Air Terjun Randusari

Merasakan sejuknya air terjun di Daerah Dlingo

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan wisata budaya, kuliner serta wisata pantainya, tetapi Yogyakarta juga memiliki air terjun yang unik dan indah. Salah satu kabupaten yang tidak pernah sepi dari munculnya potensi wisata alam yang baru adalah Kabupaten Bantul. Kondisi alam yang ada di Kabupaten Bantul berhasil membuat obyek wisata baru yang sangat cocok untuk dikunjungi. Air terjun yang sedang booming pada saat ini adalah Air Terjun Randusari.

Air terjun ini dinamakan Air Terjun Randusari karena di dekat air terjun ini terdapat pohon yang bernama Pohon Randu atau Pohon Kapuk yang cukup besar dan juga kata “Sari” dari bahasa jawa yang berarti utama. Dulunya air terjun ini dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk sumber air bersih. Tetapi lambat laun Air Terjun Randusari ini dialihkan menjadi tempat wisata karena lokasinya yang sangat menawan.

Disini para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam dan juga suara gemercik air yang menenangkan. Ketinggian dari Air Terjun Randusari ini cukup tinggi yaitu sekitar 15 meter. Untuk kedalaman dari air terjun ini tidak terlalu dalam yaitu hanya berkisar 1 sampai 2 meter saja. Pengunjung dapat bermain air dan berenang sampai puas melepas lelah penat disini. Tetapi pengunjung harus tetap berhati hati karena batu yang ada di sekitar air terjun ini licin.

Selain itu pengunjung juga dapat bersantai di hammock yang ada di sekitar air terjun. Yang menjadi daya tarik utama dari air terjun ini adalah bentuk air terjunnya yang seperti air terjun kembar karena disini terdapat dua sumber air terjun yang mengalir bersebelahan. Sumber mata air dari Air Terjun Randusari ini berasal dari mata air Ngreboh. Mata air ini biasa digunakan oleh warga setempat untuk memenuhi kebutuhan pengairan mereka.

Sebenarnya mata air Ngreboh ini tidak pernah mengering pada musim kemarau tetapi hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan warga setempat saja. Air Terjun Randusari ini masih sangat asri, alami dan juga adanya semilir angin yang menyegarkan membuat para pengunjung merasa tenang disini. Disini juga ada spot foto yang berupa hammock yang berada pas didepan air terjun tersebut.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Air Terjun Randusari

Lokasi Air Terjun Randusari ini sudah lumayan mudah untuk dijangkau karena jalan menuju wisata alam tersebut sudah bagus dan layak untuk dilewati. Tetapi sampai di parkiran pengunjung harus berjalan kaki selama kurang lebih 15 menit melewati jalan setapak untuk sampai di Air Terjun Randusari.

Alamat dari Air Terjun Randusari ini tepatnya berada di Dusun Rejosari, Desa Jatimulyo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Namun Air Terjun Randusari ini lumaya jauh dari pusat Kota Yogyakarta.

Rute Menuju Air Terjun Randusari

Rute menuju Air Terjun Randusari ini sangat mudah dijangkau. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta, ke arah Timur menuju Jalan Pangurakan, kemudian ke arah selatan melewati Jalan Brigjend Katamso, lurus terus sampai di perempatan ke arah timur menuju Jalan Kolonel Sugiyono, sampai di pertigaan ke arah selatan melewati Jalan Sisingamangaraja, lurus terus ke Jalan Imogiri Barat, kemudian sampai di pertigaan ke arah timur menuju Jalan Dewa Ruci, lurus terus tetap berada di Jalan Dewa Ruci, sampai pertigaan ke arah selatan ke Jalan Imogiri Timur, lurus terus sampai perempatan ke arah timur ke Jalan Jejeran – Pleret, di pertigaan ke arah selatan ke Jalan Pleret, jalan terus sampai pertigaan ke arah timur ke Jalan Segoroyoso, lurus terus ke Jalan Pleret – Pathuk, jalan terus ke Jalan Patuk – Dlingo, sampai di pertigaan ke arah tiur ke Jalan Dodongan, kemudian sampai perempatan ke arah selatan ke Jalan Jatimulyo, jalan terus sampai di pertigaan ke arah timur ke Jalan Randusari, Jika sudah berada di Jalan Randusari, ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Air Terjun Randusari.

Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke Air Terjun Randusari lumayan jauh yaitu sekitar 27,3 kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja menuju Air Terjun Randusari sekitar 1 jam.

Harga Tiket dan Parkir Air Terjun Randusari

Harga tiket masuk Air Terjun Randusari terbilang sangat murah yaitu hanya Rp 2.000/orang pengunjung dapat menikmati air terjun yang indah.

Sedangkan untuk biaya parkir di Air Terjun Randusari pengunjung hanya membayar yaitu Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Fasilitas Air Terjun Randusari

Fasilitas Air Terjun Randusari ini sudah lumayan lengkap bagi para pengunjung yang ingin pergi ke Air Terjun Randusari diantaranya adalah:

  1. Gazebo
  2. Toilet umum
  3. Tempat Sampah
  4. Warung makan

Pernah ke Air Terjun Randusari?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini