Batu Alien Cangkringan

Bongkahan batu yang menyerupai alien yang merupakan wisata kenangan dari Gunung Merapi

Batu Alien Cangkringan – Hallo guys sudah di Jogja tapi masih bingung  mau wisata kemana? Don’t worry ya kali ini ada destinasi yang menarik banyak wisatawan, tidak hanya wisatawan domestik namun wisatawan mancanegara juga  banyak mengunjungi destinasi tersebut.

Saat ini ada destinasi wisata baru sebut saja Batu Alien Cangkringan. Anda pasti penasaran mengapa bisa disebut Batu Alien Cangkringan bukan? Dahulu batu besar ini adalah saksi bisu ganasnya erupsi yang terjadi di tahun 2010 silam, sehingga batu besar ini terseret arus lahar panas dan menyebabkan batu besar itu memeiliki bentuk yang aneh tidak beraturan maka banyak masyarakat disana yang menjuluki batu besar ini batu Alien.

Dari kata Alien sendiri dalam bahasa jawa memiliki arti yaitu “Alihan” yang dimana batu besar ini beralih atau berpindah dari satu tempat ketempat yang lain karena terseret lahar panas dari gunung berapi tersebut.

Banyak tempat-tempat yang unik akibat Erupsi Gunung Merapi sehingga warga sekitar menjadikannya tempat destinasi wisata yang unik, menarik dan instagramable banyak perhatian wisatawan khususnya kaum milenial. Namun, sayangnya tempat ini belum begitu di kelola dan di rawat.

Destinasi wisata batu alien cangkringan tidak hanya menyuguhkan pemandangan batu namun juga menyuguhkan para wisatawan pemandangan alam dan juga angin spoi-spoi, meski tempatnya panas namun akan tetap terasa sejuk karena pemandangannya yang masih asri.

Aktivitas yang bisa anda lakukan di batu alien cangkringan ini adalah berfoto pastinya, bagi anda yang suka fotografi tempat ini sangat cocok untuk mengambil gambar karena pemandangan yang eksotis dan softtracking karena jika anda ingin menikmati pemandangan yang sejuk dan melihat bongkahan batu besar yang dijuluki Batu Alien anda harus menaiki bukit.

Ingin mengunjungi Batu Alien Cangkringan atau berkunjung ke tempat wisata menarik lainnya di Yogyakarta? Yuk pesan paket wisata Jogja di Alodiatour.

Lokasi Batu Alien Cangkringan

Lokasi Batu Alien Cangkringan terletak di Jambu, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583. Akses untuk menuju destinasi ini sudah sangat mudah, anda bisa menggunkaan kendaraan roda 2 maupun roda 4.

Jarak dari pusat kota Yogyakarta menuju Batu Alien Cangkringan sekitar 28,4 km dan menempuh waktu sekitar 1 jam.

Rute Menuju Batu Alien Cangkringan

Rute menuju Batu Alien Cangkringan cukup mudah dan jika dari pusat kota lurus kearah utara kemudian belok memasuki Jl. Mayor Suryotomo menuju arah barat, selanjutnya anda bisa belok kanan ke Jl. Mas Suharto Jambul. Kemudian masuk ke Jl. Tukangan, lurus sampai ketemu Jl. Yos sudarso lalu belok kiri kearah Jl. Suroto, lurus sampai ketemu bundaran UGM belok kiri ke jalan terban dan belok kanan kearah Jl. Persatuan. Anda lurus saja menikuti jalan besar sampai akhirnya anda masuk kearah jl. kaliurang, pertigaan nasi goreng podomoro belok kanan kearah Jl. Pamungkas, pertigaan Jl. Pamungkas lurus saja ke Jl. Meces.Pokoh sampai ketemu pertigaan lurus lagi kearah Jl. Pakem-kalasan mentok di pertigaan Lotek Dan Kupat Tahu Bu Wati belok kanan. Lurus mengikuti jalan besar. Pertigaan pertama belok kiri dan pertigaan kedua belok kanan dan lurus sampai mentok pertigaan belok kiri kearah Jl. Wukirsaris. Kemudian lurus ketemu perempatan belok kanan kearah Jl. Cangkringan. Lurus sampai anda menemukan pertigaan lalu belok kiri. Lurus lagi sampai mentok ketemu pertigaan kemudian belok kiri masuk ke Jl. Raya Kapuharjo-Cangkringan. Kemudian lurus mengikuti jalan besar ketemu perempatan lurus aja kearah Jl. Petung Merapi. Lalu anda tetap lurus ketemu pertigaan belok kiri dan tetap di jl. Petung Merapi. Kemudian belok kanan sedikit di pertigaan bercabang. Lurus dan belok kiri di pertigaan menuju Jl. Kaliadem Raya. Lurus sampai mentok belok kanan dan pertigaan pertama belok kiri. Kemudian anda tinggal lurus kearah utara dan anda sudah tiba di Batu Alien Cangkringan.

Harga Tiket dan Parkir Batu Alien Cangkringan

Harga tiket masuk Batu Alien Cangkringan ini termasuk sangat terjangkau yakni anda cukup membayar Rp 5.000/orang. Bagi anda yang membawa mobil maka akan dikenakan biaya parkirnya sebesar Rp 5.000 juga sama. Untuk yang membawa sepeda motor cukup menyiapkan uang Rp 2.000 saja untuk memarkir kendaraannya. Tiket masuk yang sangat bersahabat tidak meresahkan pengunjung.

Fasilitas Batu Alien Cangkringan

Fasilitas Batu Alien Cangkringan belum lengkap karena belum terlalu di kelola dan di perhatikan oleh pemerintah setempat. Tapi anda bisa membawa makanan sendiri dan menikmatinya disana tetapi harus tetap jaga kebersihan dan jangan buang sampah sembarangan ya.

Pernah ke Batu Alien Cangkringan?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini