Curug Tegalrejo

Menyusuri keindahan air terjun yang ada di Gunungkidul.

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan wisata budaya, kuliner serta wisata pantainya, tetapi Yogyakarta juga memiliki air terjun yang unik dan indah. Salah satu kabupaten yang tidak pernah sepi dari munculnya potensi wisata alam yang baru adalah Kabupaten Gunungkidul. Kondisi alam yang ada di Kabupaten Gunungkidul berhasil membuat obyek wisata baru yang sangat cocok untuk dikunjungi. Air terjun yang belum terkenal tetapi sangat indah adalah Curug Tegalrejo.

Salah satu hal yang menarik dari Curug Tegalrejo ini adalah air terjunnya bertingkat. Masing masih dari curug tersebut mempunyai ketinggian yang bermacam macam dan juga terdapat kolam dibawahnya yang biasa digunakan untuk berendam atau hanya sekedar bermain oleh para pengunjung. Tingkatan pada curug ini ada 3 tingkatan, pada tingkat ke 3 adalah spot yang paling menarik dan indah.

Debit air yang ada disini akan berubah sesuai dengan musim. Jika musim kemarau maka debit airnya akan sedikit atau menurun, namun jika musim penghujan para pengunjung akan melihat air terjun yang deras. Air terjun yang menawarkan banyak keindahan dan keseruan ini belum begitu terkenal.

Para pengunjung curug ini kebanyakan masih masyarakat sekitar Kecamatan Bayat, diantaranya anak-anak kecil yang asik bermain air, meloncat dari bebatuan dan ada juga anak sekolah yang melepas penat di Curug Tegalrejo ini. Udara sejuk, segar dan juga airnya yang bening di Curug Tegalrejo ini membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama singgah disini.

Pemandangan di sekeliling curug ini sangat indah dengan aliran sungainya yang diapit dengan pepohonan yang hijau rindang. Di Curug Tegalrejo ini para pengunjung dapat bermain air, mandi pada kolam air yang tidak terlalu dalam dan juga mengambil foto dengan latar belakang air terjun yang indah. Air terjun ini juga sering dijadikan sebagai tempat untuk hunting foto prewedding karena pemandangannya yang sangat indah.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Curug Tegalrejo

Lokasi Curug Tegalrejo ini sudah termasuk bagus dan mudah untuk ditempuh oleh para pengunjung menuju Pantai Baros. Ketika sampai di area perkir para pengunjung masih harus berjalan kaki sekitar 15 menit melewati jalan setapak tanah yang kondisinya menanjak untuk sampai di lokasi. Namun lokasi Curug Tegalrejo ini lumayan jauh dengan pusat kota Yogyakarta.

Alamat Curug Tegalrejo tepatnya berada di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Curug Tegalrejo

Rute menuju Curug Tegalrejo ini sangat mudah untuk dijangkau. Jika anda dari pusat kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju Jalan Pangurakan, kemudian lurus terus ke Jalan Kusumanegara, lalu sampai perempatan ke arah utara ke Jalan Majapahit, lurus terus sampai perempatan ke arah utara ke Jalan Janti, kemudian sampai di pertigaan ke arah timur menuju Jalan Laksda Adisucipto, lalu lurus terus melewati Jalan Raya Solo – Yogyakarta, lalu sampai di perempatan ke arah selatan ke Jalan Asia Afrika Jogonalan, sampai di perempatan ke arah timur ke Jalan Asia Afrika Jogonalan, kemudian sampai pertigaan ke arah selatan ke Jalan Srowot, lurus terus melanjutkan ke Jalan Sultan Agung, kemudian sampai di perempatan ke arah timur ke Jalan Wedi – Bayat, lurus terus ke Jalan Pandanaran menuju Jalan Raya Bayat, lalu sampai pertigaan ke arah selatan ke Jalan Curug Indah, kemudian sampai pertigaan ke Jalan Tegalrejo, kemudian ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai Curug Tegalrejo.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Curug Tegalrejo lumayan jauh yaitu sekitar 39,6 Kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Kota Jogja menuju Curug Tegalrejo sekitar 2 jam 30 menit.

Harga Tiket dan Parkir Curug Tegalrejo

Karena objek wisata ini masih dikelola oleh masyarakat setempat dalam hal ini adalah pemuda karangtaruna dan juga masyarakat sekitar, maka di kawasan ini tidak memiliki biaya resmi untuk masuk di wisata Curug Tegalrejo ini. Sebagai gantinya para pengunjung akan membayar biaya seikhlasnya untuk memajukan kawasan wisata Curug Tegalrejo ini.

Sedangkan untuk biaya parkir pengunjung di Curug Tegalrejo dikenakan tarif sebesar Rp 2.000,- untuk sepeda motor dan Rp 5.000,- untuk mobil.

Fasilitas Curug Tegalrejo

Kawasan Wisata Curug Tegalrejo ini belum memiliki kelengkapan fasilitas yang cukup. Disini hanya terdapat beberapa tempat duduk panjang yang terbuat dari bambu yang disediakan untuk istirahat dan duduk-duduk para pengunjung. Meskipun fasilitas disini masih tergolong minim, di sekitar lokasi Curug Tegalrejo ini masih ada kamar mandi masyarakat setempat yang dapat digunakan oleh para pengunjung.

Pernah ke Curug Tegalrejo?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini