Desa Wisata Pentingsari

Mengunjungi Desa Wisata Pentingsari yang memiliki bentuk rumah khas Joglo

Kota Yogyakarta merupakan kota yang memiliki banyak tempat wisata yang sangat indah dan menakjubkan. Destinasi wisatanya mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata budaya, sampai ke wisata kuliner. Semua wisata tersebut terdapat di kota Yogyakarta. Selain memiliki banyak tempat wisata, di Kota Yogyakarta saat ini sedang mengembangkan Desa wisata. Desa wisata yang akan dibahas kali ini yaitu Desa Wisata Pentingsari yang berada di Kabupaten Sleman.

Desa Wisata Pentingsari merupakan salah satu desa wisata yang ada di Yogyakarta. Tepatnya berada di bawah kaki gunung Merapi, karena berada di bawah kaki gunung Merapi suasana yang ada di Desa Wisata ini sangatlah sejuk pada siang hari maupun pada sore hari. Pentingsari ini merupakan sebuah dusun yang saat ini sedang dikembangkan desa wisata sejak  tahun 2008. Setiap tahun di Desa Wisata Pentingsari banyak dikunjungi para wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Desa Wisata Pentingsari ini menawarkan keaslian budaya, alam dan sosial sebagai daya tariknya. Jika anda melihat dari peta bentuk geografi desa wisata Pentingsari ini memiliki bentuk yang unik bentuknya seperti semenanjung, disebelah selatan terdapat lembah ponteng dan Gondoran, di sebelah barat ada lembah yang curam yaitu kali kuning, disebelah timur ada lembah kali pawon dan disebelah utara ada pemukiman warga sekitar dan hamparan luas dari pemandangan gunung Merapi.

Desa Wisata Pentingsari memiliki pemandangan yang sangat indah dengan background gunung Merapi. Desa Wisata Pentingsari ini memiliki 3 aspek unggulan yang membuat tempat ini banyak diminati banyak orang. Aspek pertama yaitu pemandangan alam dengan sawah luas yang masih asri. Aspek yang kedua yaitu sistem kerja dan pemberdayaan warga sekitar. Dan aspek yang ketiga yaitu budayanya, masyarakat di Dusun Pentingsari ini membangun bentuk rumah khas Joglo, sampai homestay yang dimilikinya banyak yang berbentuk rumah khas Joglo.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Desa Wisata Pentingsari

Lokasi Desa Wisata Pentingsari cukup mudah dijangkau dan ditemukan. Lokasi Desa Wisata ini juga strategis dan nyaman. Lokasi tepatnya berada di Pentingsari, Umbulharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Desa Wisata Pentingsari

Rute menuju Desa Wisata Pentingsari cukup mudah dan terjangkau. Jika anda dari pusat kota Yogyakarta ke timur melewati jl panembahan senopati sampai perempatan ke utara melewati jl mayor suryotomo, lurus terus sampai melewati jl mataram sampai pertigaan belok ke kanan melewati jl mas suharto jambu, sampai perempatan belok ke utara melewati jl tukangan, lalu sampai pertigaan belok ke kiri melewati stasiun kridosono yaitu di jl yos sudarso lurus terus sampai melewati jl suroto, kemudian melewati jl cik di tiro lurus terus sampai bundaran ugm belok ke timur melewati jl terban, sampai perempatan belok ke kanan melewati jl persatuan lalu melewati jl kaliurang sampai perempatan belok ke kanan melewati jl pamungkas, lalu melewati jl cangkringan ikuti jalan tersebut maka anda akan sampai ke Desa Wisata Pentingsari.

Jarak yang ditemuh dari pusat kota Jogja ke Desa Wisata Pentingsari cukup jauh yaitu sekitar 23,2 kilometer dan waktu tempuh kendaraan normal roda dua dari pusat Kota Jogja ke Desa Wisata Pentingsari sekitar 55 menit saja.

Harga Tiket dan Parkir Desa Wisata Pentingsari

Harga tiket masuk ke Desa Wisata Pentingsari saat ini belum dikenanakan biaya. Tetapi di Desa Wisata Pentingsari ini terdapat paket dan atraksi wisata seperti:

  1. Kunjungan obyek pertanian atau perkebunan: Rp. 7.500/orang
  2. Atraksi bajak sawah atau tanam padi: Rp. 7.500/orang
  3. Atraksi panen padi: Rp. 7.500/orang
  4. Memancing ikan: Rp. 10.000/orang
  5. Petualangan: Rp. 6000/orang
  6. Sepak bola lumpur: Rp. 5000/orang
  7. Outbond TK-SD: Rp. 25.000/orang
  8. Outbond SMP-Mahasiswa: Rp. 30.000/orang
  9. Outbond Dewasa: Rp. 35.000/orang
  10. Anda juga bisa belajar gamelan: Rp. 10.000/orang, dan masih banyak lagi

Sedangkan harga tiket parkir bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5000 untuk kendaraan mobil.

Fasilitas Desa Wisata Pentingsari

Fasilitas yang ada di Desa Wisata Pentingsari sudah cukup memadai dan fasilitas tersebut dapat membuat nyaman wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Pentingsari. Tetapi fasilitas di Desa Wisata Pentingsari akan dikenakan biaya. Fasilitasnya yaitu:

  1. Anda bisa menginap di homestay dengan 3x makan/1x snack : Rp. 70.000/orang
  2. Untuk menyewa outbond atau camping ground : Rp. 15.000/orang
  3. Menyewa joglo untuk acara pertemuan : Rp. 500.000/pax
  4. Menyewa pendopo kali kuning : Rp. 300.000/pax
  5. Menyewa sound system : Rp. 250.000/pax
  6. Tour guide : Rp. 70.000/orang

Pernah ke Desa Wisata Pentingsari?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini