Bukit Panguk Kediwung

" “Sunrise di atas awan” "
{"autoplay":"true","autoplay_speed":"3000","speed":"300","arrows":"true","dots":"true","loop":"true","nav_slide_column":5,"rtl":"false"}

Jika anda ingin menikmati sunrise dengan udara segar di Yogyakarta, salah satu daerah yang banyak menawarkan tempat wisata tersebut adalah Kecamatan Dlingo yang berada di Kabupaten Bantul. Ada beberapa destinasi menarik di Kecamatan Dlingo ini, salah satunya adalah adalah Bukit Panguk Kediwung. Mungkin bagi anda yang belum mengetahuinya, Bukit Panguk Kediwung ini lokasinya tidak jauh dari Kebun Buah Mangunan yang telah lebih dahulu di buka untuk masyarakat. Bukit Panguk Kediwung dibuka untuk umum sekitar pertengahan 2016 oleh masyarakat setempat. Oleh karena itu, Bukit Panguk Kediwung belum sepopuler destinasi di sekitarnya misalnya Kebun Buah Mangunan atau Hutan Pinus Mangunan, walau secara lokasi sangat berdekatan.

Bukti Panguk Kediwung menawarkan keindahan sunrise di atas awan. Sunrise ini sangat terlihat jelas karena lokasi Bukit Panguk Kediwung yang mengahap ke ufuk timur. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan sunrise di Bukit Panguk Kediwung adalah pada pukul 05.00 pagi, sedangkan musim terbaik untuk mengunjunginya adalah pada musim kemarau atau jika pada musim hujan adalah sehari setalah hujan reda. Panorama terbaik di Bukit Panguk Kediwung adalah matahari terbit dan gumpalan kabut yang seperti awan. Gumpalan kabut ini menyerupai gumpalan awan yang membuat wisatawan menganggap saat sunrise di Bukit Panguk Kediwung serasa berada di negeri di atas awan.

Selain menikmati pemandangan sunrise dan kabut yang menyerupai negeri di atas awan, anda juga dapat berfoto di beberapa spot yang ada di Bukit Panguk Kediwung. Ada lebih dari lima spot foto yang dapat anda gunakan. Beberapa spot di Bukit Panguk Kediwung merupakan berbayar yang akan diminta oleh pengelola sesaat setelah anda berfoto. Spot foto yang ada di Bukit Panguk Kediwung seluruhnya menghadap ke tebing yang berhadapan langsung dengan hutan lebat serta di bawahnya terdapat Sungai Oya yang membentang panjang. Spot-spot foto yang ada di Bukit Panguk Kediwung berbeda dengan destinasi di sekitarnya. Spot-spot foto yang ada di Bukit Panguk Kediwung tersebut bisa dibilang anti mainstream. Jadi, bila anda belum berkesempatan untuk menikmati indahnya sunrise di atas awan ala Bukit Panguk Kediwung, anda tidak perlu kecewa. Karena terdapat cara lain menikmati Bukit Panguk Kediwung, yaitu dengan menikmati spot-spot tersebut. Beberapa spot di Bukit Panguk Kediwung ada yang berbentuk perahu kertas, kupu-kupu, istana langit, dan lain sebagainya.

Selain menikmati sunrise dan berfoto di beberapa spot foto, anda juga dapat menikmati kuliner khas masyarakat Dlingo yang dapat anda beli di komplek Bukit Panguk Kediwung. Anda dapat menikmati sarapan setelah melihat sunrise dan berfoto di beberapa spot tersebut.

Jika sebelumnya anda belum pernah mengunjungi Bukit Panguk Kediwung atau khususnya pada waktu sunrise, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda mengunjunginya. Hal pertama yang harus anda persiapkan adalah fisik. Mengunjungi suatu destinasi wisata pada waktu yang tidak umum seperti halnya dini hari tentunya harus mempersiapkan fisik yang prima. Hal ini untuk mengurangi resiko kesehatan yang akan menimpa anda. Selain itu, anda sebaiknya membawa jaket yang cukup tebal, apalagi jika anda mengendarai sepeda motor saat akan berkunjung ke Bukit Panguk Kediwung.

Pengalaman yang ditawarkan saat anda mengunjungi Bukit Panguk Kediwung tidak akan mudah dilupakan. Terlebih jika anda beruntung dan dapat menikmati dua fenomena sekaligus, yaitu matahari terbit atau sunrise dan gumpalan kabut. Agendakan perjalanamu menuju Bukit Panguk Kediwung bersama Alodia Tour & Leisure. Segera hubungi tim kami atau untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi www.alodiatour.com.

Lokasi Bukit Panguk Kediwung

Lokasi Bukit Panguk kediwung berada di dusun Kediwung, Kelurahan Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783. Bukit Panguk Kediwung berlokasi tidak jauh dari Kebun Buah Mangunan. Menemukan lokasi Bukit Panguk Kediwung tidaklah sulit, karena sudah terdapat papan petunjuk yang sangat jelas. Jalan menuju Bukit Panguk Kediwung juga sudah diaspal, sehingga memudahkan baik kendaraan roda dua atau roda empat untuk melintas. Sampai saat ini, untuk mengunjungi Bukit Panguk Kediwung hanya dapat dilakukan dengan kendaraan pribadi berupa mobil atau sepeda mobil. Kendaraan besar seperti bus belum dapat mengakses Bukit Panguk Kediwung. Untuk lebih mudah dalam mengetahui lokasi Bukit Panguk Kediwung, anda dapat membuka tautan peta di bawah ini.

Rute Menuju Bukit Panguk Kediwung

Rute menuju Bukit Panguk Kediwung tidaklah sulit. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta, anda terlebih dahulu mengarahkan peta menuju kawasan Imogiri atau tepatnya di Jalan Imogiri Timur. Dari pertigaan pasar Imogiri, anda dapat belok ke kiri arah Mangunan dan makam Raja Mataram. Setelah itu, anda belok ke kanan menuju kawasan wisata Dlingo menuju Kebun Buah Mangunan. Setelah sampai di pertigaan yang mengarah ke Kebun Buah Mangunan, anda dapat memperhatikan papan petunjuk yang telah tersedia hingga menuju Bukit Panguk Kediwung. Jarak Bukit Panguk Kediwung dengan pusat Kota Yogyakarta sekitar 27 km.

Harga Tiket dan Parkir Bukit Panguk Kediwung

Harga tiket Bukit Panguk Kediwung untuk satu orangnya adalah Rp 2.500,00. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil, anda akan dikenai biaya parkir sebesar Rp 5.000,00 sedangkan untuk sepeda motor Rp 2.000,00. Harga tiket Bukit Panguk Kediwung ini cukup murah dan terjangkau bagi semua kalangan.

Harga tiket untuk beberapa spot foto adalah Rp 3.000,00 per spot per orang. Untuk setiap spot foto dapat dinaiki maksimal untuk 3 orang.

Fasilitas Bukit Panguk Kediwung

Fasilitas yang terdapat di Bukit Panguk Kediwung adalah sebagai berikut:

  • Spot foto anti mainstream
  • Toilet
  • Mushola
  • Lahan parkir
  • Warung makan