Desa Wisata Kembang Arum

" Mencoba wisata edukasi dan alam di daerah Sleman "
{"autoplay":"true","autoplay_speed":"3000","speed":"300","arrows":"true","dots":"true","loop":"true","nav_slide_column":5,"rtl":"false"}

Desa Wisata Kembang Arum ini adalah desa yang telah diresmikan pada pertengahan tahun 2005. Pemandangan di Desa Wisata Kembang Arum yang bersih dan tertata rapi membuat para pengunjung betah berlama lama disini. Suasana yang ada sangat tenang dengan perumahan tradisional, pemandangan yang asri dan juga udara yang segar.

Desa Wisata Kembang Arum ini menawarkan wisata edukasi dan alam sebagai sajian untuk para pengunjung. Desa wisata ini manfaatkan tanah seluas 22 hektar yang terdiri dari tanah warga, kas desa dan sanggar pratista. Pak Hery Kustriyatmo sebagai pengelola mampu menggerakkan ekonomi lokal dengan merespon potensi alam yang telah ditata dengan indah sehingga desa ini sudah didatangani sekitar 65.000 orang baik lokal maupun mancanegara.

Kegiatan kegiatan yang ada dalam desa wisata ini banyak melibatkan peran masyarakat setempat untuk berpartisipasi secara aktif. Dengan melibatkan masyarakat secara langsung, hal ini menjadikan warga lokal sebagai tuan rumah di negerinya sendiri serta mampu menciptakan rasa memiliki terhadap desanya sendiri. Paket acara wisata yang masuk dalam agenda kegiatan Desa Wisata Kembang Arum pun juga berasal dari kegiatan sehari hari warga yang dilakukan secara inisiatif oleh warga sekitar sendiri.

Di Kembang Arum ini juga terdapat fasilitas Outbound yang baik untuk anak anak karena mereka akan diajak untuk bergerak sekaligus memaksimalkan penggunaan otak kanan dan kiri. Dari Outbound para pengunjung dapat mengenali karakter seseorang apakah penuh motivasi, memiliki jiwa kepemimpinanm pantang menyerah, dan lain sebagainya. Beberapa permainan tradisional yang ada disini diantaranya egrang, engklak, dakon, gobak sodor, dan lain lain.

Selain itu pada saat musim tanam padi tiba, para pengunjung juga dapat menikmati edukasi dan terlibat langsung dalam kegiatan mengolah sawah seperti membajak sawah dan menanam padi. Pengalaman bercocok tanam langsung dari sawah dapat menjadikan pengalaman yang unik dan menarik terutama bagi generasi muda, terutama untuk menghargai makanan yang telah tersedia di atas meja.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Desa Wisata Kembang Arum

Lokasi Kembang Arum ini sudah termasuk bagus dan mudah untuk ditempuh oleh para pengunjung menuju Kembang Arum. Namun lokasi Watu Giring ini lumayan jauh dengan pusat kota Yogyakarta.

Alamat Kembang Arum tepatnya berada di Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Desa Wisata Kembang Arum

Rute menuju Kembang Arum ini sangat mudah untuk dijangkau. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta ke arah barat melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan kemudian sampai di perempatan ke arah utara ke Jalan Letjen Suprapto, lalu lurus terus ke Jalan Tentara Rakyat Mataram, kemudian di bundaran ambil jalan keluar pertama menuju Jalan Tentara Pelajar, kemudian lurus terus ke Jalan Magelang, sampai di bundaran ambil jalan keluar kedua menuju Jalan Magelang – Yogyakarta, kemudian lurus terus sampai di pertigaan ke arah timur menuju Jalan Turi KM 1, lalu lurus terus menuju Jalan Sleman – Turi, kemudian ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Desa Wisata Kembang Arum.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Desa Wisata Kembang Arum lumayan dekat yaitu sekitar 19,0 Kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Kota Jogja menuju Desa Wisata Kembang Arum sekitar 40 menit.

Harga Tiket dan Parkir Desa Wisata Kembang Arum

Harga tiket masuk ke Desa Wisata Kembang Arum saat ini belum dikenakan biaya tetapi para pengunjung harus membayar beberapa fasilitas yang ada.

Sedangkan untuk biaya parkir di Kembang Arum pengunjung harus membayar tarif sebesar Rp 2.000 untuk Sepeda Motor dan Rp 5.000 untuk Mobil.

Dan juga untuk fasilitasnya yaitu:

  1. Biaya Outbond dan Permainan Tradisional
  2. Balap Dingklik : Rp. 15.000/orang
  3. Bambu Salak Glundong : Rp. 15.000/orang
  4. Balap Egrang : Rp. 15.000/orang
  5. Balap Bakiak : Rp. 15.000/orang
  6. Tarik Tambang Lumpur : Rp. 15.000/orang
  7. Bambu Keseimbangan : Rp. 15.000/org
  8. Bambu Pancuran : Rp. 15.000/orang
  9. Tampah Bola : Rp. 15.000/orang
  10. Gebuk Bantal di atas Air : Rp. 15.000/orang
  11. Mencari ikan : Rp. 20.000/orang
  12. Sepak Bola Lumpur : Rp. 15.000/orang
  13. Basket Lumpur : Rp. 15.000/orang
  14. Kenthos Keseimbangan : Rp. 15.000/orang
  15. Volley Geber : Rp. 15.000/orang
  16. Flying fox : Rp. 25.000/orang

Fasilitas Desa Wisata Kembang Arum

Fasilitas di ke Desa Wisata Kembang Arum ini sudah lumayan lengkap bagi pengunjung yang ingin mengunjungi ke Desa Wisata Kembang Arum yaitu:

  1. Guest house/ home stay
  2. Kamar Mandi
  3. Warung Makan
  4. Flying fox
  5. Menangkap ikan
  6. Tracking
  7. Fasilitas outbond
  8. Ternak kambing