Bukit Pengilon

" Tempat yang paling cocok untuk melihat keindahan samudera hindia yang begitu luas di padang rumput yang hijau. "
{"autoplay":"true","autoplay_speed":"3000","speed":"300","arrows":"true","dots":"true","loop":"true","nav_slide_column":5,"rtl":"false"}

Anda ingin merasakan keindahan pantai dari atas Bukit? Kini tidak perlu jauh-jauh lagi pergi ke luar Indonesia seperti ke Pulau Jeju, Korea Selatan maupun negara Inggris. Ternyata di kawasan pinggir pantai Gunung Kidul terdapat suatu bukit yang berada tepat di bibir pantai. Namanya adalah Bukit Pengilon yang merupakan salah satu tempat wisata di Jogja terbaik.

Pantai Bukit Pengilon berbeda dari pantai lainnya di Gunung Kidul yang biasanya berpasir putih dengan pepohonan khas pantai. Namun Bukit Pengilon adalah hamparan rumput luas di atas bukit yang berada tepat di garis pantai selatan, sehingga diatas Bukit ini anda bisa merasakan angin sepoi yang sangat sejuk walaupun matahari terik menyinari.

Bukit Pengilon sebenarnya merupakan lokasi yang sangat unik, karena berada tepat di bawah kaki gunung purba batur yang jutaan tahun yang lalu merupakan gunung aktif di kawasan gunung kidul. Jadi kenapa Bukit Pengilon berbeda dari pantai lainnya yang rata-rata merupakan pantai berpasir putih karena ada sejarahnya.

Di bukit ini biasanya digunakan oleh para wisatawan untuk melakukan aktivitas camping, karena lokasinya yang sangat cocok dengan hamparan rumputnya yang luas. Selain itu juga para wisatawan yang tidak ingin menginap juga bisa melihat pemandangan sambil dudukan di kursi-kursi bambu sederhana yang tepat menghadap laut selatan.

Lokasi Bukit Pengilon memang lumayan jauh dari pusat kota Yogyakarta, maupun ibukota Kabupaten Gunung Kidul yaitu Wonosari, karena lokasi bukit Pengilon agar menjorok ke arah timur – selatan mendekati perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Wonogiri.

Di tempat ini anda bisa melihat luas hamparan biru samudera hindia dari ketinggian karena memang lokasi Bukit Pengilon di atas bukit yang luas, minim pepohonan maupun bebatuan yang menghalangi.

Wisata di Bukit Pengilon ini anda akan bisa merasakan ketenangan, karena memang lokasi Bukit Pengilon cukup terpencil karena anda harus melewati jalan setapak terlebih dahulu dari Pantai Watu Lumbung.

Namun saat perjalanan anda tidak akan merasakan capek maupun bosan, karena di dalam perjalanan anda bisa melihat pemandangan alam yang sungguh luar biasa yaitu bebatuan pantai, lautan luas yang biru, dan tentunya padang rumput yang hijau.

Sampai diatasnya yaitu Bukit Pengilon, pemandangannya lebih luar biasa lagi karena di tempat ketinggian ini anda bisa melihat segalanya disekitar. Seperti jika anda melihat ke arah barat anda akan bisa melihat keindahan Pantai Banyu Nibo dan Pantai Siung. Sedangkan jika anda melihat ke arah timur anda akan melihat keindahan alami Pantai Wedi Ombo dan Pantai Watu Lumbung.

Namun jika kita membahas soal fasilitas yang disediakan pengelola masih minim, karena memang terkendala dengan lokasinya yang cukup terpencil dari daerah pemukiman.

Wisata di Bukit Pengilon ini sebenarnya belum lama ngehits dan baru sekitar tahun 2012 ke atas mendapatkan cukup banyak perhatian oleh para wisatawan di Indonesia. Kemunculannya pertama kali di populerkan oleh para wisatawan yang foto di atas Bukit Pengilon dengan indah. Kemudian, foto tersebut menjadi viral dan banyak wisatawan yang ingin mengunjungi langsung Bukit Pengilon.

Yuk kunjungi Bukit Pengilon dengan memesan paket wisata Jogja di Alodiatour.

Lokasi Bukit Pengilon

Lokasi Bukit Pengilon seperti yang Alodia ceritakan sebelumnya, terletak cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta maupun Ibukota Kabupaten Gunung Kidul yaitu Wonosari, karena Bukit Pengilon terletak cukup timur mendekati perbatasan dengan Kabupaten Wonogiri. Lokasi tepatnya yaitu dekat dengan Pantai Watu Lumbung dan Wedi Ombo.

Untuk Alamat Bukit Pengilon sendiri terletak di Tepus, Purwodadi, Gunung Kidul, Balong, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883.

Rute Menuju Bukit Pengilon

Rute menuju Bukit Pengilon memang agak memusingkan bagi para wisatawan yang baru pertama kali ke Yogyakarta, karena untuk menuju ke Bukit Pengilon harus melewati beberapa pegunungan seribu yang ada di wilayah Kabupaten Gunung Kidul. Namun jangan khawatir, karena sebelum anda harus melewati jalan setapak, akses jalan sampai ke pinggir pantai sudah beraspal halus.

Jarak dari Kota Jogja sampai ke Bukit Pengilon untuk yang terdekat yaitu sekitar  73.7 km. Untuk sampai ke Bukit pengilon dari Kota Yogyakarta, pertama kali anda harus melewati Jalan Wonosari, menuju ke ibukota Wonosari. Kemudian setelah itu anda ambil ke arah selatan dengan mengambil jalan ke arah Jalan Baron, kemudian lurus terus sampai pertigaan Mulo Wonosari berbelok ke timur. Kemudian ikuti terus jalan besar sampai pertigaan Indomaret Tepus. Lalu anda berbelok ke arah kiri (timur) dan ikut jalan ke arah selatan sampai dengan Pantai Watu Lumbung.

Nah di pantai Watu Lumbung ini anda bisa memarkirkan kendaraan anda seperti mobil maupun motor. Setelah itu anda harus melewati jalan setapak ke barat sesuai petunjuk arah untuk mencapai Bukit Pengilon.

Harga Tiket dan Parkir Bukit Pengilon

Harga tiket Bukit Pengilon cukup murah untuk wisatawan, karena anda hanyar perlu membayar Rp 5.000,- untuk restribusi masuk ke kawasan wisata. Kemudian untuk biaya lainnya yaitu parkir, untuk mobil anda diharuskan membayar Rp 5.000,-. Sedangkan untuk motor anda diharuskan membayar sebesar Rp 2.000,-.

Fasilitas Bukit Pengilon

Karena lokasinya yang begitu terpencil, membuat fasilitas Bukit Pengilon ini belum begitu lengkap seperti tempat wisata di di Daerah Istimewa Yogyakarta yang biasanya dilengkapi dengan beragam fasilitas. Untuk fasilitas seperti Toilet, Mushola, maupun Warung belum ditemukan di Bukit Pengilon. Jadi sebelum ke Bukit Pengilon ini alangkah baiknya anda mempersiapkan diri terlebih dahulu dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di Pantai Watu Lumbung yang sudah cukup lengkap.