Gardu Pandang Pinus Asri

Memandangi sunset dan dataran rendah Imogiri dari ketinggian

Di Daerah Istimewa banyak sekali tempat wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satu destinasi wisata yang sempurna untuk melihat keindahal alam Yogyakarta dari ketinggian berada di Kabupaten Bantul. Di Kabupaten Bantul ini terdapat destinasi wisata yang bernama Gardu Pandang Pinus Asri. Gardu Pandang ini berada satu kawasan dengan Hutan Pinus Asri.

Gardu Pandang Pinus Asri ini merupakan salah satu wisata baru yang ada di Yogyakarta yang diresmikan pada bulan Januari tahun 2017 lalu. Gardu pandang yang dibuat oleh pengelola wisata mempunyai daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Gardu pandang ini berbeda dari spot-spot foto lainnya yang lebih unik dan menarik, karena gardu pandang di hutan pinus asri hanya dibuat menyerupai deck lantai yang sangat simple.

Berbeda dengan deck view atau gardu pandang yang ada di beberapa destinasi wisata di Dlingo lainnya, gardu pandang di hutan pinus Asri ini tanpa diberikan sentuhan artistic, hal tersebut agar memberikan kesan yang alami dan juga klasik. Walaupun demikian bangunannya dibuat sangat kokoh menggunakan kayu jati yang asli.Kehadiran dari Gardu pandang ini menjadi pelengkap keindahan alam di kawasan hutan pinus asri.

Karena di Gardu pandang ini para pengunjung bisa mengambil foto dengan latar belakang hutan dan juga dataran rendah kecamatan Imogiri. Spot deck view di hutan pinus ini memang tergolong baru, tetapi sebenarnya wisata pinus Asri Dlingo telah lama dikenal oleh masyarakat Yogyakarta maupun dari luar kota. Pada saat berada disana para pengunjung akan merasakan suasana di hutan pacific northwest, hal ini disebabkan terdapat pohon-pohon pinus menjulang tinggi yang diselimuti kabut tipisyang begitu sejuk.

Suasana sejuk yang dipadukan bersamaan dengan pemandangan alam yang sangat indah membentang tentu saja membuat para pengunjung betah duduk berlama-lama di gardu pandang ini, tetapi harus diingat karena ini adalah spot untuk selfie jadi banyak yang mengantri untuk mengabadikan momen disini. Waktu yang tepat untuk berkunjung di Hutan Pinus Asri ini adalah pagi hari atau sore hari pada saat senja, jadi pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat menakjubkan di gardu pandang ini.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Gardu Pandang Pinus Asri

Lokasi Gardu Pandang Pinus Asri ini sudah lumayan mudah untuk dijangkau karena jalan menuju wisata alam tersebut sudah bagus dan layak untuk dilewati. Gardu Pandang Pinus Asri ini berada di kawasan Hutan Pinus Asri Karangasem. Namun Gardu Pandang Pinus Asri ini lumayan jauh jaraknya dengan pusat kota Yogyakarta.

Alamat dari Gardu Pandang Pinus Asri ini tepatnya berada di Jalan Raya Hutan Pinus Nganjir, Karangasem, Kawasan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Rute Menuju Gardu Pandang Pinus Asri

Rute menuju Hutan Pinus Asri ini sangat mudah dijangkau. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta, ke arah Timur menuju Jalan Pangurakan, kemudian ke arah selatan melewati Jalan Brigjend Katamso, lurus terus sampai di perempatan ke arah timur menuju Jalan Kolonel Sugiyono, sampai di pertigaan ke arah selatan melewati Jalan Sisingamangaraja, lurus terus ke Jalan Imogiri Barat, sampai pertigaan ke arah timur melewati Jalan Bakulan Imogiri, kemudian lurus terus melewati Jalan Makan Raja, sampai pertigaan ke arah selatan menuju Jalan Imogiri – Dlingo, kemudian sampai di pertigaan ke arah utara ke Jalan Hutan Pinus Nganjir, ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Hutan Pinus Asri.

Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke Gardu Pandang Pinus Asri lumayan jauh yaitu hanya sekitar 22,5 kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja menuju Gardu Pandang Pinus Asri sekitar 48 menit.

Harga Tiket dan Parkir Gardu Pandang Pinus Asri

Untuk masuk ke kawasan wisata Gardu Pandang Pinus Asri ini penunjung tidak dikenakan biaya berapapun alias gratis.

Sedangkan untuk harga parkir di wisata ini pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Fasilitas Gardu Pandang Pinus Asri

Fasilitas yang ada di Gardu Pandang Pinus Asri ini sudah cukup lengkap berkat pembangunan dari pengelola, masyarakat setempat, dan juga pemerintah yaitu:

  1. Gazebo
  2. Tempat duduk
  3. Mushola
  4. Tempat sampah

Pernah ke Gardu Pandang Pinus Asri?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini