Bukit Parangendog

" Memacu adrenalin diatas laut lepas di Gunung Kidul "
{"autoplay":"true","autoplay_speed":"3000","speed":"300","arrows":"true","dots":"true","loop":"true","nav_slide_column":5,"rtl":"false"}

Gunungkidul sering dikatakan surganya pantai di Provinsi daerah Istimewa Yogyakarta. Pasalnya daerah ini memiliki deretan pantai dan bukit yang indah. Mulai dari pantai yang sudah terkenal seperti Pantai indrayanti, Pantai Siung, Pantai Baron, Bukit Bintang, Puncak Kosakora, dan baru baru ini mulai banyak bukit yang dibuka untuk wisata. Salah satunya adalah Bukit Parangendog yang belum terkenal tetapi mempunyai potensi keindahan yang sangat luar biasa.

Bukit Parangendog ini juga popular disebut Bukit Paralayang atau Bukit Parangtritis. Bukit Parangendog ini bersebelahan dengan Pantai Parangendog dan Pantai Parangtritis. Bukit ini sangat menarik perhatian oleh para pengunjung karena bukit ini juga sering dijadikan sebagai spot untuk paralayang. Diatas bukit ini para pengunjung juga dapat menikmati indahnya matahari tenggelam pada sore hari. Di lokasi ini juga termasuk tempat untuk melihat sunset terbaik yang ada di Yogyakarta.

Para pengunjung dapat menyaksikan indahnya sunset dengan latar belakang laut Pantai Parangtritis yang begitu luas. Untuk mencapai atas bukit para pengunjung harus menaiki beberapa anak tangga yang tidak terlalu tinggi. Disini kedatangan pengunjung akan disambut dengan hamparan luas pantai selatan yang membiru dan suara deburan ombak yang samar-samar terdengar serta hembusan angin yang cukup kencang.

Sementara dari arah belakang, akan disuguhi pemandangan bukit karang yang gagah menjulang tinggi. Bagi para pengunjung yang suka dengan tantangan dan ingin mencoba memacu adrenalin bisa sekaligus mencoba permainan paralayang di sini. Disini adrenalin kita akan benar-benar dipacu saat terbang diatas laut lepas. Tetapi para pengunjung tidak perlu khawatir, untuk para pemula akan didampingi oleh pemandu yang sudah ahli dibidangnya.

Tepat berada dibawah Bukit Parangendog ini, ada bukit lain lagi yang beberapa waktu lalu baru dibuka menjadi sebuah cafe. Dari sini para pengunjung bisa makan atau sekedar ngopi dengan melihat pemandangan yang sangat cantik ke arah laut lepas. Bukit Parangendog ini biasanya digunakan pada event-event tertentu, misalnya Jogja Air Show yang diadakan setiap tahun di Parangtritis dan Parangkusumo.

Biasanya, atlet paralayang akan lepas landas dari puncak Bukit Gupit dan kemudian mendarat di landasan yang terdapat di antara Pantai Parangkusumo dan Pantai Depok. Di Bukit ini para pengunjung juga dapat mengambil foto selfie dengan latar belakang pantai laut selatan yang indah.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Bukit Parangendog

Lokasi Pantai Parangendog ini sudah termasuk bagus dan mudah untuk ditempuh oleh para pengunjung menuju Pantai Parangendog. Akses jalan menuju lokasi memang sudah halus tetapi masih banyak tanjakan, turunan dan tikungan membuat yang lewat harus berhati-hati. Namun Bukit Parangendog ini lumayan jauh dengan pusat Kota Yogyakarta.

Alamat Bukit Parangendog tepatnya berada di Dusun Parangrejo, Desa Girijati, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Bukit Parangendog

Rute menuju Bukit Parangendog ini sangat mudah untuk dijangkau. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju Jalan Pangurakan, sampai di perempatan ke arah selatan melewati Jalan Brigjen Katamso, sampai di perempatan lurus terus menuju Jalan Parangtritis, lurus terus ke Jalan Parangtritis – Panggang, kemudian lurus terus ikuti jalan tersebut, sampai pertigaan ke arah timur kemudian ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Bukit Parangendog.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Bukit Parangendog lumayan jauh yaitu sekitar 30,3 Kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Kota Jogja menuju Pantai Parangendog sekitar 56 menit.

Harga Tiket dan Parkir Bukit Parangendog

Harga tiket retribusi masuk ke Bukit Parangendog relatif terjangkau, pengunjung hanya dikenakan biaya RP 5.000 per orang.

Sedangkan untuk biaya parkir pengunjung di Bukit Parangendog dikenakan tarif sebesar Rp 2.000,- untuk sepeda motor dan Rp 5.000,- untuk mobil.

Fasilitas Bukit Parangendog

Fasilitas di Bukit Parangendog sudah lumayan lengkap bagi para pengunjung yang berminat datang ke Bukit Parangendog ini, diantaranya adalah:

  1. Tempat parkir luas
  2. Toilet umum
  3. Tempat ibadah
  4. Warung makan dan minum