himbauan wisata ke Jogja Alodia siap melayani dengan protokol kesehatan

Air Terjun Seribu Batu

Menikmati keindahan air terjun dengan suasana pedesaan di Bantul

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan wisata budaya, kuliner serta wisata pantainya, tetapi Yogyakarta juga memiliki air terjun yang unik dan indah. Salah satu kabupaten yang tidak pernah sepi dari munculnya potensi wisata alam yang baru adalah Kabupaten Bantul. Kondisi alam yang ada di Kabupaten Bantul berhasil membuat obyek wisata baru yang sangat cocok untuk dikunjungi. Air terjun yang sedang booming pada saat ini adalah Air Terjun Seribu Batu yang juga sering disebut sebgai Air Terjun Cengkehan karenaair terjun ini berada di Dusun Cengkehan.

Kondisi iklim setempat yang sejuk, pemandangan alam nya sangat indah, airnya yang masih jernih dengan pepohonan yang sangat hijau dan alami membuat para pengunjung dapat memanjakan pikirannya. Nama seribu batu ini berasal dari jumlah bebatuan yang mempunyai ukuran dari sangat besar hingga kecil-kecil  yang sangat banyak sehingga tidak dapat dihitung jumlahnya. Konon bebatuan yang berada di sepanjang aliran sungai air terjun ini berasal dari letusan gunung Api Purba Nglanggeran jutaan tahun yang lalu.

Karena banyaknya jumlah batu tersebut pada akhirnya masyarakat setempat menyebutnya seribu batu hingga saat ini. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 8 meter, walaupun tidak terlalu tinggi air terjun ini tidak mengurangi keindahannya dan masih tetap menarik untuk dikunjungi. Kolam yang berada di bawah Air Terjun Seribu Batu ini terbentuk karena gerusan air yang ada dalam waktu lama dan kolam ini memiliki kedalaman sekitar 1 meter.

Kolam tersebut sangat cocok digunakan untuk mandi dan bermain air bagi para pengunjung. Air Terjun Seribu Batu memiliki ciri khas tersendiri jika dibandingkan dengan air terjun yang lainnya. Air terjun ini sering dipercayai mempunyai banyak manfaat, yaitu air yang mengalir ini dapat membuat pengunjung terlihat awet muda dan juga dapat mempererat hubungan antara suami dan istri. Pengunjung juga dapat untuk mengabadikan momen – momen di sini bersama teman maupun keluarga untuk di upload ke media sosial.

Pengunjung dapat melihat keindahan air terjun sambil menikmati suasana hutan yang alami dan suasana pedesaan yang jauh dari polusi yang ada di perkotaan. Pengunjung harus  tetap menjaga kebersihan dan keindahan air terjun ini, dan jangan mencoret batu maupun membuang sampah sembarangan.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Air Terjun Seribu Batu

Lokasi Air Terjun Seribu Batu ini sangat mudah untuk dijangkau dan dilewati karena jalan atau aksesbilitas dari dan menuju Pantai Samas ini sudah layak dan bagus. Namun jika sudah sampai di parkiran, pengunjung harus berjalan sekitar 30 menit untuk sampai di air terjunnya. Pengunjung juga harus melewati jalan setapak yang cukup licin, basah, dan lembek akibat hujan pada hari sebelumnya yang masih belum mengering.

Alamat dari Air Terjun Seribu Batu tepatnya berada di Desa Wisata Wukisari, Dusun Cengkehan, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Air Terjun Seribu Batu

Rute menuju Air Terjun Seribu Batu ini sangat mudah untuk dijangkau. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju Jalan Panembahan Senopati 9, sampai di perempatan ke arah selatan melewati Jalan Brigjen Katamso, lalu lurus terus sampai di perempatan kearah timur melewati Jalan Kolonel Sugiyono, sampai di pertigaan ke arah selatan melewati Jalan Sisingamangaraja, kemudian lurus terus menuju Jalan Imogiri Barat, sampai di perempatan ke arah timur melewati Jalan Manding Imogiri, lurus terus sampai di pertigaan ke arah selatan ke Jalan Imogiti Timur, sampai di pertigaan ke arah timur melewati Jalan Pramuka, kemudian lurus terus menuju Jalan Giriloyo, ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Air Terjun Seribu Batu.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Air Terjun Seribu Batu kurang lebih adalah 17 KM dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Kota menuju Air Terjun Seribu Batu sekitar 38 menit.

Harga Tiket dan Parkir Air Terjun Seribu Batu

Untuk memasuki kawasan Air Terjun Seribu Batu ini masih belum ada dikenakan biaya alias gratis.

Sedangkan untuk biaya parkirnya, setiap kendaraan sepeda motor dikenakan tarif parkir sebesar Rp 3.000, dan untuk kendaraan mobil dikenakan tarif parkir sebesar Rp 5.000.

Fasilitas Air Terjun Seribu Batu

Pada saat ini masih belum ada fasilitas pendukung wisata yang seperti kamar mandi umum, jadi pengunjung dapat meminjam kamar mandi di permukiman warga. Warga sekitar terkenal dengan keramahannya maka dari itu mereka tidak segan segan meminjamkan kamar mandi ke pengunjung.

Pernah ke Air Terjun Seribu Batu?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

X