8 Makanan Khas Jogja yang Wajib di Cicipin

Makanan khas jogja –  Jika bicara mengenai makanan khas maka kita akan menemui makanan yang berbeda-beda dari masing-masing kota bahkan daerah. Biasanya makanan khas itu menggambarkan budaya masing-masing daerah tersebut. Di artikel ini kita akan membahas tentang tentang makanan khas Jogja , maka berikut adalah beberapa makanan Khas Jogja.

8 Makanan Khas Jogja yang Wajib di Cicipin

1. Gudeg

Makanan Khas Jogja Gudeg

Makanan khas Jogja yang pertama adalah Gudeg yang dimana gudeg ini dibuat dari baham baku nangka yang masih muda dan santan kemudian diolah dengan cara dimasak dalam waktu yang lama. Makanan ini memiliki warna yang unik yaitu warna coklat dan warna ini sendiri dihasilkan dari warna daun jati yang dimasak berbarengan dengan nangka muda tersebut.

Biasanya makanan ini disajikan dengan nasi kemudian dengan kuah santan kental lalu bisa juga di tambahkan ayam kampung, tahu, telur, tempe dan sambal yang akan memberi kesan lebih pedas.

2. Bakpia

Makanan Khas Jogja Bakpia

Bakpia adalah makanan yang di bawa ke Yogyakarta oleh warga imigran Tiongkok pada awal abad ke-20 sehingga sekarang makanan ini menjadi salah satu makanan khas Jogja yang banyak di gemari baik oleh warga lokal maupun wisatawan yang berkunjung ke Jogja.

Kemudian bentuk dari makanan ini sendiri yaitu bulat pipih dan memiliki banyak varian isi seperti kacang hijau, coklat atau pun keju. Jajanan ini bisa di temukan di banyak tempat seperti di sekitaran Malioboro atau tugu Jogja.

3. Jadah Tempe

Makanan Khas Jogja Jadah Tempe

Jadah Tempe ini merupakan salah satu makanan tradisional khas dari lereng gunung Merapi Kaliurang dan sebenarnya jadah tempe merupakan dua makanan yang berbeda yang kemudian digabungkan menjadi satu hidangan yang di mana jadah itu merupakan makan yang berasal dari olahan ketan yang diaduk dengan parutan kelapa dan tempe nya itu di olah dengan cara dibacem.

Beralih ke sejarah asal mula jadah tempe ini terkenal karena Sri Sultan Hamengkubuwono lX mencicipi makanan ini dan beliau menjadi sangat suka sehingga beliau sering mengkonsumsinya.

4. Sate Klathak

Makanan Khas Jogja Sate Klathak

Tidak hanya makanan di atas, Jogja juga memiliki makanan khas yang lainnya yaitu salah satunya adalah Sate klathak, mengapa sate ini diberi nama sate klathak ternyata alasannya karena saat memanggang sate ini akan menghasilkan bunyi klathak-klathak jadi itulah asal mula kenapa dinamakan sate klathak.

Tidak hanya itu keunikan dari makanan khas jogja yang terbuat dari daging kambing ini, tidak seperti sate pada umumnya sate yang satu ini ditusuk menggunakan besi bahkan dulu besi yang digunakan adalah jeruji sepeda tapi justru itulah yang membuat sate ini terkenal.

5. Oseng Mercon

Makanan Khas Jogja Oseng Oseng Mercon

Kita memang tidak bisa memungkiri bahwa banyak sekali orang yang menyukai rasa pedas nah makanan khas Jogja yang satu ini akan memanjakan lidah para pecinta makanan pedas.

Memiliki rasa yang dominan pedas membuatnya banyak digemari oleh orang-orang, oseng mercon ini memiliki banyak varian ada yang menggunakan kikil, daging sapi, gajah, otot sapi, ayam dan kerang sehingga penikmatnya memiliki banyak pilihan

6. Mangut Lele

Makanan Khas Jogja Mangut Lele

Kalau berbicara tentang kota Jogja atau kota yang biasa dijuluki kota pelajar ini banyak sekali hal-hal yang sangat menarik untuk diketahui baik itu budaya, wisata alam, sampai ke wisata kulinernya yang memiliki ciri khas tersendiri.

Makanan khas Jogja yang selanjutnya yaitu mangut lele, makanan yang berbahan baku lele ini sudah cukup dikenal dan banyak diminati oleh semua kalangan wisatawan karena rasanya yang enak dan gurih. Pembuatan mangut lele juga menggunakan bumbu-bumbu yang khas.

7. Soto Sampah

Makanan Khas Jogja Soto Sampah

Makanan khas Jogja ini akan membuat para wisatawan penasaran karena namanya yang unik dan beda daripada yang lain namun setelah kita melihat langsung soto nya maka kita akan mengerti mengapa diberi nama soto sampah yaitu dikarenakan bentuk atau penataan soto dalam sebuah mangkuk yang tidak beraturan atau bisa dibilang tidak rapi.

Selain itu isi dari soto ini sendiri yang terbilang memiliki banyak macam yaitu mulai dari nasi nya, jeroan ( babad), campuran daging, seledri, dan yang pastinya ada toge mentah yang akan memberi kesan rasa yang semakin nikmat, jadi jika anda ke Jogja jangan lupa untuk mencicipi makanan yang satu ini.

8. Bakmi Jawa

Makanan Khas Jogja Bakmi Jawa

Bakmi Jawa atau biasa disebut bakmi Jogja, mengapa dikatakan bakmi jawa karena makanan ini di olah dengan bumbu-bumbu khas Jawa sehingga rasanya itu sangat khas banget.

Makanan khas jogja ini sudah terbilang hits di semua kalangan dan tidak sulit untuk menemukan makanan ini karena tersedia dimana-mana baik di tempat makan pinggir jalan sampai di restoran berbintang, bagi para pecinta pedas jangan khawatir karena kita bisa memesan dengan tingkat kepedasan sesuai selera.

Jadi itulah beberapa makanan khas Jogja yang sudah Alodia kumpulkan untuk jadi referensi saat anda ke kota Jogja dan bingung mau makan apa, kalau anda tidak mau bingung dan repot anda bisa memesan paket wisata jogja di Alodia tour supaya semua perjalanan anda selama di Jogja lebih berkesan dan nyaman.

Bikin liburanmu makin seru bersama kami

PT. Alodia Tour Indonesia

18 Parc Place, SCBD
Jend. Sudirman, Senayan, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan · 12190

Jalan Jagung 21
Semaki, Umbulharjo,
Kota Yogyakarta · 55166

Ikuti Promo Terkini

×