Curug Banyunibo

" Menyegarkan hati di Curug yang ada di daerah Bantul "
{"autoplay":"true","autoplay_speed":"3000","speed":"300","arrows":"true","dots":"true","loop":"true","nav_slide_column":5,"rtl":"false"}

Obyek wisata Curug Banyunibo ini berbeda dengan Candi Banyunibo atau pun Air Terjun Banyunibo. Candi Banyunibo berada di dekat Candi Ratu Boko, Air Terjun Banyunibo berada di daerah patuk Gunung Kidul, sedangkan Curug Banyunibo ini berada di daerah Bantul. Curug Banyunibo ini merupakan salah satu tempat wisata baru yang ada di Bantul dan sudah lama ada, tetapi banyak orang yang belum mengetahuinya. Curug Banyunibo ini mulai ramai pengunjung pada tahun 2013. Ramainya pengunjung terjadi pada saat weekend.

Lokasi Curug Banyunibo ini berada di tengah hutan yang masih belum mendapat perhatian pemerintah sehingga jalan menuju Curug Banyunibo masih belum terlalu layak untuk dilewati dengan kendaraan pribadi. Tetapi saat ini sudah diperbaiki warga setempat dengan dibangun fasilitas di Curug Banyunibo. Karena Curug Banyunibo ini berada di hutan, maka wisatawan yang berkunjung harus berjalan kaki dari parkiran kendaraan menuju Curug Banyunibo yang jaraknya sekitar 100 meter.

Curug Banyunibo ini memiliki ketinggian air terjun sekitar 10 meter. Air yang dimiliki Curug Banyunibo ini masih cukup jernih dan aliran air juga tidak terlalu deras. Bagi anda yang berkunjung ke Curug Banyunibo dapat bermain air. Di sekitar Curug Banyunibo terdapat gazebo untuk anda beristirahat. Jika anda tidak ingin bermain air anda dapat menikmati suasana sejuk yang ada disekitar air terjun sambil mendengar suara aliran air yang membuat hati menjadi nyaman.

Bermain air di Curug Banyunibo adalah hal yang menyenangkan ketika anda berkunjung ke Curug Banyunibo. Kolam air yang ada di Curug Banyunibo ini cukup dangkal, jadi termasuk aman untuk bermain. Bermain dibawah air terjun akan membuat anda merasa segar dan dapat menghilangkan rasa penat dalam diri anda karena air yang dimiliki Curug Banyunibo ini masih sangat jernih. Walaupun sudah cukup aman , anda harus tetap berhati-hati karena batuan disekitar Curug sangat licin.

Air yang mengalir di Curug Banyunibo ini berasal dari beberapa mata air di sekitar desa. Ketika musim kemarau beberapa mata air tersebut tidak kering, walau begitu tidak terlalu banyak air mengalir ke Curug. Jika andaingin mengabadikan moment, anda dapat berfoto di air terjun dengan background batu karang.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Curug Banyunibo

Lokasi obyek wisata alam Curug Banyunibo sangat mudah dijangkau dan mudah ditemukan. Lokasi Curug Banyunibo ini juga tidak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta. Alamat tepat dari Curug Banyunibo yaitu berada di Kabrokan Kulon, Kabrokan Wetan, Sendangsari, Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Curug Banyunibo

Rute yang harus dilalui saat wisatawan akan berkunjung ke Curug Banyunibo sudah mudah dijangkau, karena jalanny sudah layak untuk dilewati. Jika anda dari pusat kota Yogyakarta ke barat melewati jl kh ahmad dahlan, lalu lurus terus sampai melewati jl wates sampai perepatan belok ke kiri, lalu sampai pertigaan belok ke arah selatan melewati jl national rte 3 lurus terus ikuti jalan, sampai perempatan belok ke selatan melewati jl rindang ikuti jalan tersebut sampai melewati jl bibis raya ikuti jalan tersebut sampai pertigaan belok ke barat melewati jl pandu dewonoto ikuti jalan tersebut maka anda akan sampai ke wisata alam Curug Banyunibo.

Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke Curug Banyunibo tidak terlalu jauh yaitu sekitar 16,3 kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja menuju Curug Banyunibo sekitar 33 menit saja.

Harga Tiket dan Parkir Curug Banyunibo

Harga tiket masuk obyek wisata Curug Banyunibo belum dikenakan biaya karena obyek wisata ini masih termasuk wisata baru dan belum diresmikan oleh Dinas Pariwisata setempat. Karena hal itu wisatawan yang berkunjung dapat menikmati suasana di Curug Banyunibo dengan puas.

Walaupun belum dikenakan biaya, tetapi wisatawan yang berkunjung ke Curug Banyunibo dan membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir yaitu Rp. 2000 untuk kendaarn roda dua dan Rp. 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Fasilitas Curug Banyunibo

Fasilitas yang ada di wisata alam Curug Banyunibo sudah cukup memadai dan fasilitas tersebut dapat membuat wisatawan yang berkunjung merasa nyaman, fasilitas diantaranya:

  1. Terdapat area parkir
  2. Ada toilet umum
  3. Beberapa warung makanan dan minuman disekitar Curug Banyunibo