himbauan wisata ke Jogja Alodia siap melayani dengan protokol kesehatan

Candi Sewu

Mengetahui sejarah agama Budha di Candi Sewu yang berada di dekat Candi Prambanan

Candi Sewu merupakan candi Budha yang dibangun pada abad ke 8 yang berada dekat dengan Candi Prambanan, jaraknya sekitar 800 meter disebelah utara Candi Prambanan. Candi Sewu ini juga memiliki nama lain yaitu Candi Manjusrighra. Candi Sewu juga merupakan candi Budha terbesar kedua setelah Candi Borobudur yang ada di Jawa Tengah. Tetapi usia Candi Sewu lebih tua dari Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Candi ini aslinya memiliki 249 candi, tetapi masyarakat setempat menamai candi ini dengan “Sewu” yang artinya seribu dalam bahasa Jawa. Nama tersebut diambil berdasarkan cerita legenda Loro Jonggrang. Di Candi Sewu ini anda juga bisa menikmati sunsetnya matahari.

Menurut sejarahnya nama asli candi ini adalah “Prasada Vajrasana Manjusrigha”. Prasada yang artinya candi atau kui, Vajrajasana yang artinya tempat Wajra (intan atau halilintar) bertahta, dan Manjusri-grha yang artinya Rumah Manjusri. Manjusri merupakan salah satu Boddhisatwa yang ada di dalam ajaran agama Budha. Candi Sewu dibangun pada abad ke 8 masehi pada akhir pemerintahan Rakai Panangkaran. Raja Panangkaran merupakan raja kerajaan Mataram Kuno pada masa pimpinan pada tahun (746-784).

Candi ini mulai diperluas pada masa pemerintahan Rakai Pikatan yang merupakan seorang pangeran dari dinasti Sanjaya yang menikah dengan Pramodhawadhani dari dinasti Sailendra. Setelah kekuasaan dinasti Sanjaya, rakyatnya tetap menganut agama sebelumnya. Karena adanya Candi Sewu yang bercorak candi Budha yang berdekatan dengan Candi Prambanan yang bercorak agama Hindu menunjukan bahwa dulu di daerah Jawa ini agama Hindu dan Budha hidup secara harmonis dan toleransi beragama. Karena luasnya kompleks Candi Sewu ini, Candi Sewu ini dulu merupakan Candi Budha Kerajaan, sekaligus sebagai tempat kegiatan agama Budha pada masa lalu.

Candi ini dulu pernah rusak akibat gempa pada bulan Mei 2006 di Jogjakarta dan di Jawa Tengah bagian selatan. Kerusakannya sangat parah sampai ke candi utamanya. Pecahan bebatuan berserakan di tanah, retakan antar sambungan batu terlihat. Candi Sewu ini merupakan salah satu candi Budha yang ada di Candi Prambanan, dengan luas lahan 185 meter utara-selatan dan 165 meter timur-barat. Pada pintu masuk candi ini terdapat sepasang srca Dwarapala. Arca raksasa penjaga dengan ukuran tinggi sekitar 2,3 meter  ini dalam kondisi baik. Aslinya di candi ini terdapat 249 bangunan candi yang disusun membentuk mandala wajradhatu.  Candi utama candi ini memiliki denah poligon dengan sudut 20 yang berbentuk menyerupai bentuk salib dengan diameter 29 meter dan tinggi mencapai 30 meter.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Candi Sewu

Lokasi Candi Sewu umumnya sudah sangat baik dalam segi aksesibilitas dan keadaan jalan, mudah dijangkau karena berada tidak jauh di Jalan Raya Jogja – Solo. Lokasi Candi Sewu juga dapat dicapai menggunakan kendaraan pribadi. Lokasi tepatnya berada di Jl. Raya Solo KM.16, Klurakbaru, Tlogo, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Rute Menuju Candi Sewu

Rute menuju obyek wisata Candi Sewu cukup mudah dan akses menuju Candi Sewu juga sudah layak untuk dilewati. Jika anda dari pusat 0 km kota Yogyakarta ke timur melewati jl panembahan senopati lurus terus menuju jl raya jogja, lurus terus melewati jl kusumanegara sampai perempatan ke utara melewati jl janti kemudian belok ke arah timur sampai ke perempatan ring road timur ke utara menuju jl majapahit lurus terus sampai pertigaan ke timur melewati jl raya solo lurus terus sampai ke jl raya yogyakarta-prambanan, lalu sampai ke pertigaan ke utara melewati jl taman prambanan kulon, ikuti jalan tersebut maka anda akan sampai ke wisata sejarah dan budaya Candi Sewu.

Jarak yang ditemuh dari pusat kota Jogja ke Candi Sewu tidak terlalu jauh yaitu sekitar 19,1 kilometer dan waktu tempuh kendaraan normal roda dua dari pusat Kota Jogja ke Candi Sewu hanya 42 menit.

Harga Tiket dan Parkir Candi Sewu

Harga tiket masuk ke wisata sejarah dan budaya Candi Sewu cukup murah, wisatawan yang berkunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000/orang

Sedangkan untuk harga tiket parkir yaitu Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5000 untuk kendaraan mobil.

Fasilitas Candi Sewu

Fasilitas Candi Sewu sudah cukup memadai dan dapat membuat nyaman para pengunjungnya, fasilitas diantaranya:

  1. Terdapat area parkir yang luas
  2. Terdapat kamar mandi/toilet
  3. Terdapat mushola
  4. Penyewaan penginapan
  5. Ada juga panggung hiburan

Pernah ke Candi Sewu?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

X