Bukit Mojo Gumelem

" Berbagai spot foto unik seperti bunga matahari dan sarang burung dengan pemandangan perbukitan seribu yang mengesankan. "
{"autoplay":"true","autoplay_speed":"3000","speed":"300","arrows":"true","dots":"true","loop":"true","nav_slide_column":5,"rtl":"false"}

Kawasan Mangunan di daerah Yogyakarta seolah selalu menawarkan sensasi luar biasa untuk menghabiskan waktu saat liburan. Setelah Bukit Panguk Kediwung yang cukup menjadi viral karena adanya spot-spot selfie yang hits di media sosial. Kali ini muncul lagi Bukit Mojo Gumelem yang tidak kalah cantik menawarkan pemandangan kawasan Yogyakarta yang masih alami dan cantik.

Bukit Mojo Gumelem ini terletak di kawasan Mangunan, dan sangat dekat dengan Bukit Panguk Kediwung. Pemandangan yang ditawarkan pun sama dengan beberapa spot wisata seperti Bukit Panguk Kediwung dan Kebun Buah Mangunan, namun Bukit Mojo Gumelem menawarkan berbagai spot foto yang unik.

Bukit Mojo Gumelem yang terletak bersebelahan dengan Bukit Panguk Kediwung ini menawarkan pemandangan alam yang cantik, yaitu deretan perbukitan seribu dan kali oya yang berkelok-kelok.

Berbeda dengan Bukit Panguk Kediwung yang menawarkan spot selfie berupa hati dan perahu yang cukup hits, Bukit Mojo Gumelem menawarkan spot selfie berupa Sangkar Burung dan Bunga Matahari yang sangat cantik.

Dua spot selfie itu cukup viral di dunia maya karena terlihat sangat cantik ketika difoto. Terlebih lagi pemandangan yang ditawarkan adalah deretan perbukitan seribu dan sungai oya.

Bukit Mojo Gumelem ini sangat ramai sekali dikunjungi saat menjelang sunrise maupun sunset karena pemandangan yang dihasilkan sangat cantik ketika rentang waktu tersebut.

Saat sunrise biasanya jika anda beruntung akan merasakan Bukit Mojo Gumelem seperti negeri di atas awan, karena dataran rendah di bawahnya akan tertutup kabut. Hal ini adalah momen yang banyak ditunggu oleh para wisatawan karena menghasilkan foto yang menarik. Terlebih lagi langit yang menimbulkan warna gradasi akan membuat foto anda lebih cantik.

Para pengunjung biasanya rela untuk berangkat pagi buta menuju Bukit Mojo Gumelem ini dari penginapan untuk mendapatkan foto yang terbaik.

Berbeda lagi saat sunset, pemandangan yang ditawarkan jauh berbeda dengan sunrise karena pada waktu itu matahari menjelang tenggelam dan akan menimbulkan gradasi warna langit yang menarik dan lighting alami juga bagus untuk foto.

Bukit Mojo Gumelem ini bisa dikunjungi sepanjang waktu dari pagi hari sampai sore hari. Namun biasanya akan penuh wisatawan saat menjalang sunrise maupun sunset.

Tips terbaik untuk anda yang ingin pergi menuju Bukit Mojo Gumelem adalah pergilang ke spot selfie ini saat cuaca di daerah Yogyakarta cerah, untuk menghindari hujan maupun mendung yang akan membuat pemandangan/foto anda menjadi kurang baik seperti saat langit cerah.

Kedua, adalah saat anda mengunjungi Bukit Mojo Gumelem ini kalau bisa jangan tepat saat waktu liburan seperti hari Sabtu dan Minggu, karena akan banyak wisatawan yang datang dan anda harus terpaksa untuk antri foto di salah satu spot selfie Bukit Mojo Gumelem yang ditawarkan.

Namun, sebenarnya banyak spot foto di Mojo Gumelem selain Bunga Matahi dan Sangkar Burung. Selain itu juga terdapat banyak papan nama yang bertuliskan kata-kata lucu yang sangat menarik jika kita foto bersanding dengan papan nama tersebut.

Bukit Mojo Gumelem yang mulai diperkenalkan pada tahun 2016 ini memang saat ini menjadi salah satu tempat tujuan utama para wisatawan saat mengunjungi Yogyakarta. Yuk buruan ke Bukit Mojo Gumelem dengan memesan paket wisata Jogja di Alodiatour.

Lokasi Bukit Mojo Gumelem

Lokasi Bukit Mojo Gumelem ini terletak di Kabupaten Bantul walaupun berbatasan dengan Kabupaten Gunung Kidul. Lokasi Bukit ini tidak jauh dari berbagai spot wisata karena terletak di kawasan Mangunan yang merupakan pusat spot foto di kawasan Yogyakarta.

Alamat Bukit Mojo Gumelem yaitu berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingi, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783.

Rute Menuju Bukit Mojo Gumelem

Rute menuju Bukit Panguk Kediwung saat ini mudah sekali untuk diakses karena jalan yang sudah beraspal dan halus. Jarak dari kota Jogja ke Bukit Mojo Gumelem adalah sekitar 24 km.

Rute tercepat untuk menuju Bukit Mojo Gumelem dari kota Yogyakarta adalah menuju arah selatan yaitu lewat jalan Imogiri Barat menuju kecamatan Imogiri, kemudian saat di Jalan. Makam Raja Mataram, berbelok ke arah selatan lewat jalan Imogiri – Dlingo. Kemudian saat anda sampai di pertigaan ambil arah kanan dan ikuti petunjuk yang ada untuk menuju kawasan Bukit Mojo Gumelem.  Untuk sampai ke Bukit Mojo Gumelem anda akan melewati Jurang Tembelan terlebih dahulu.

Harga Tiket dan Parkir Bukit Mojo Gumelem

Harga tiket masuk di Bukit Mojo Gumelem cukup murah, karena anda hanya akan dikenakan retribusi parkir yaitu Rp 5.000,- untuk mobil, sedangkan untuk motor Rp 2.000,-.

Sedangkan apabila anda ingin berfoto di berbagai spot foto yang disediakan, anda harus merogoh kocek sebesar Rp 3.000,- per spot foto.

Fasilitas Bukit Mojo Gumelem

Fasilitas Bukit Mojo Gumelem yang disediakan cukup lengkap untuk para wisatawan. Sehingga para wisatawan tidak perlu bingung saat berada di kawasan wisata ini. Berikut ini adalah fasilitas Bukit Mojo Gumelem:

  • Berbagai spot selfie menarik
  • Papan Informasi
  • Mushola
  • Toilet
  • Tempat parkir untuk mobil dan motor
  • Warung yang menyajikan makanan khas lokal.