Goa Braholo

Wisata menarik mengungkap saksi kehidupan manusia purba di Goa Braholo, Gunung Kidul

Goa Braholo – Jika Anda liburan ke Kota Gunung Kidul sangat disayangkan bila tidak berkunjung ke salah satu wisata menarik untuk mengetahui saksi kehidupan manusi purba pada zaman dahulu. Wisata satu ini dinamakan Goa Braholo yang berlokasi di  Desa Semugih, Kecamatan Rongkop, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Goa Braholo merupakan saksi kehidupan manusia purba pada zaman purbakala, Goa ini berada di lereng bukit dengan ketinggian sekitar 357 mdpl. Sehingga apabila anda ingin melihatnya anda harus menaiki terlebih dahulu berupa sejumlah anak tangga untuk bisa sampai ke mulut Goa. Tetapi anda tidak perlu bersedih dan merasa capek untuk melaluinya karena pada saat anda menaiki setiap anak tangga anda akan disuguhkan suasana sangat teduh dan sunyi disepanjang perjalanan ke mulut Goa.

Saat berada di mulut Goa, pada ruangan bagian dalam lubang-lubang Goa akan terlihat mempunyai kedalaman yang sangat berbeda dan bervariasi karena akibat dari proses evakuasi yang dilakukan pada tahun 1994 sampai 2000. Pada saat dilakukan evakuasi ditemukan beberapa sisa manusia purba yaitu berupa sisa biji-bijian, tembikar dan bahkan sisa-sisa fauna seperti monyet yang berekor panjang, musang, rusa, hingga kulit kerang dan manik-manik.

Pada tahun 6-12 tahun lalu, peneliti juga menemukan beberapa peralatan dari batu. Selain ditemukan berbagai sisa-sisa kehidupan manusia purba, ditemukan juga kuburan yaitu 10 kerangka manusia purba dengan ras Australomesoid di Gua Braholo.

Masyarakat yang hidup di Yogyakarta mempercayai bahwa itu adalah nenek moyang manusia yang hidup pada zaman dahulu. Selain sebagai tempat untuk melihat dan mengetahui peninggalan arkeolog saja, tetapi para pencinta alam lokasi ini dijadikan sebagai tempat untuk susur Goa.

Karakteristik Goa Braholo ini adalah salah satu yang memiliki 3 pitch, yang dimana memiliki kedalaman yang pertama sekitar 35 meter, kedua memiliki kedalam 6 meter dan yang terakhir memiliki kedalaman 2 meter dengan kemiringan 25 derajat.

Ingin mengunjungi Goa Braholo atau berkunjung ke tempat wisata menarik lainnya di Yogyakarta? Yuk pesan paket wisata Jogja di Alodiatour.

Lokasi Goa Braholo

Lokasi Goa Braholo terbilang lumayan jauh dari Pusat Kota Yogyakarta yaitu anda akan menempuh perjalanan sekitar 1 jam 45 menit atau berjarak 65 kilometer.

Lokasi Goa Braholo lebih tepatnya berada di Ploso, Semugih, Rongkop, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883.

Rute Menuju Goa Braholo

Rute menuju Goa Braholo bisa dikatakan lumayan jauh dari Pusat Kota Yogyakarta apabila anda menggunakan sepeda motor maupun kendaraan umumnya. Dari Pusat Kota Yogyakarta, Ambil Jl. Panembahan Senopati , Jl. Sultan Agung , Jl. Kusumanegara, dan Jl. Gedongkuning ke Jl. Wonosari di Rejowinangun. Lalu Ke arah timur di Jl. KH. Ahmad Dahlan, tetap lurus terus ke Jl. Panembahan Senopati, terus ke Jl. Sultan Agung, terus ke Jl. Kusumanegara, lalu terus lurus untuk tetap di Jl. Kusumanegara, tetap lurus di Jl. Kusumanegara sampai ketemu perempatan Belok kanan ke Jl. Gedongkuning. Kemudian Ikuti Jl. Wonosari dan Jl. Nasional III ke Jl. Kyai Legi di Siyono Kidul. Lalu Belok kiri ke Jl. Wonosari, tetap lurus Terus menuju ke Jl. Nasional III, lalu belok kiri 2 kali untuk tetap di Jl. Nasional III. Selanjutnya Ambil Jl. KRT Judodiningrat ke Jl. Nasional III di Wonosari. Lalu Belok kanan ke Jl. Kyai Legi, tetap lurus terus ke Jl. KRT Judodiningrat. Lalu tetap lurus sampai ketemu perempatan belok kanan ke Jl. Nasional III. Setelah itu anda bisa Tetap di Jl. Wonosari Pracimantoro ke tujuan Anda di Semugih. Lalu sampai ketemu pertigaan Belok kanan ke Jl. Wonosari Pracimantoro, tetap lurus sampai ketemu di Tugu KB Semugih lalu belok kanan, dan lurus terusa sampai mentok Masjid Jami’ Al Walidin Moroseneng anda bisa belok kanan maka tujuan anda telah sampai yang berada di sebelah kanan.

Harga Tiket dan Parkir Goa Braholo

Harga tiket Goa Braholo tidak dikenakan biaya untuk para wisatawan tetapi anda bisa mengeluarkan uang dengan sukarela saja. Sedangkan untuk biaya parkir motor dikenakan biaya Rp 3.000,- dan untuk biaya mobil sebesar Rp 5.000,-.

Fasilitas Goa Braholo

Fasilitas Goa Braholo sudah terbilang lengkap daripada Goa pada lainnya karena di Goa Braholo sendiri memiliki fasilitas berupa :

  • Tempat Parkir
  • Warung makan
  • Toilet
  • Gazhebo atau tempat istirahat

Pernah ke Goa Braholo?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini