Candi Ijo

Candi Ijo, satu-satunya candi dengan lokasi tertinggi di Yogyakarta sekaligus tempat berburu sunset terbaik!

Yogyakarta adalah salah satu daerah tujuan wisata nomor 2 setelah Bali, hal tersebut tentu saja dikarenakan banyaknya destinasi wisata yang sangat indah dan beragam mulai dari alam, sejarah, budaya hingga wisata religi ada di Yogyakarta. Salah satunya yang sudah melekat di Jogja adalah banyaknya candi yang menjadi destinasi wisata di Jogja, dari beberapa candi di Jogja terdapat salah satu candi dengan letaknya yang tertinggi diantara candi-candi lain di Jogja yaitu Candi Ijo. Candi Ijo terletak di sebuah puncak perbukitan yang berada di sebelah timur kota Jogja diperkirakan dengan ketinggian 375 meter di atas permukaan laut. Candi Ijo kini merupakan salah satu destinasi wisata candi favorit di Jogja.

Dengan letaknya yang berada di perbukitan yang tinggi dan berada di sebelah timur kota Jogja, Candi Ijo memiliki daya tarik tersendiri yang tidak dimiliki candi-candi lain di Jogja, daya tarik tersebut adalah jika anda berkunjung ke Candi Ijo anda akan dapat melihat pemandangan atau panorama kota Jogja dari ketinggian yang sangat indah, bahkan anda akan dapat melihat landasan pacu atau runaway bandara Adisucipto dengan pesawat yang sedang take-off maupun yang sedang landing, maka dari itu Candi Ijo saat ini merupakan destinasi candi favorit di Jogja.

Tidak berhenti disitu saja, daya tarik Candi Ijo yang lainnya selain bangunan candi yang gagah dan pemandangannya yang indah, dari sini anda dapat berburu sunset atau matahari terbenam. Ya, Candi Ijo adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunset atau matahari terbenam di Jogja. Tidak sedikit pengunjung yang menyempatkan datang hanya untuk berburu sunset atau matahari terbenam dari Candi Ijo.

Candi Ijo ini letaknya tidak jauh dari destinasi wisata lain yang tidak kalah menarik yaitu terdapat Tebing Breksi yang hanya berjarak kurang lebih 500 meter di sebelah barat candi, selain itu juga terdapat Candi Barong, Candi Banyunibo, Ratu Boko dan Candi Prambanan yang masih dapat dikatakan berdekatan dengan lokasi Candi Ijo.

Lokasi Candi Ijo

Lokasi Candi Ijo yang berada di perbukitan dan berada di sebelah timur kota Jogja berbatasan langsung dengan kota Klaten membuat jaraknya dengan pusat kota Jogja memang lumayan jauh, namun demikian jika anda sengaja untuk datang ke Candi Ijo dijamin anda tidak akan menyesal menempuh perjalanan panjang untuk melihat keindahan yang ada.

Alamat Candi Ijo tepatnya berada di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaen Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Candi Ijo

Dengan lokasinya yang berada di atas perbukitan membuat rute menuju Candi Ijo bisa dikatan lumayan menantang terlebih saat sudah mulai memasuki Desa Sambirejo. Jalan yang akan anda lewati sebagian besar adalah jalan tanjakan yang cukup curam dibeberapa titik, maka dari itu sangat dianjurkan untuk selalu memeriksa kendaraan anda sebelum menuju Candi Ijo ini. Utnuk keadaan jalannya saat ini sudah cukup baik walaupun dibeberapa titik masih terdapat jalan bergelombang dan berlubang.

Rute menuju Candi Ijo dapat anda ditempuh dari arah kota Yogyakarta, untuk rute dari Kota Yogyakarta anda harus menempuh perjalanan menuju Jalan Jogja-Solo hingga pertigaan Candi Prambanan lalu anda belok ke kanan atau menuju arah timur memasuki Jalan Prambanan-Piyungan hingga menjumpai papan nama Candi Ijo anda belok kiri terus ikuti jalan dan mulai di titik ini jalanan sudah mulai menanjak hingga sampai di Candi Ijo.

Jarak dari Kota Jogja ke Candi Ijo kurang lebih adalah 19 KM dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja menuju Candi Ijo sekitar 50 menit.

Harga Tiket dan Parkir Candi Ijo

Harga tiket masuk Candi Ijo dapat dikatakan masih sangat terjangkau untuk semua kalangann. Untuk dapat masuk ke area Candi Ijo saat ini anda dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000. Harga tiket masuk Candi Ijo yang masih tergolong murah ini menjadi salah satu faktor ramainya Candi Ijo dikunjungi wisatawan. Sedangkan untuk harga parkir Candi Ijo anda hanya perlu mengeluarkan Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Fasilitas Candi Ijo

Fasilitas yang ada di Candi Ijo dapat dikatakan sudah baik namun demikian masih tetap harus ditingkatkan untuk lebih memenuhi kebutuhan wisatawan yang berkunjung, diantaranya adalah:

Wahana Candi Ijo

  • Spot Foto
  • Gazebo

Fasilitas Pendukung Tebing Breksi

  • Papan Informasi Sejarah Candi
  • Toilet
  • Parkir

Pernah ke Candi Ijo?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini