Air Terjun Setawing

" Menghilangkan penat dengan menikmati indahnya Air Terjun di daerah Kulon Progo "
{"autoplay":"true","autoplay_speed":"3000","speed":"300","arrows":"true","dots":"true","loop":"true","nav_slide_column":5,"rtl":"false"}

Perbukitan menoreh merupakan perbukitan yang mempunyai tempat wisata alam yang sangat menakjubkan. Keindahan landskap dengan udara yang sejuk menjadikan perbukitan menoreh menjadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa tempat wisata yang ada di  perbukitan menoreh yaitu Kalibiru, Puncak Suroloyo, dan Kebun teh. Selain itu ada tempat wisata lainnya yang ada di perbukitan menoreh yaitu Air Terjun Setawing.

Air Terjun Setawing merupakan salah satu wisata air terjun yang ada di Kabupaten Kulon Progo. Air Terjun Setawing ini biasa disebut dengan Curug Setawing. Keistimewaan air terjun ini adalah karena air terjun setawing ini berada di atas ketinggian perbukitan. Tingginya sekitar 45 meter dari permukaan laut.

Air Terjun Setawing ini memiliki bentuk berundak-undak, jadi jika air turun dari atas akan secara otomatis melebar karena jatuh mengenai beberapa batu tebing. Ketika musim kemarau air di Air Terjun Setawing ini masih memiliki air yang cukup dan saat musim hujan air di Air Terjun Setawing ini akan meningkat membuat air terjun yang sangat indah dan enak dilihat.

Jika anda berkunjung ke Air Terjun Setawing saat musim hujan disarankan untuk berhati-hati karena jalan menuju Air Terjun Setawing ini sangat licin. Saat ini pihak pengelola dan warga sekitar sudah mengembangkan tempat wisata ini dengan membangun fasilitas untuk mempermudah wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun Setawing. Saat anda merasa capek anda dapat duduk-duduk di atas gazebo yang ada di Air Terjun Setawing sambil menikmati suasana udara yang sejuk.

Di Air Terjun Setawing ini anda juga dapat bermain air sambil menikmati pemandangan. Kamu  juga dapat mengabadikan moment dengan berfoto selfie dengan background air terjun setawing. Ketika anda menuju obyek wisata ini anda akan melihat sawah-sawah milik penduduk sekitar yang sangat indah.

Menikmati Air Terjun Setawing pada saat weekend merupakan waktu yang sangat cocok untuk wisatawan. Keindahan alam sekitar yang masih asri dengan air yang masih jernih mengalir membuat diri anda merasa sejuk. Air Terjun Setawing juga merupakan tempat yang cocok untuk anda yang ingin menghilangkan rasa penat.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Air Terjun Setawing

Lokasi Air Terjun Setawing ini cukup mudah dijangkau dan lumayan mudah untuk ditemnukan, tetapi terdapat sebagian jalan yang berkelok-kelok dan naik turun karena lokasi Air Terjun Setawing menuju perbukitan menoreh. Lokasi tepatnya berada di Dusun Jonggrangan, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

Rute Menuju Air Terjun Setawing

Rute yang harus anda lalui ketika berkunjung ke Air Terjun Setawing cukup mudah dijangkau. Jika anda dari pusat 0 km kota Yogyakarta ke barat melewati jl kh ahmad dahlan lurus terus sampai melewati jl wates, lalu lurus terus sampai perempatan ring road barat belok ke kana melewati jl siliwangi lurus terus sampai perempatan belok ke barat melewati jl godean, lurus terus sampai melewati jl watu murah sampai perempatan belok ke utara melewati jl nanggulan-samigaluh jalan terus anda akan menemukan petunjuk arah di jalan yang anda lewati dan ikutilah petunjuk arah tersebut, maka anda akan sampai ke Air Terjun Setawing.

Jarak yang ditemuh dari pusat kota Jogja ke Air Terjun Setawing cukup jauh yaitu sekitar 35,7 kilometer dan waktu tempuh kendaraan normal roda dua dari pusat Kota Jogja ke Air Terjun Setawing sekitar 1 jam 11 menit.

Harga Tiket dan Parkir Air Terjun Setawing

Harga tiket masuk wisata alam Air Terjun Setawing saat ini masih bersifat sukarela karena untuk meningkatkan pengembangan fasilitas di Air Terjun Setawing. Hal itu dapat anda manfaatkan untuk menikmati Air Terjun Setawing dengan puas.

Walaupun masih sukarela jika anda membawa kendaraan pribadi anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5000 untuk kendaraan mobil.

Fasilitas Air Terjun Setawing

Fasilitas yang terdapat di Air Terjun Setawing  belum cukup memadai. Fasilitas umum yang terdapat di Air Terjun tersebut hanya ada toilet dan warung kecil. Di Air Terjun Setawing ini juga terdapat gazebo untuk anda beristirahat dan menikmati air terjun. Walaupun belum mempunyai fasilitas yang memadai, fasilitas tersebut dapat membuat wisatawan yang berkunjung merasa nyaman dan tidak merasa kecewa.