Curug Pulosari

" Memandangi keindahan air terjun yang unik di daerah Bantul "
{"autoplay":"true","autoplay_speed":"3000","speed":"300","arrows":"true","dots":"true","loop":"true","nav_slide_column":5,"rtl":"false"}

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan wisata budaya, kuliner serta wisata pantainya, tetapi Yogyakarta juga memiliki air terjun yang unik dan indah. Salah satu kabupaten yang tidak pernah sepi dari munculnya potensi wisata alam yang baru adalah Kabupaten Bantul. Di daerah Bantul banyak sekali destinasi wisata yang sangat indah dan wajib untuk dikunjungi para wisatawan, salah satu nya yaitu Curug Pulosari.

Asal usul dari nama Curug Pulosari adalah berasal dari kata “Curug” yang berarti air terjun yan ukurannya kecil dan Pulosari adalah wilayah dari nama tempat tersebut. Air terjun ini letaknya berada di bawah jurang. Saat sampai disini pengunjung akan mendapatkan pemandangan air terjun yang indah dan pesona alam terbuka yang diiringi dengan air jernih gemercik yang mengalir. Pengunjung juga akan merasakan asrinya pepohonan disekitar air terjun, hal tersebut yang menambah daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang singgah ke destinasi wisata tersebut.

Ketinggian air terjun ini tidak terlalu tinggi yaitu hanya sekitar 5 sampai 7 meter saja, walaupun begitu tempat ini nyaman untuk dikunjungi. destinasi wisata ini sangat cocok untuk refreshing karena tempat ini tersembunyi, jauh dari keramaian serta nuasa sunyi dan hening akan terasa. Yang menarik dari air terjun ini adalah cara jatuhnya air seperti membentuk tirai tirai putih yang sangat cantik dan dibawahnya terdapat kolam yang biasa digunakan untuk berenang dan bermain air.

Pada saat musim hujan volume air dapat mengalir secara maksimal dan pada saat ini juga pemandangan atau keasliannya dapat terlihat jelas. Tetapi apabila musim kemarau debit air dapat mengalir tetapi volumenya tidak sederas pada saat musim hujan. Pada musim kemarau para pengunjung juga bias melhat keasliannya dari air terjun tersebut tetapi tidak seindah pada musim penghujan.

Di Curug Pulosari pengunjung juga dapat melakukan beberapa kegiatan olahraga fisik yang dapat menantang adrenalin, diantaranya adalah panjat tebing (climbing) dan turun tebing (repling) untuk di area ini biasanya berada di sebelah barat air terjun dan tepatnya berada di perbukitan. Curug Pulosari ini juga biasa digunakan untuk pemrotetan prewedding, pemrotetan untuk studi kasus atau studi banding, dikarenakan di tempat ini pengunjung akan menemukan keasrian alam yang sebenarnya.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Curug Pulosari

Lokasi Curug Pulosari yang ini sangat mudah untuk dijangkau karena jalan atau aksesbilitas dari dan menuju Curug Pulosari ini sudah layak dan bagus. Sampai di parkiran, pengunjung juga harus berjalan lagi untuk sampai di Curug Pulosari untuk sampai di Curug Pulosari. Lokasi Curug Pulosari ini lumayan dekat dari pusat Kota Yogyakarta.

Alamat dari Curug Pulosari tepatnya berada di Njurug, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Curug Pulosari

Rute menuju Curug Pulosari cukup mudah untuk dicapai. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta, ke arah barat di Jalan KH. Ahmad Dahlan, kemudian lurus terus melewati Jalan Wates, sampai di perempatan ke arah selatan ke Jembatan Gamping menuju Jalan Ringroad Barat, sampai di pertigaan ke arah selatan ke Jalan Nasional III, lalu lurus terus tetap di Jalan Nasional III, sampai di perempatan ke arah selatan ke jalan Rindang, lalu di pertigaan ke arah barat ke Jalan Bibis Raya, kemudian lurus terus ke Jalan Bangunjiwo – Bibis, sampai di perempatan ke arah selatan ke Jalan Bibis, lalu lurus terus ke Jalan Gua Selarong, sampai di perempatan ke Jalan Pandu Dewonto, jika sudah berada di Jalan Pandu Dewonto ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Curug Pulosari.

Jarak dari Kota Yogyakarta ke Curug Pulosari kurang lebih adalah 15,7 KM dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Kota Yogyakarta menuju Curug Pulosari sekitar 35 menit.

Harga Tiket dan Parkir Curug Pulosari

Harga tiket masuk Curug Pulosari sangat murah, pengunjung hanya dikenakan biaya yaitu Rp 2.000,-/orang. Harga tersebut sudah sangat murah untuk memasuki destinasi wisata di Daerah Bantul.

Sedangkan untuk biaya parkir di Curug Pulosari yaitu Rp 2.000,- untuk motor dan Rp 5.000,- untuk parkir mobil.

Fasilitas Curug Pulosari

Fasilitas Curug Pulosari sudah lumayan lengkap bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Curug Pulosari, diantaranya adalah:

  1. Ruang ganti naju
  2. Warung makan
  3. Tempat parkir
  4. Penyewaan ban renang
  5. Gazebo
  6. Warung oleh-oleh