Curug Siluwok

Menelusuri keindahan air terjun yang tersembunyi di Kulonprogo

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan wisata budaya, kuliner serta wisata pantainya, tetapi Yogyakarta juga memiliki air terjun yang unik dan indah. Salah satu kabupaten yang tidak pernah sepi dari munculnya potensi wisata alam yang baru adalah Kabupaten Kulonprogo. Di daerah Kulon Progo banyak sekali destinasi wisata yang sangat indah dan wajib untuk dikunjungi para wisatawan, salah satu nya yaitu Curug Siluwok.

Curug Silowok ini sendiri memiliki ketinggian air sekitar 20 meter. Walaupun curug ini tergolong tinggi tetapi debit airnya tidak terlalu keras sehingga sangat aman untuk dibuat mandi. Di bawah air terjun ini juga terdapat kolam atau sungai kecil yang dapat para pengunjung gunakan untuk berenang yang menyenangkan. Kedalaman dari kolam ini juga tidak terlalu dalam sehingga sangat aman untuk bermain air dan berendam dengan puas.

Seperti kebanyakan curug dan spot air terjun pada umumnya, jika datang kesini disaat musim kemarau maka air akan terlihat jernih, dan sebaliknya jika datang ke lokasi ini pada saat musim penghujan maka air akan terlihat keruh. Beberapa batu besar maupun tebing di sekitar air terjun dapat dipakai sebagai spot untuk meloncat. Keindahan lainnya juga terlihat dari pemandangan sekitar air terjun.

Airnya yang dingin, segar dan juga suasana alam yang masih sangat sejuk membuat para pengunjung yang datang ke kawasan wisata Curug Siluwok menjadi enggan untuk pulang. Curug Siluwok ini berada di pinggir hutan yang sebagiannya merupakan perkebunan warga setempat. Sebagian area yang lain terutama yang berdekatan dengan desa sudah dilakukan pengalihan fungsi lahan dijadikan sebagai tanah pertanian. Aliran air dari air terjun ini diteruskan ke sungai sungai yang kemudian dihubungkan dengan area persawahan.

Bagi para pengunjung yang ingin mengunjungi Curug Siluwok, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, sebaiknya pengunjung memakai sandal gunung dan membawa jas hujan, sebab di sepanjang perjalanan menuju ke Curug Siluwok tidak ada tempat yang bisa dijadikan berteduh jika hujan turun. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing bebatuan yang ditumbuhi dengan pepohonan hijau dan juga rindang.

Selain menikmati suasana yang tenang dan damai dengan suara air terjun yang gemercik, para pengunjung juga dapat mengambil foto selfie. Curug Siluwok ini juga biasa dijadikan untuk foto prewedding karena mempunyai latar belakang yang sangat memukau.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Curug Siluwok

Lokasi Curug Siluwok yang ini sangat mudah untuk dijangkau karena jalan atau aksesbilitas dari dan menuju Curug Siluwok ini sudah layak dan bagus. Sampai di parkiran, para pengunjung harus melanjutkan perjalanan sekitar 600 m selanjutnya dengan berjalan kaki menyusuri rimbunnya pohon pohon dan jalan setapak. Namun lokasi Curug Siluwok ini lumayan jauh dari pusat Kota Yogyakarta.

Alamat dari Curug Siluwok tepatnya berada di Desa Keweron, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Curug Siluwok

Rute menuju Curug Siluwok cukup mudah untuk dicapai dan dilalui. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta, ke arah barat di Jalan KH. Ahmad Dahlan, kemudian lurus terus melewati Jalan Wates, sampai di perempatan ke arah utara ke Jalan Ringroaad Barat, lurus terus sampai di perempatan ke arah barat ke Jalan Godean, sampai di perempatan ke arah utara Ke Jalan Gedongan – Tempel, jalan terus sampai di pertigaan ke arah barat melewati Jalan Daratan 3, sampai pertigaan ke arah utara kemudian ke arah barat, lurus terus sampai di pertigaan ke arah selatan ke Jalan Kebon Agung lalu di pertigaan ke arah barat ke Jalan Raya Banjararum, kemudian sampai di perempatan belok ke arah utara menuju Jalan Nanggulan Mendut, sampai di pertigaan ke arah barat ke Jalan Kepiton, kemudian lurus terus tetap berada di Jalan Kepiton, sampai pertigaan ke arah barat ke Jalan Samigaluh Boro, ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Curug Siluwok.

Jarak dari Kota Yogyakarta ke Curug Siluwok kurang lebih adalah 31,3 KM dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Kota Yogyakarta menuju Curug Siluwok sekitar 1 jam.

Harga Tiket dan Parkir Curug Siluwok

Untuk memasuki kawasan wisata Curug Siluwok ini para pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis.

Sedangkan untuk parkir di Curug Siluwok pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp 2.000 untuk Sepeda Motor dan Rp 5.000 untuk Mobil.

Fasilitas Curug Siluwok

Fasilitas yang ada di Curug Siluwok ini masih minim, jadi pengunjung harus menyediakan sendiri apa yang ingin dibawa, begitu juga bekal yang akan dimakan pada saat berada disana.

Pernah ke Curug Siluwok?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini