Goa Gelatik

" Menyusuri goa yang indah dengan pemandangan bebatuan didalamnya. "
{"autoplay":"true","autoplay_speed":"3000","speed":"300","arrows":"true","dots":"true","loop":"true","nav_slide_column":5,"rtl":"false"}

Biasanya Gunung Kidul banyak dikenal dengan wisata pantai-pantainya yang indah dan menjadi andalan para wisatawan. Tetapi di Gunung Kidul juga terdapat wisata susu Goa yang dapat membuat anda merasa senang dan menikmatinya. Salah satu goa yang cocok untuk disusuri selain Goa Pindul yaitu Goa Gelatik yang akan di bahas di artikel ini.

Sebelum goa ini ditemukan ada seseorah sesepuh yang berkata bahwa dulu terdapat sebuah goa yang menarik di daerah tersebut. Goa tersebut terkubur di bawah tanah. Karena banyak warga yang penasaran akhirnya para warga sepakat untuk menggali dan mencari goa tersebut.

Waktu pencarian dan penggalian berlangsung selama sekitar 4 sampai 5 bulan. Goa ini diberi nama Goa Gelatik lorong sewu karena dulu di dalam goa ini terdapat burung gelatiknya. Karena hal itu warga akhirnya memberi nama goa tersebut dengan Goa Gelatik lorong sewu.

Goa Gelatik merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Yogyakarta, tepatnya berada di daerah Gunung Kidul. Goa ini memiliki panjang goa sekitar 400 meter yang dulunya digunakan sebagai tempat untuk menenangkan diri atau bertapa oleh para spiritual karena di dalam goa ini memiliki suasana yang gelap dan panjang.

Goa ini merupakan goa yang kering yang di dalamnya terdapat stalaktit dan stalakmit yang masih aktif sampai saat ini. Di dalam goa ini terdapat tetesan air yang berasal dari batuan yang membuat ruangan dalam goa lembab dan ada sebagai goa yang terdapat genangan airnya.

Goa ini masih tergolong alami. Bagi para wisatawan yang berkunjung ke Goa Gelatik diharapkan untuk ditemani pemandu lokal. Di dalam goa ini gelap dan pengap, tetapi karena hal itu anda dapat menjadikan pemalaman yang menyenangkan dan penuh tantangan. Di dalam goa belum terdapat semacam lampu, jadi anda harus membawa senter saat memasuki goa.

Di dalam goa anda dapat melihat keindahan batu-batuan yang menghisi dinding gua dan anda juga akan menjumpai hewan seperti kelelawar. Ketika anda sedang menelusuri goa anda akan merasakan udara yang panas ketika anda masuk semakin dalam dan dapat membuat anda merasa kegerahan. Di dalam goa anda dapat mengabadikan moment dengan berfoto selfie.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Goa Gelatik

Lokasi wisata alam Goa Gelatik cukup terjangkau dan mudah ditemukan. Lokasi Goa Gelatik ini juga sangat jauh dari kota Yogyakarta. Lokasi Goa Gelatik berada dekat dengan obyek wisata Goa Pindul tepatnya berada di Gunungbang, Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Goa Gelatik

Rute menuju wisata alam Goa Gelatik cukup terjangkau dan sudah layak untuk dilewati, tetapi ada sebagian jalan yang berkelok-kelok dan naik turun. Jadi wisatawan yang berkunjung diharapkan untuk berhati-hati. Jika anda dari pusat 0 km kota Yogyakarta ke timur melewati jl panembahan senopati, lurus terus sampai melewati jl sultan agung, lurus terus melewati jl kusumanegara, sampai perempatan ke selatan melewati jl gedong kuning lalu sampai perempatan lagi belok ke timur melewati jl wonosari lurus terus sampai tanjakan lurus terus ikuti jalan sampai pertigaan ke timur melewati jl alternatif karangmojo, lurus terus sampai melewati jl goa pindul pos 2, ikuti jalan tersebut maka anda akan sampai ke Goa Gelatik.

Jarak yang ditemuh dari pusat kota Jogja ke Goa Gelatik cukup jauh yaitu sekitar 41,8 kilometer dan waktu tempuh kendaraan normal roda dua dari pusat Kota Jogja ke Goa Gelatik sekitar 1 jam 21 menit.

Harga Tiket dan Parkir Goa Gelatik

Harga tiket untuk menyusuri wisata alam Goa Gelatik cukup terjangkau dan murah. Wisatawan hanya akan mengeluarkan uang sebesar Rp. 30.000. Dengan harga tersebut anda dapat dengan puas menyusuri Goa Gelatik yang indah dan menarik itu.

Sedangkan bagi wisatawan yang berkunjung ke Goa Gelatik dan membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya yaitu. Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua, Rp. 5000 untuk kendaraan mobil, Rp. 10.000 untuk micro bus, dan Rp. 15.000 untuk kendaraan bus.

Fasilitas Goa Gelatik

Fasilitas yang ada di wisata alam Goa Gelatik sudah cukup memadai dan fasilitas tersebut dapat membuat wisatawan yang berkunjung merasa nyaman. Fasilitas untuk menyusuri Goa Gelatik antara lain:

  1. Pelindung kepala
  2. Senter
  3. Jasa pemandu
  4. Tabung oksigen
  5. Minuman
  6. Plastik untuk melindungi HP
  7. Loker (tetapi dikenakan biaya sebesar Rp. 2000)
  8. Free Hotspot
  9. Layanan Jemput di Jalan raya