Goa Jepang Bantul

Mengunjungi tempat bersejarah yang menjadi saksi bisu penjajahan Jepang

Kota Yogyakarta memiliki banyak destinasi wisata yang banyak dikunjungi. Banyak tempat wisata yang menarik mulai dari obyek wisata yang sudah populer sampai obyek wisata yang masih asri dan belum terkena tangan yang tidak bertanggung jawab. Salah satunya yaitu Goa Jepang Bantul yang masih asri dan menawarkan pemandangan yang luar biasa. Goa Jepang ini memiliki tinggi sekitar 400 sampai 500 meter dia atas permukaan laut. Goa ini terbuat dari beton yang sampai saat ini masih berdiri dengan kokoh.

Goa ini berada di Bukit Pundong, oleh sebab itu banyak orang yang memanggil goa tersebut dengan Goa Jepang Pundong. Di Goa Jepang ini anda juga dapat menikmati indahnya Pantai Parangtritis diatas bukit Pundong ini. Suasana di Goa Jepang ini masih sejuk dengan angin sepoi-sepoi yang menambah indahnya Goa Jepang ini.

Dulu Jepang melihat potensi alam yang dimiliki Indonesia dan akhirnya Jepang berkeinginan untuk menjajah Indonesia. Apalagi pada saat itu Belanda sedang dalm kondisi genting karena negaranya jatuh ke tangan Jerman. Jepang akhirnya menawarkan bantuan ke Indonesia untuk mengusir tentara Belanda yang ada di Indonesia.

Berjalan satu tahun akhirnya Jepang berhasil mengusir seluruh tentara Belanda dan mulailah penjajahan Jepang. Jepang mulai masuk ke wilayah Indonesia pada tahun 1942. Di indonesia Jepang membangun goa di lereng Bukit Pundong dengan jumlah 18 goa. Jepang memilih tempat ini karena tempat ini sangat strategis.  Goa ini dibangun saling berhubungan satu sama lain. Hal itu untuk membuat Jepang dengan mudah mendistribusi senjata, makanan dan kebutuhan tentara pada saat peperangan. Jendela di Goa Jepang ini dibuat samar dengan bebatuan untuk mengelabui musuh.

Selain dengan cerita sejarahnya, Goa Jepang ini juga memiliki suasana alam yang menakjubkan dan akan membuat wisatawan yang berkunjung terpukau. Saat anda dalam perjalan menuju Goa Jepang anda akan melihat pemandangan hijaunya deretan sawah dan pepohonan hijau.

Di dalam goa ini memiliki ruangan yang lebih sempit dari goa lain yang ada di Yogyakarta. Udara juga akan terasa lembab ketika di dalam goa, tetapi anda dapat merasakan sensasi ruangan gelap dengan sedikit cahaya yang ada pada lubang-lubang Go Jepang.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Goa Jepang Bantul

Lokasi wisata sejarah Goa Jepang Bantul cukup mudah dijangkau dan ditemukan. Jika Anda ingin berkunjung ke Goa Jepang, diharapkan untuk berhati-hati karena jalan menuju wisata ini terdapat tanjakan dan tikungan yang curam. Lokasi Goa Jepang Bantul ini tidak begitu jauh dengan obyek wisata Pantai Parangtritis. Alamat tepatnya berada di Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Goa Jepang Bantul

Rute yang harus dilalui ketika anda menuju ke Goa Jepang Bantul sudah bisa dijangkau. Tetapi  ada sebagian jalan yang sempit untuk dilalui kendaraan mobil. Selain itu juga banyak terdapat tanjakan dan tikungan berbelok-belok dan curam. Jika anda dari pusat kota Yogyakarta ke timur melewati jl panembahan senopati lalu sampai perempatan belok ke selatan melewati jl brigjend katamso, lurus terus sampai melewati jl parangtritis jalan terus sampai pertigaan belok ke kiri melewati jl mangun negoro, lurus terus sampai perempatan masih lurus melewati jl raya pundong, sampai perempatan belok ke barat melewati jl kretek siluk, lalu sampai pertigaan ke selatan melewati jalan goa jepang , ikuti jalan tersebut maka anda akan sampai ke Goa Jepang Bantul.

Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke Goa Jepang Bantu tidak terlalu jauh yaitu sekitar 23,8 kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja menuju Goa Jepang Bantul sekitar 43 menit saja.

Harga Tiket dan Parkir Goa Jepang Bantul

Harga tiket masuk untuk bisa masuk ke Goa Jepang Bantul saat ini tidak dikenakan biaya. Hal itu anda dapat bebas mengetahui sejarah Goa Jepang yang ada di kabupaten Bantul ini dengan puas, tetapi walaupun belum dikenakan biaya masuk jika anda ingin mengabadikan moment dengan berfoto anda akan dikenakan biaya yaitu Rp. 3000 rupiah saja.

Anda juga akan dikenakan biaya retribusi parkir bagi anda yang membawa kendaraan pribadi. Biaya parkirnya yaitu Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5000 untuk kendaraan mobil.

Fasilitas Goa Jepang Bantul

Fasilitas yang ada di Goa Jepang Bantul saat ini belum cukup memadai. Saat ini masih belum ada fasilitas umum seperti tempat parkir, toilet, dan fasilitas umum lainnya. Tetapi jika anda ingin menginap, anda bisa memilih hotel yang berada dekat dengan Pantai Parangtritis. Karena hotel tersebut memang tidak jauh dari Pantai Parangtritis. Selain itu di Goa Jepang Bantul ini juga terdapat spot foto seperti bunga sepatu yang bentuknya raksasa.

Pernah ke Goa Jepang Bantul?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini