himbauan wisata ke Jogja Alodia siap melayani dengan protokol kesehatan

16 Oleh-Oleh Khas Jogja Yang Unik

Jika kalian kebingungan mencari oleh-oleh, yuk cek artikel Alodia ini

Oleh-oleh Khas Jogja – Oleh-oleh merupakan salah satu hal yang sangat penting saat kita berpergian ke suatu tempat dan biasa juga menjadi salah satu bukti bahwa kita sudah ke tempat tersebut. Setiap kota memiliki oleh-oleh khas tersendiri dan biasanya juga menjadi pertanda atau pembeda dari suku dan budaya yang ada di daerah tersebut.

Nah salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan keragaman oleh-olehnya,apa lagi kalau bukan kota Jogja, namun tidak semua orang mengetahui apa saja sih macam-macam dari keragaman oleh-oleh tersebut. Nah disini Alodia ingin membagikan macam oleh-oleh khas Jogja yang bisa kamu bawa pulang.

Oleh-oleh Khas Jogja

 1. Bakpia Kukus Tugu Jogja

Oleh Oleh Khas Jogja Bakpia Kukus Tugu Jogja

Bakpia kukus tugu Jogja merupakan salah satu yang terkenal dari beberapa oleh-oleh khas Jogja karena dari cara pembuatannya sendiri berbeda dengan bakpia pada umumnya, kalau bakpia pada umumnya dipanggang tapi bakpia yang satu ini di kukus, bisa diketahui juga dari namanya sendiri.

Namun isian dari pakpia ini sama seperti bakpia pada umumnya seperti kacang ijo, coklat, susu, kacang merah, keju, pisang dan durian. Bakpia kukus mulai dipromosika pada tahun 2017 sampai sekarang dan makin berkembang, jajanan yang satu ini juga sudah di kenal oleh wisatawan mancanegara Jadi kalau berkunjung ke Jogja jangan lupa untuk membeli jajanan yang satu ini.

 2. Bakpia Pathok

Oleh Oleh Khas Jogja Bakpia Pathok

Bakpia merupakan salah satu makanan berjenis kue yang berbentuk bulat pipih dan memiliki banyak parian isi seperti kacang ijo, coklat atau pun keju. Jajanan ini bisa di temukan di banyak tempat seperti di sekitaran malioboro atau tugu Jogja.

Kalau kita melihat dari sejarah, bakpia adalah makanan yang di bawa ke Yogyakarta oleh warga imigran tiongkok pada awal abad ke-20 sehingga makanan ini menjadi salah saru makanan khas Jogja dan di jadikan oleh-oleh khas Jogja.

Para wisatwan juga tak perlu hawatir jika membeli oleh-oleh ini selain harganya yang terjangkau, kue bakpia kering ini juga bisa bertahan cukup lama jadi kita tidak perlu takut jika akan membawanya pulang untuk jarak tempuh yang lumayan memakan waktu.

 3. Yangko

Oleh Oleh Khas Jogja Yangko

Tidak hanya bakpia tapi Jogja juga masih memiliki banyak jajanan khas lainnya salah satunya yaitu Yangko atau biasa di kenal dengan mochinya Jogja, tentu saja kita mengenal jajanan ini identik dengan rasa manis dan warnanya yang beragam tapi jangan hawatir pewarna yang di gunakan bukanlah pewarna buatan melainkan pewarna alami dari parian jajan itu sendiri misalkan warna kuning berasal dari rasa durian dan berikutnya.

Oleh-oleh khas Jogja ini sendiri terbuat dari bahan pokok ketan yang juga sangat mempengaruhi teksturnya menjadi lebih padat dari jajanan yang lainnya dan sangat di minati oleh semua kalangan baik dari anak-anak sampai orang tua, jadi jajanan ini bisa menjadi oleh-oleh anda jika berkunjung ke Jogja dan bisa kita temukan di toko pak perato yang terletak di Jl. Pramuka No. 82 Jogjakarta.

 4. Coklat Monggo

Oleh Oleh Khas Jogja Coklat Monggo

Coklat monggo memiliki resep yang berasal dari Belgia kemudian di kembangkan di indonesia dengan menggunakan bahan-bahan yang berasal dari Indonesia sehingga tidak melupakan cita rasa khas lokal.

Nah saking banyak penggemar coklat monggo ini, pemilik atau orang yang memproduksi coklat monggo terus membuat inovasi baru sehingga sekarang coklat monggo memiliki 30 varian rasa dimana masing-masing varian memiliki ciri khas tersendiri, jadi coklat ini jadi oleh-oleh khas Jogja ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk di jadikan oleh-oleh buat kelurga di rumah.

 5. Kerajinan Perak

Oleh Oleh Khas Jogja Kerajinan Perak

Oleh-oleh khas Jogja tidak hanya tentang makanan melainkan juga banya kerajinan tangan yang dengan berbagi bentuk, salah satunya jenis kerajinan di Yogyakarta yaitu Kerajinan Perak ini yang terletak di kotagede. Seni menempa, mengukir,dan membentuk perak sehingga menjadi berbagai macam seperti cincin perak, sendok, teko, beros, guci. Bahkan mereka juga membuat miniatur destinasi yang terkenal di Jogja yaitu candi Borobudur.

Kerajinan perak ini sudah terkenal di seluruh Indonesia bahkan sudah terkenal ke pasar manca negara oleh karena itu pengerajin perak sudah menjadi profesi bagi banyak masyarakat di Kotagede ini. Untuk harga jual dari hasil kerajinan perak ini mulai dari 10.000 sampai jutaan rupiah tergantung dari ukuran dan tingkat kesulitan pembuatannya.

6. Tas Dowa

Oleh Oleh Khas Jogja Tas Dowa

Selain kerajinan perak Jogja juga memiliki kerajinan khas lainnya yaitu Tas Dowa, tas yang satu ini merupakan tas rajutan yang terbuat dari benang nylon yang memiliki kualitas yang bagus dan halus sehingga banyak orang yang  menggemarinya terutama kaum wanita, apalagi pecinta fashion yang unik.

Kerajiinan yang satu ini juga sudah menembus pasar ke luar negri karena keunikannya dan berkualitas tinggi, kuat dan memiliki banyak model dari yang polos hingga kombinasi warna yang menarik. Oleh karena itu kerajinan ini harus menjadi salah satu list oleh-oleh khas Jogja yang anda beli.

7. Keripik Belut

Oleh Oleh Khas Jogja Keripik Belut

Jika bicara tentang keripik pasti yang pertama kali muncul di benak kita yaitu keripik singkong,ubi ataupun kentang tapi beda sekali dengan keripik yang satu ini yaitu Keripik Belut, jadi kalau anda ke Jogja jangan sampai lupa ke pasar kuliner belut Godean, di sana anda akan menemukan kurang lebih 30 lapak penjual keripik belut.

Tentu saja keripik ini terbuat dari bahan pokok belut dan tepung kemudian di campuri dengan bumbu-bumbu yang sudah di racik sedemikian rupa supaya bisa menghasilkan rasa yang sempurna, jadi jangan lupa masukkan keripik belut di list oleh-oleh khas Jogja yang akan anda bawa pulang.

 

8. Gudeg Kaleng

Oleh Oleh Khas Jogja Gudeg Kaleng

Jika kita bicara tentang Jogja pasti orang-orang langsung teringat gudeg karena makanan ini merupakan makanan khas Jogja banget, jadi rugi sekali rasanya jika ke Jogja tidak mencicipi gudek dan makanan ini tidak sulit untuk di temukan di seluruh sudut Jogja.

Kenapa gudeg harus menjadi salah satu oleh-oleh khas Jogja yang harus anda bawa pulang, selain rasanya yang enak, sekarng juga sudah praktis karena ada gudeg kaleng, memang inovasi yang satu ini patut untuk di acungi jempol, sangat memudahkan wisatawan untuk membawanya dan gudeg itu sendiri memiliki beberapa varian diantaranya yaitu gudeg kering, gudeg basah, dan gudeg solo.

9. Wayang

Oleh Oleh Khas Jogja Wayang Kulit

Oleh-oleh khas Jogja yang satu ini sangat erat dengan sejarah dan budaya Jogja, wayang atau biasa di sebut wayang kulit gagrag biasa menjadi refrensi untuk di jadikan oleh-oleh karena wayang itu sendiri bias di jadikan pajangan di rumah atau hiasan dinding supaya rumah kita terlihat lebih aesthetic dan lebih berwarna karena jika kita lihat dari warnanya secara morpologi itu memang memilki makna tersendiri. Nama-nama Tokoh wayang Yogyakarta ada 3 yaitu

  1. Antasena
  2. Wisanggeni
  3. Punokawan

 10. Jadah Tempe

Oleh Oleh Khas Jogja Jadah Tempe

Setiap daerah yang terletak di semua kota pasti memiliki makanan khasnya sendiri nah Jadah Tempe ini merupakan salah satu makanan tradisional khas dari lereng gunung Merapi Kaliurang.

Jadah tempe ini sebenarnya dua makanan yang berbeda yang kemudian digabungkan menjadi satu hidangan yang di mana jadah itu merupakan makan yang berasal dari olahan ketan dan tempenya itu sendiri sama seperti tempe pada umumnya namun olahannya yang berbeda, jadi tempenya itu di olah dengan cara dibacam.

Asal mula jadah tempe ini terkenal karena Sri Sultan Hamengkubuwono lX mencicipi makanan ini dan beliau menjadi sangat suka sehingga beliau sering mengkonsumsinya.

Makanan ini dulu dijual mulai pada tahun 1950 yang dimana penjualnya itu ialah Sastro dinomo atau yang kerap di panggil mbah carik.Begitulah sedikit sejarah tentang oleh-oleh khas Jogja yang satu inn.

 

 11. Blangkon

Oleh Oleh Khas Jogja Blangko

Selain makan tradisionalnya, oleh-oleh khas Jogja yang satu ini juga nggak kalah menarik dari yang lainnya, yaitu Blangkon kalau ada yang nggak tau blangkon itu apa jadi Blangkon itu adalah tutup kepala yang di buat dari batik yang bias di gunakan oleh para perias yang berasal dari Jawa.

Nyatanya belangkon bukanlah sekedar penutup kepala bagi peria jawa melainkan blangkon itu sendiri memiliki banyak makna baik dari cara pengikatan bahkan sampai bentuknya. Nah jadi makin tertarik kan untuk membeli blangkon untuk buah tangan saat pulang kerumah. Bisa dijadikan pajangan yang unik di rumah.

 12. Belalang Goreng

Oleh Oleh Khas Jogja Belalang Goreng

Belalang goreng atau biasa di sebut walang goring ini juga termasuk salah satu oleh-oleh khas Jogja yang banyak di gemari oleh para wisatawan, selain karena keunikannya atau ke ekstrimannya makanan ini juga banyak mengandung khasiat di antaranya yaitu dapat menurunkan kolestrol, merawat kesehatan tulang dan gigi, dan meremajakan kulit.

Selain khasiatnya tersebut belalang goreng ini juga bisa di jadikan lauk ataupun sekedar menjadi cemilan karena belalang itu sendiri memilki kandungan protein yang cukup tingggi jadi bagus juga untuk anak-anak. Oleh-oleh ini bisa anda temukan Gunung Kidul, Yogyakarta.

 13. Batik Jogja

Oleh Oleh Khas Jogja Batik Jogja

Nah yang satu ini juga wajib untuk anda anda jadikan oleh-oleh karena ini juga merupakan khasnya Jogja apa lagi kalau bukan batik, memang kita tau tidak hanya Jogja yang memiliki batu namun batik di kota ini memiliki pembeda dari batik pada umumnya salah satunya yaitu lebih banyak mengunakan warna putih,hitam,coklat dan pembuatan batik di Jogja masih menggunakan cara yang tradisional yaitu dengan cara tulis tangan.

Kenapa anda harus membeli oleh-oleh khas Jogja yang satu ini karena batik ini bisa digunakan untuk acara-acara ataupun bisa dijadikan baju, celana wanita dan juga pria.

14. Kerajinan Kulit

Oleh Oleh Khas Jogja Kerajinan Kulit

Kerajinan yang satu ini berpusat di Bantul, Jogja yang semua aksesorisnya derasal dari bahan dasar kulit, memang tidak bisa kita pungkiri bahwa banyak sekali orang yang menyukai aksesoris atau lainnya yang memilki bahan dasar kulit.

Usaha kerajinanan di Bantul ini berawal dari tahun 1947an yang dimana penggagas pertamanya yaitu para pemuda yang dulunya bekerja di perusahaan kulit yang terletak di pusat kota Yogyakarta. Selain bisa membeli kerajinan kulit sebagai oleh-oleh khas Jogja anda juga bisa melihat proses pembuatan kerajinannya langsung.

15. Kaos Dagadu

Oleh Oleh Khas Jogja Kaos

Oleh-oleh khas Jogja yang satu ini merupak oleh-oleh yang wajib di beli oleh wisatawan saat berkunjung ke Jogja apa lagi kalau bukan baju atau kaos khas Jogja yang dimana identik dengan tulisan kata Jogja ataupun pleset-plesetan lucu yang menggunakan Bahasa Jogja sendiri yang dimana juga kata dagadu tersebut berati matamu.

Kaos ini bisa di temukan di banyak tempat salah satunya yaitu di Mall Malioboro atau di tempat-tempat lainnya, sedikit tentang awal mula di produksinya kaos dagadu ini berawal pada tahun 1994 yang di mana penggagas pertamanya yaitu dua orang mahasiswa lulusan Universitas Gadjah Mada yang mengabil jurusan arsitektur dan usaha ini masih berkembang sampai saat ini.

16. Wedang Uwuh

Oleh Oleh Khas Jogja Wedang Uwuh

Jika kita tinjau dari bahasa Jawa wedang itu sendiri berarti minuman dan uwuh itu berarti sampah jadi bias kita simpulkan bahwa wedang uwuh itu minuman yang terbuat dari dedaunan yang mirip dengan sampah, fungsi dari minuman wedang uwuh ini sendiri yaitu untuk menghangatkan tumbuh.

Minuman ini sangat cocok untuk diminum di daerah-daerah dingin atau bahkan kita bisa membawa minuman ini saat kita pergi ke daerah pegunungan atau pada saat kita mendaki gunung jadi jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Jogja yang satu ini yaa.

Itulah oleh-oleh khas Jogja yang sudah Alodia kempulkan berdasarkan tingkat peminatnya, jika anda ingin mendapatkan atau mengunjungi tempat oleh-oleh di atas, anda bisa memesan paket wisata Jogja dari Alodia untuk buah tangan yang lebih menarik dan unik.

X