutnya tetap lurus sampai ketemu perempatan terus menuju Jl. Karangsewu Tirtorahayu, lalu lurus tetap mengikuti jalan besar sampai ketemu pertigaan belok kanan menuju Jl. Daendels Pantai Sel. Lalu lurus sampai ketemu perempatan pertama belok kiri ke Jl. Pantai Bugel, lalu ketemu perempatan kedua belok kiri dan lurus sampai mentok ketemu pertigaan belok kanan dan tujuan anda telah sampai.

Harga Tiket dan Parkir Goa Kebon Krembangan

Harga tiket Goa Kebon Krembangan tidak di pungut biaya untuk para pengunjung tetapi anda hanya di pungut biaya harga parkir saja.

Fasilitas Goa Kebon Krembangan

Fasilitas Goa Kebon Krembangan saat ini sementara tidak ada fasilitas yang menunjang destinasi termasuk kamar mandi maupun gazebo atau tempat istirahat karena Goa Kebon Krembangan merupakan destinasi baru sehingga apabila anda ingin ke kamar mandi anda bisa langsung ke tempat rumah warga sekitar destinasi wisata.

Pernah ke Goa Kebon Krembangan?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini