himbauan wisata ke Jogja Alodia siap melayani dengan protokol kesehatan

10 Tempat Wisata dekat Malioboro yang wajib dikunjungi

Berikut adalah rekomendasi tempat wisata yang letaknya dekat dengan Malioboro, yang pastinya akan membuat liburanmu makin asyik.

Tempat wisata dekat Malioboro – Malioboro yang menjadi ikon kota Jogja ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Hampir setiap hari Malioboro selalu ramai oleh wisatawan dari mulai yang berbelanja, wisata kuliner, atau hanya sekedar berjalan dan duduk santai menikmati suasana di sekitar Malioboro. Nah ternyata banyak juga lho tempat wisata yang letaknya gak jauh dari Malioboro. Yuk lihat rekomendasinya

Tempat Wisata dekat Malioboro

  1. Titik Nol Kilometer

Tempat Wisata Dekat Malioboro Titik Nol Jogja

Hanya berjalan beberapa meter ke arah selatan dari Malioboro, kita sudah sampai di Titik Nol Kilometer yang merupakan pusat Kota Jogja. Karena pusat Kota Jogja ada disitu, maka masyarakat menyebutnya dengan Titik Nol Kilometer.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Titik Nol ini adalah saat malam hari, karena saat malam hari kalian dapat menikmati suasana yang asyik dan bisa berfoto dengan latar belakang jalan raya yang biasanya ramai. Jadi Titik Nol Kilometer ini menjadi salah satu pilihan tempat wisata dekat Malioboro.

Simak ulasan selengkapnya tentang Titik Nol Kilometer

Museum Benteng Vredeburg

Tempat Wisata Dekat Malioboro Benteng Vredeburg

Benteng yang dibangun tahun 1760 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan karena Museum Benteng Vredeburg ini termasuk salah satu tempat wisata dekat Maliboro.

Tujuan awal pembangunan benteng ini adalah untuk menjaga keamanan Keraton, namun ternyata adanya Benteng ini adalah untuk prngawasan Belanda terhadap kegiatan di dalam Keraton. Benteng yang tadinya bernama Rustenburg ini kemudian dibuah namanya menjadi Benteng Vredeburg yang berarti benteng perdamaian, sebagai wujud simbolis perdamaian antara pihak Belanda dengan pihak Keraton.

Simak ulasan selengkapnya tentang Museum Benteng Vredeburg

  1. Keraton Yogyakarta

Tempat Wisata Dekat Malioboro Keraton Yogyakarta

Keraton yang dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I dan selesai pada tahun 1790 ini masih menjadi tempat tinggal Sultan beserta keluarganya. Namun Keraton juga dijadikan tempat wisata dimana para wisatawan dapat belajar banyak tentang hal hal yang berkaitan dengan sejarah, hingga dapat melihat berbagai properti yang terdapat di Keraton. Nah, Keraton Yogyakarta ini menjadi salah satu tempat wisata dekat Malioboro yang menjadi pilihan para wisatawan.

Simak ulasan selengkapnya tentang Keraton Yogyakarta

  1. Museum Kereta KencanaTempat Wisata Dekat Malioboro Museum Keretea Kencana

 

Masih di sekitar Keraton Yogyakarta, Museum Kereta Kencana ini juga menjadi pilihan wisatawan sebagai tempat wisata dekat Malioboro yang sering dikunjungi. Disini kalian bisa melihat koleksi Kereta Kuda yang digunakan dari zaman dulu.

Kereta Kencana yang sudah ratusan tahun umurnya masih tersimpan dengan baik dan dirawat di Museum Kereta Kencana ini. Terdapat kurang lebih 23 Kereta Kencana yang disimpan di museum ini, jika ada hal yang inginkamu tanyakan, kalian biasa bertanya pada abdi dalem yang bertugas disana, atau bisa juga memakai jasa pemandu wisata lokal yang pastinya akan membuat kunjungan ke Museum ini semakin lengkap. Kalian juga bisa lho berfoto dengan semua Kereta Kencana yang ada disini.

  1. Tugu Jogja

Tempat Wisata Dekat Malioboro Tugu Jogja

Landmark Kota Jogja ini memang sangat terkenal dan banyak orang bilang belum ke Jogja kalau belum ke Tugu Jogja. Tugu Jogja terletak tepat ditengah tengah perempatan Jl Jendral Soedirman, Jl Diponegoro, Jl Pangeran Mangkubumi, dan Jl A.M Sangaji.

Tugu yang didirikan kira kira satu tahun setelah Keraton berdiri ini memiliki makna yang dalam sekaligus terdapat rekaman sejarah kota Jogja. Biasanya Tugu Jogja ramai dikunjungi wisatawan pada malam hari, karena di sekitar Tugu Jogja terdapat banyak angkringan sampai cafe yang membuat ramai dikunjungi.

Berfoto di tengah Tugu Jogja juga menjadi hal favorit yang dilakukan masyarakat, maka dari itu Tugu Jogja ini termasuk tempat wisata dekat Malioboro yang menjadi pilihan wisatawan.

Simak ulasan selengkapnya tentang Tugu Jogja

  1. Situs Warungboto

Tempat Wisata Dekat Malioboro Situs Warungboto

Situs Warungboto atau  yang disebut juga Pesanggrahan Rejawinangun ini merupakan tempat permandian atau orang Jogja menyebutnya Pesanggarahan. Situs Warungboto ini memang mirip dengan Taman Sari dari segi bangunan dan fungsinya.

Ternyata Situs Warungboto ini sudah ditetapkan menjadi bangunan cagar budaya di Jogja sejak tahun 2010. Meskipun hanya sebuah situs, namun tempat ini banyak menghipnotis wisatawan sehingga banyak wisatawan yang mengunjunginya. Berfoto di Situs Warungboto ini juga sangat keren lho!

  1. Alun-alun Kidul

Tempat Wisata Dekat Malioboro Alun Alun Kidul

Alun-alun Kidul atau Alun-alun Selatan ini adalah salah satu tempat wisata dekat malioboro yang ramai dikunjungi pada malam hari. Tempat yang nyaman banget buat nongkrong dan menikmati suasana malam Jogja sambil ditemani makan jagung bakar dan wedang ronde.

Lokasinya berada tepat di belakang Keraton, di Alun-alun Kidul ini juga terdapat sepeda/odong-odong yang dapat disewa untuk berkeliling, biayanya sekitar 30.000 untuk satu kali putaran, tapi harga tersebut masih bisa berubah. Dan yang unik danselalu ramai untuk dilakukan di Alun-alun kidul adalah melewati 2 pohon beringin dengan mata tertutup kain hitam, niscaya permohonan kalian akan terkabul.

Simak ulasan selengkapnya tentang Alun – alun Kidul

  1. Taman Sari

Tempat Wisata Dekat Malioboro Taman Sari

Merupakan salah satu bangunan milik kesultanan Yogyakarta yang difungsikan sebagai tempat wisata, Taman sari tak pernah sepi oleh pengunjung.

Bangunan bersejarah ini dapat memberikan banyak informasi tentang kejadian di kesultanan masa lalu. Selain belajar sejarahnya, wisatawan juga dapat menikmati keindahan Taman Sari sendiri, karena sangat cocok dijadikat spot untuk berfoto ataupun selfie.

Maka dari itu Taman sari. Tiket masuk yang relatif murah semakin mengundang wisatawan untuk datang ke Taman Sari ini. Selain sebagai destinasi wisata, pada waktu-waktu tertentu juga masih digunakan untuk ritual khusus oleh keluarga raja. Karena keunikan bangunannya, Taman Sari menjadi salah satu pilihan tempat wisata dekat Malioboro yang ramai dikunjungi wisatawan.

Simak ulasan selengkapnya tentang Taman Sari

  1. Museum Sonobudoyo

Tempat Wisata Dekat Malioboro Museum Sonobudoyo

Museum yang letaknya berseberangan dengan Alun-alun Utara dan Keraton Yogyakarta ini juga menjadi tujuan wisatawan karena termasuk tempat wisata yang dekat dengan Malioboro. Tanah dan bangunan Museum Sonobudoyo ini diberikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono VIII sebagai hadiah, dan mulai dibangun pendopo kecil dengan candra sengkala Buta Ngrasa Esthining Lata yang maknanya adalah tahun 1865 Jawa atau tahun 1934 Masehi.

Museum Sonobudoyo ini mempunyai koleksi terbanyak diantara museum lain di Jogja. Kurang lebih ada 43.260 koleksi di dalam museum ini, koleksinya berupa benda artefak seperti keris, batik, arca, senjata tradisional, dll.

Simak ulasan selengkapnya tentang Museum Sonobudoyo

  1. Masjid Gedhe Kauman

Tempat Wisata Dekat Malioboro Masjid Gedhe Kauman

Masjid yang dibangun Sri Sultan Hamengku Buwono I pada 29 Mei 1773 ini adalah simbol harmonisasi sisi kebudayaan khas Kerajaan Yogyakarta. Selain digunakan sebagai sarana beribadah keluarga Raja dan rakyatnya, masjid yang dikenal sebagai Masjid Raya Daerah Istimewa Yogyakarta ini dibangun sebagai kelengkapan Kerajaan Islam Ngayogyakarta Hadiningrat.

Banyak sejarah sejarah lain mengenai Masjid Gedhe Kauman ini jika kalian mengunjunginya. Karena nilai sejarahnya yang sangat kuat dan menarik untuk diketahui, gak heran kalau Masjid Gedhe Kauman ini menjadi salah satu pilihan tempat wisata dekat Malioboro.

Simak ulasan selengkapnya tentang Masjid Gedhe Kauman

 

Itu dia 10 rekomendasi tempat wisata dekat Malioboro yang sangat menarik untuk dikunjungi untuk dikunjungi sahabat Alodia. Yuk berwisata ke sekitar Malioboro dengan menggunakan paket wisata Jogja di Alodia agar liburan semakin berkesan dan menyenangkan.

X