Candi Gebang

Menjelajahi candi hindu yang berada di Kabupaten Sleman

Daerah Istimewa Yogyakarta adalah salah satu provinsi di Indonesia yang mempunyai banyak destinasi wisata. Salah satu kabupaten yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Kabupaten Sleman. Kabupaten Sleman terkenal memiliki deretan wisata bersejarah yang berupa bangunan candi. Banyak sekali dari para wisatawan yang menjadikan kabupaten ini sebagai salah satu tempat wajib yang akan dikunjungi pada saat musim liburan tiba. Salah satu objek wisata yang belum terlalu terkenal tetapi keindahannya masih tersembunyi di Kabupaten Sleman adalah Wisata Candi Gebang.

Bangunan Candi Gebang ini diperkirakan mulai dibangun pada saat abad ke 8 masehi. Saat zaman kekuasaan kerajan Mataram Kuno masih berada dibawah kepimpinan Wangsa Sanjaya. Dan bangunan ini ditemukan berawal dari patung Ganesha oleh warga sekitar pada tahun 1936. Berdasarkan penemuan warga itu, para arkeologis mulai melakukan peneltian tentang kemungkinan adanya sebuah candi di lokasi peneman patung Ganesha tersebut.

Setelah dipastikan adanya sebuah candi di lokasi tersebut, kemudian Candi Gebang mengalami pemugaran pertama yang dipimpin oleh Van Romondt pada tahun 1937 hingga 1939. Candi Gebang mempunyai luas sekitar 5,25 x 5,25 meter dan berdiri di atas kaki bangunan yang memiliki tinggi sekitar 2 meter. Tinggi dari keseluruhan bangunan candi adalah 8 meter. Bahan dasar bangunan ini sendiri berupa batu andesit. Candi Gebang ini menghadap kea rah timur dan mempunyai ciri khas tersendiri yang berupa puncak berbentuk linggak tegak di atas seroja yang memukau dan unik.

Pintu masuk ke ruangan dalam tubuh candi ini terletak di sisi timur. Di kanan dan kiri pintu masuk terdapat relung tempat arca. Di relung utara terdapat arca Nandiswara dan relung dibagian selatan dalam keadaan kosong. Konon relung yang kosong tersebut tadinya terdapat arca Mahakala. Di sisi barat terdapat relung yang berisi dengan arca Ganesha yang duduk diatas sebuah yoni dengan belalai yang mengarah ke utara. Keunikan lain dari candi ini adalah tidak ditemukan tangga untuk naik ke selasar di permukaan kaki candi.

Di candi lain terdapat tangga yang berbentuk batu berundak untuk menghubungkan kaki candi dengan ruangan utama, walaupun terdapat dugaan jika tangga yang berada di Candi Gebang ini terbuat dari bahan yang mudah rapuh seperti kayu, tetapi belum ada infrosmasi yang pasti tentang ketiadaan tangga tersebut. Di Candi Gebang ini juga terdapat taman yang tertata dengan apik, pepohonan yang rindang, dan juga bangku bangku yang digunakan para pengunjung maupun warga untuk sejenak melepas penat.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Candi Gebang

Lokasi Candi Gebang ini sudah termasuk bagus dan mudah untuk ditempuh oleh para pengunjung menuju Candi Gebang. Tetapi untuk menemukan lokasi dari Candi Gebang ini cukup sulit dan munkin pengunjung akan bertanya dengan warga sekitar. Untuk lokasi Candi Gebang ini lumayan dekat dengan pusat kota Yogyakarta.

Alamat Candi Gebang tepatnya berada di Dusun Gebang, Kelurahan Widomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Candi Gebang

Rute menuju Candi Gebang ini sangat mudah untuk dijangkau. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju Jalan Pangurakan, sampai di perempatan ke arah utara ke Jalan Mayor Suryotomo, lurus terus ke Jalan Mataram sampai di pertigaan ke arah timur ke Jalan Mas Suharto Jambu, kemudian di perempatan ke arah utara ke Jalan Tukangan, lalu ke arah barat Ke Jalan Yos Sudarso, sampai di pertigaan ketiga ke arah utara ke Jalan Suroto, lurus terus ke Jalan Cik Di Tiro sampai di bundaran, ambil jalan keluar pertama menuju Jalan Terban, kemudian di perempatan ke arah utara ke Jalan Persatuan, lalu lurus terus ke Jalan Kaliurang, sampai di perempatan ke arah timur ke Jalan Ringrad Utara, lurus terus tetap di Jalan Ringroad Utara, kemudian ke arah utara ke Jalan Nusa Indah, lurus terus ke Jalan Candi Gebang, kemudian ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Candi Gebang.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Candi Gebang lumayan dekat yaitu sekitar 11,6 Kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Kota Yogyakarta menuju Candi Gebang sekitar 33 menit.

Harga Tiket dan Parkir Candi Gebang

Harga tiket retribusi untuk masuk ke Candi Gebang relatif terjangkau  yaitu pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 5.000 per orang baik wisatawan local maupun wisatawan mancanegara.

Sedangkan untuk biaya parkir pengunjung yang akan berkunjung di Candi Gebang dikenakan tarif sebesar Rp 2.000,- untuk sepeda motor dan Rp 5.000,- untuk mobil.

Fasilitas Candi Gebang

Fasilitas di Candi Gebang sudah lumayan lengkap bagi para pengunjung yang berminat datang ke Candi Gebang ini, diantaranya adalah:

  1. Tempat parkir yang luas
  2. Toilet umum
  3. Tempat duduk
  4. Warung kecil

Pernah ke Candi Gebang?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini