himbauan wisata ke Jogja Alodia siap melayani dengan protokol kesehatan

Air Terjun Tlogo Muncar

Menghilangkan penat dalam diri dengan berkunjung ke Air Terjun Tlogo Muncar

Yogyakarta memiliki banyak wisata alam yang berada di beberapa daerah  di Yogyakarta. Wisata alam yang ada mulai dari pantai yang indah, gua, bukit sampai ke air terjun. Dan semua wisata alam tersebut masih terjaga keaslian dan keasriannya. Salah satu wisata alam yang masih terjaga keasrian dan keasliannya yaitu Air Terjun Tlogo Muncar.

Air Terjun Tlogo Muncar merupakan salah satu wisata alam yang ada di Kabupaten Sleman. Obyek wisata ini berada di lereng Gunung Merapi, hal itu membuat suasana di sekitar Air Terjun menjadi sejuk. Air Terjun Tlogo Muncar memiliki ketinggian sekitar 30 sampai 40 meter dan berada di ketinggian 878 meter di atas permukaan air laut, hal itu membuat suhu udara di Air Terjun sekitar 20 sampai 25 derajat celcius.

Walaupun suhu udara dingin, tetapi anda tidak akan kecewa saat mengunjungi Air Terjun tersebut. Karena Air Terjun Tlogo Muncar memiliki air yang segar dan jernih. Air yang ada di Air Terjun Tlogo Muncar ini berasa dari lereng Bukit Plawngan yang letaknya tidak terlalu jauh dari air terjun. Tetapi pada saat musim kemarau aliran air tidak cukup deras dibangdingkan pada saat musim hujan.

Di Air Terjun Tlogo Muncar terdapat taman rekreasi anak, oleh sebab itu anda dapat mengajak anak-anak untuk berkunjung ke Air Terjun Tlogo Muncar untuk menikmati sejuknya udara di Kaliurang Jogja. Selain itu anda juga dapat mengabadikan momen dengan berfoto di air terjun. Di sekitar air terjun juga terdapat monyet liar yang dapat anda jadikan sebagai background.

Di Air Terjun Kaliurang ini juga menyediakan lahan untuk camping, bagi anda yang menyukai kegiatan berkemah. Area kemah ini sering digunakan oleh mahasiswa untuk kegiatan makrab atau malam keakraban. Dengan berkemah di daerah kaliurang anda dapat menikmati keasrian alam pada malam hari dan menikmati suhu udara disekitar yang sangat dingin.

Air Terjun Tlogo Muncar ini diyakini oleh warga setempat sebagai tempat yang dulunya pernah digunakan oleh seorang putri dari kerajaan Majapahit yang bernama Dewi Condrokirono. Ada juga yang mempercayai bahwa jika mandi di air terjun ini dapat membuat wajah menjadi awet muda. Air yang dimiliki Air Terjun Tlogo Muncar ini juga dapat menghilangkan rasa penat dalam diri.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Air Terjun Tlogo Muncar

Lokasi wisata alam Air Terjun Tlogo Muncar sudah mudah dijangkau dan mudah ditemukan karena jalan menuju Air Terjun Tlogo Muncar sudah layak untuk dilewati. Lokasi tepatnya berada di Jalan Tlogo Putri, Hargobinangun, Pakem, Area Hutan, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Air Terjun Tlogo Muncar

Rute yang harus anda lalui untuk bisa ke Air Terjun Tlogo Muncar cukup terjangkau, tetapi ada sebagian jalan yang menanjak, jadi jika anda ingin berkunjung ke Air Terjun Tlogo Muncar diharapkan untuk berhati-hati. Jika anda dari pusat kota Yogyakarta ke barat melewati jl kh ahmad dahlan, lalu sampai perempatan belok ke utara melewati jl letjen suprapto lurus terus lalu belok kanan melewati bundaran menuju jl tentara pelajar, lalu lurus terus melewati jl magelang lurus terus sampai melewati bundaran, lalu ke utara sampai perempatan belok ke timur melewati jl gito gati, sampai perempatan belok ke utara melewati jl griya taman sari lurus terus lalu belok kanan, sampai perempatan ke utara melewati jl jogja-turi lalu sampai perempatan belok kanan melewati jl turi, sampai perempatan belok ke utara melewati jl boyong, ikuti jalan tersebut maka anda akan sampai ke Air Terjun Tlogo Muncar.

Jarak yang ditemuh dari pusat kota Jogja ke Air Terjun Tlogo Muncar cukup jauh yaitu sekitar 29,3 kilometer dan waktu tempuh kendaraan normal roda dua dari pusat Kota Jogja ke Air Terjun Tlogo Muncar sekitar 1 jam 3 menit.

Harga Tiket dan Parkir Air Terjun Tlogo Muncar

Harge tiket masuk untuk masuk ke wisata alam Air Terjun Tlogo Muncar sangat standar, bagi anda yang ingin berkunjung ke Air Terjun Tlogo Muncar ini akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 8000 per orang. Dengan harga tersebut anda dapat bebas melakukan aktivitas dengan puas.

Sedangkan untuk anda yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya sebesar Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5000 untuk kendaraan mobil.

Fasilitas Air Terjun Tlogo Muncar

Fasilitas di obyek wisata Air Terjun Tlogo Muncar sudah cukup memadai dan fasilitas tersebut dapat membuat nyaman wisatawan yang berkunjung merasa nyaman, fasilitas diantaranya:

  1. Ada tempat parkir
  2. Toilet umum
  3. Mushola
  4. Beberapa gazebo untuk wisatawan beristirahat
  5. Beberapa warung makanan minuman sidekitar air terjun
  6. Disekitar air terjun juga terdapat beberapa penginapan.

Pernah ke Air Terjun Tlogo Muncar?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

X