himbauan wisata ke Jogja Alodia siap melayani dengan protokol kesehatan

Bukit Kali Kuning

Menikmati indahnya pemandangan alam yang masih asri dan udara yang menyegarkan

Bukit Kali Kuning merupakan obyek wisata menarik yang berada di dekat lereng gunung Merapi yang memiliki pemandangan yang menarik. Obyek wisata ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk kegiatan kemah, camping, maupun kegiatan outbond training. Anda dapat melihat pemandangan sekitar tempat ini yang dihiasi oleh tebing bebatuan andesit yang sangat indah. Jika anda ingin mencapai tebing ini anda harus menyusuri jalan setapak yang jaraknya sekitar 1 km yang biasa digunakan masyarakat setempat untuk mencari rumput sebagai pakan hewan ternak mereka. Obyek wisata ini sangat cocok untuk bersantai dan berwisata bersama keluarga.

Bukit Kali Kuning ini dikelola oleh Taman Nasional Gunung Merapi yang juga membentuk kelompok Pemberdayaan masyarakat untuk ikut melestarikan dan menjaga alam. Obyek wisata ini mulai dikembangkan pada bulan Januari 2017 yang lalu. Kemudian pada pertengahan bulan Februari obyek wisata ini baru dibuka untuk umum.

Bukit Kali Kuning memiliki hutan pinus yang luas dengan hamparan bunga rasamal dan bunga puspa yang indah. Di Kali Kuning juga terdapat bebatuan serta tebing yang berdiri kokoh menjulang tinggi yang menarik. Ketika anda berada di Bukit Kali Kuning anda akan mendengar suara jangkrik yang membuat suasana menjadi semakin terasa asri dan alami. Aliran mata air di Bukit Kali Kuning ini memiliki ketinggian 1250 mpdl. Mata air tersebut sering dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk kebutuhan sehari-hari. Menurut warga sekitar, adanya mata air Umbul Wadon karena hasil dari letusan gunung Merapi yang lalu. Mata air ini merupakan aliran dari air sungai DAS Opak, Das Progo dan Das Oya. Mata air ini tidak pernah kering walau pada musim kemarau.

Perjalanan dari kali kuning ke Bukit Kali Kuning sangatlah menyenangkan. Dalam perjalanan tersebut anda akan melewati kali adem dengan pemandangan hutan pinus, gemercik aliran air, dan udara yang sejuk dan menyegarkan. Walaupun jaraknya lumayan jauh, anda tidak akan merasa capek karena kondisi udara yang tetap segar meski di siang hari. Sepanjang perjalanan tersebut anda juga akan melihat indahnya bunga kantung semar yang bermekaran, momen tersebut yang sering dimanfaatkan oleh wisatawan.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Bukit Kali Kuning

Lokasi Bukit Kali Kuning ini sudah lumayan mudah untuk dijangkau dan mudah ditemukan karena jalan menuju wisata alam tersebut sudah bagus dan layak untuk dilewati. Alamat Bukit Kali Kuning tepatnya berada di Jl. Bebeng, Palemsari, Umbulharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Bukit Kali Kuning

Rute menuju Bukit Kali Kuning sangat mudah terjangkau dan jalan yang dilewati sudah layak. Jika anda dari pusat 0 km kota Yogyakarta ke timur melewati jl panembahan senopati sampai perempatan ke utara menuju jl mayor suryotomo jalan terus menuju jl abu bakar ali ke timur sedikit, lalu ke utara sedikit sampai ke pertigaan ke timur jalan terus sampai ke perempatan ke utara melewati jl yos sudarso, kemudian sampai ke pertigaan ke timur ikuti jl tersebut menuju jl suroto lurus terus menuju jl cik di tiro, sampai ke bundaran UGM ke barat jalan terus sampai menemui perempatan ke utara melewati jl persatuan lurus terus menuju jl kaliurang, lalu jalan terus melewati jl pamungkas dan jalan meces-pokoh, ikuti jln tersebut maka anda akan sampai ke obyek wisata Bukit Kali Kuning.

Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke Bukit Kali Kuning sangat jauh yaitu sekitar 27,0 kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat kota Jogja menuju Bukit Kali Kuning sekitar 1 jam.

Harga Tiket dan Parkir Bukit Kali Kuning

Harga tiket masuk untuk menikmati keindahan diatas ketinggian di Bukit Kali Kuning yaitu anda akan dikenakan biaya Rp 3000/orang. Dan untuk biaya camping akan dikenakan biaya sebesar Rp 20.000. Harga tersebut pasti tidak terlalu mahal untuk melihat pemandangan yang indah dan menarik.

Sedangkan harga tiket parkir untuk masuk ke Bukit Kali Kuning yaitu Rp 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5000 untuk mobil.

Fasilitas Bukit Kali Kuning

Fasilitas yang ada di Bukit Kali Kuning saat ini sudah lumayan lengkap dan pastinya dapat membuat pengunjung merasa nyaman diantaranya:

  1. Area parkir luas
  2. Warung makanan dan minuman
  3. Persewaan penginapan
  4. Toilet
  5. Pusat informasi yang akan melayani dengan baik

Pernah ke Bukit Kali Kuning?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

X