Desa Wisata Pulesari

Bewisata sambil belajar tradisi yang ada di Desa Wisata Pulesari

Kota Yogyakarta merupakan kota yang memiliki banyak tempat wisata yang sangat indah dan mempesona. Destinasi wisatanya mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata budaya, sampai ke wisata kuliner. Semua wisata tersebut terdapat di kota Yogyakarta. Selain memiliki banyak tempat wisata, di Kota Yogyakarta saat ini sedang mengembangkan Desa wisata. Desa wisata yang akan dibahas kali ini yaitu Desa Wisata Pulesari yang letaknya berada di Kabupaten Sleman.

Desa wisata Pulesari merupakan salah satu desa wisata yang ada di Yogyakarta yang terletak di kawasan pedesaan. Tetapi walaupun terdapat di pedesaan, desa wisata Pulesari memiliki karakteristik yang membuat desa wisata ini menarik banyak pengunjung. Desa ini menyajikan  nuansa wisata alam dan budaya yang saat ini maish dilestarikan menjadi lebih baik.

Desa wisata Pulesari ini dibentuk sejak tahun 2012 yang lalu. Desa wisata ni dibentuk atas ide kreatif dari masyarakat untuk membudidayakan salak karena ptensi yang ditawarkan di desa wisata ini yaitu agrowisata salak. Cara yang dilakukan masyarakat sekitar yaitu menjadikan salak menjadi berbagai olahan. Olahan yang dibuat yaitu dodol salak, wingko, bakpia, enting-enting, nastar, kerupuk, mandumongso, bakwan, nogosar, dan kolak salak.

Kegiatan yang dapat anda lakukan ketika berkunjung ke Desa wisata Pulesari yaitu kegiatan outbond, desa wisata Pulesari menawarkan paket outbont yang sangat menyenangkan anda dapat memilihi paket tersebut ketika outbont di desa wisata Pulesari. Kegiatan yang lain yang dapat anda lakukan yaitu fun fime, treking, sampai ke wisata sungai.

Tetapi kegiatan yang paling diminati oleh para wisatawan yang berkunjung yaitu river treking.  Dengan river treking anda dapat menyusuri sungai yang masih alami dengan berbagai wahana  yang di bangun. Wahana yang ada yaitu titian bambu, jembatan goyang, spiderman web, tangkap air, hingga air terjun dan gua.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Desa Wisata Pulesari

Lokasi Desa Wisata Pulesari sangat mudah dijangkau dan ditemukan. Lokasi Desa wisata ini juga tidak begitu jauh dari Desa Wisata Pentingsari, jadi setelah anda berkunjung ke Desa wisata Pulesari bisa berkunjung ke Desa wisata Pentingsari. Alamat tepatnya berada di Dusun Pulesari, Wono Kerto, Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Desa Wisata Pulesari

Rute menuju Desa Wisata Pulesari sangat mudah dijangkau, tetapi ada sebagian jalan yang menanjak dan berkelok-kelok. Jika anda dari pusat kota Yogyakarta ke barat melewati jl kh ahmad dahlan lurus terus sampai perempatan belok ke utara melewati jl letjen suprapto, lalu lurus terus sampai pertigaan belok ke kanan melewati jl tentara rakyat mataram lurus terus lalu melewati jl tentara pelajar, kemudian melewati jl magelang sampai pertigaan belok ke kanan melewati jl turi lurus terus lalu belok kiri lurus sampai pertigaan belok kanan, ikuti jalan tersebut maka anda akan sampai ke Desa Wisata Pulesari.

Jarak yang ditemuh dari pusat kota Jogja ke Desa Wisata Pulesari cukup jauh yaitu sekitar 23,2 kilometer dan waktu tempuh kendaraan normal roda dua dari pusat Kota Jogja ke Desa Wisata Pulesari sekitar 47 menit saja.

Harga Tiket dan Parkir Desa Wisata Pulesari

Harga tiket masuk ke Desa wisata Pulesari saat ini tidak dikenakan biaya tetapi di Desa wisata Pulesari terdapat beberapa paket outbont, dan paket outbont tersebut dikenakan biaya sesuai paket yang dipilih. Hal itu dapat anda manfaatkan untuk menikmati suasana yang ada di Desa wisata Pulesari yang masih asri.

Sedangkan untuk wisatawan yang berkunjung dan membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5000 untuk kendaraan mobil.

Fasilitas Desa Wisata Pulesari

Fasilitas yang ada di Desa Wisata Pulesari sudah sangat memadai dan lengkap. Fasilitas tersebut juga dapat membuat para wisatawan yang berkunjung ke Desa wisata Pulesari merasa nyaman. Fasilitas diantaranya:

  1. Terdapat masjid
  2. Mushola
  3. Toilet umum
  4. Gardu gedek (gardu yang terbuat dari kayu)
  5. Gardu ronda
  6. Terdapat homestay di desa wisata Pulesari.

Selain itu di Desa wisata Pulesari juga terdapat fasilitas yang dikenakan biaya, fasilitas diantaranya: Sepeda ontel dan Proyektor untuk kegiatan sarasehan, pertemuan,  seminar, dan lain-lain.

Pernah ke Desa Wisata Pulesari?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini