himbauan wisata ke Jogja Alodia siap melayani dengan protokol kesehatan

Candi Sari

Belajar mengetahui sejarah pada zaman Kerajaan Mataram Kuno

Candi Sari adalah candi yang dibangun pada sekitar abad ke-8 dan ke-9 pada saat zaman Kerajaan Mataram Kuno yang masa itu adalah masa pemerintahan Rakai Pikatan Penangkaran. Candi Sari dibangun bersamaan dengan masa pembangunan Candi Kalasan. Kedua candi tersebut mempunyai banyak kemiripan, dari segi arsitektur maupun reliefnya dan juga keterkaitan kedua candi ini diterangkat dalam Prasasti Kalasan (700 Saka / 778 Masehi).

Dalam Prasasti itu dijelaskan bahwa para penasehat keagamaan Wangsa Syailendra telah menyarankan Maharaja Tejapurnama Panangkara untuk mendirikan bangunan suci untuk memuja Dewi Tara dan membangun sebuah biara untuk para pendeta Buddha. Candi Kalasan dibangun untuk pemujaan Dewi Tara dan Candi Sari dibangun untuk biara pendeta Buddha. Di bagian atas Candi Sari terdapat 9 buah stupa yang tampak seperti pada stupa di Candi Borobudur, dan tersusun dalam 3 deretan yang sejajar.

Candi ini memiliki fungsi sebagai sebuah biara tempat ibadah. Candi Sari mempunyai ketinggian sekitar 17 meter dan panjangnya sekitar 17,3 meter, sedangkan untuk lebarnya sendiri sekitar 10 meter. Candi Sari ini menghadap ke arah matahari terbit. Dindingnya mirip dengan dinding di Candi Kalasan yaitu dengan di tutupi Vajralepa dimana pada dinding luarnya dihiasi dengan patung-patung Bodhisattva. Patung/arca Boddhisattva ini memiliki 36 buah yaitu delapan di sisi timur, delapan di sisi utara, delapan di sisi selatan dan di sisi barat terdapat dua belas patung.

Pada arca – arca tersebut digambarkan dengan sikap Tribangga yaitu memegang bunga teratai yang berwarna merah dan biru. Lantai dan bagian bangunan yang dulunya terbuat dari kayu sekarang sudah tidak ada, tetapi pada bagian dinding masih terlihat lubang-lubang bekas tempat menancapkan balok penyangga. Di dinding bilik bagian selatan terdapat batu-batu yang dipahat menyerong untuk menyangga ujung tangga yang terbuat dari kayu. Pada bagian atap Candi sari berbentuk persegi datar dengan hiasan 3 buah relung di masing-masing sisi.

Selain untuk wisata sejarah, pengunjung juga dapat bersepeda. Bersepeda di candi ini tidak akan memakan banyak waktu dikarenakan candi yang berukuran kecil. Selain di sekitar candi, para pengunjung juga dapat bersepeda menyusuri candi-candi lainnya yang lokasinya berdekatan. Para pengunjung dapat bercengkarama dengan penduduk sekitar candi untuk memperkaya cerita dan budaya dengan dalam dari Candi Sari ini sendiri.

Mereka akan dengan senang hati menceritakan legenda dan mitos yang telah terjadi di candi ini . Terkenal dengan sifatnya yang ramah membuat pengunjung merasakan mempunyai keluarga baru di Yogyakarta. Disini pengunjung juga dapat berburu dan mengabadikan momen bersama teman dan keluarga ketika beraada di Candi Sari ini. Selain bangunan yang unik dengan pahatan arcanya yang bersejarah, Candi Sari ini juga dikelilingi rerumputan yang hijau nan asri dan taman yang cukup sejuk. Dengan latar belakang candi membuat foto yang diambil menjadi lebih eksotis.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Candi Sari

Akses jalan menuju Candi Sari Yogyakarta ini sudah layak dan bagus untuk dilewati oleh para pengunjung. Lokasi Candi Sari Yogyakarta ini lumayan dekat dengan pusat Kota Yogyakarta.

Alamat lengkap dari Candi Sari ini tepatnya berada di Dusun Bendan, Desa Tirtamartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Rute Menuju Candi Sari

Rute menuju Candi Sari sangat mudah untuk dijangkau oleh wisatawan. Jika anda berada di Pusat Kota Yogyakarta ke arah timur di Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju Jalan Pangurakan, kemudian lurus terus ke Jalan Kusumanegara, sampai perempatan ke arah utara ke Jalan Janti, lurus terus sampai di perempatan ke arah utara ke Jalan Ringroad Timur, lalu di pertigaan ke arah timur menuju Jalan Laksda Adisucipto, lalu lurus terus mengikuti jalan yang ada, di pertigaan ke arah utara kemudian lurus terus mengikuti jalan yang ada hingga anda akan sampai di Candi Sari.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Candi Sari lumayan dekat yaitu sekitar 15,1 Kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Kota Jogja menuju Candi Sari sekitar 32 menit.

Harga Tiket dan Parkir Candi Sari

Harga tiket masuk ke Candi Sari Yogyakarta sangat murah. Pengunjung hanya dikenakan biaya yaitu Rp 5.000/orang untuk berwisata sejarah di candi ini.

Sedangkan untuk biaya parkir di Candi Sari Yogyakarta yaitu Rp 3.000 untuk parkir motor dan Rp 5.000 untuk parkir mobil.

Fasilitas Candi Sari

Fasilitas yang tersedia di Candi Sari Yogyakarta ini sudah lumayan lengkap bagi para pengunjung yang ingin mengunjungi Candi Sari Yogyakarta, diantaranya adalah:

  1. Area Parkir
  2. Kamar mandi
  3. Mushola
  4. Tempat istirahat
  5. Warung makan
  6. Pusat Oleh-oleh
  7. Penginapan

Pernah ke Candi Sari?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

X