Air Terjun Grojogan Sewu

Merasakan kesegaran air terjun di Daerah Kulonprogo

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan wisata budaya, kuliner serta wisata pantainya, tetapi Yogyakarta juga memiliki air terjun yang unik dan indah. Salah satu kabupaten yang tidak pernah sepi dari munculnya potensi wisata alam yang baru adalah Kabupaten Kulonprogo. Di daerah Kulon Progo banyak sekali destinasi wisata yang sangat indah dan wajib untuk dikunjungi para wisatawan, salah satu nya yaitu Air Terjun Grojogan Sewu.

Nama dari “Grojogan Sewu” itu sendiri dapat diartikan sebagai seribu pancuran, dan dalam konteks ini nama “Grojogan Sewu” digunakan untuk menyebutkan air terjun yang mempunyai debit air yang besar. Menurut dari cerita turun temurun sesepuh masyarakat sekitar bahwa air terjun tersebut memiliki kaitan yang erat dengan legenda pewayangan Mahabarata. Konon Prabu Kresna, adik dari Prabu Baladewa meminta kakaknya yang bernama Prabu Baladewa untuk bertapa di Air Terjun Grojogan Sewu.

Prabu kresna meminta Prabu Baladewa bertapa supaya kakaknya tersebut tidak ikut dalam perang Baratayuda. Prabu Kresna berpikir karena suara gemuruh yang dihasilkan oleh air terjun setinggi 15 meter tersebut dapat meredam suara dari peperangan Baratayuda. Dan ternyata taktik dari prabu Kresna tersebut berhasil, suara riuh dan juga gemuruh air di Grojogan Sewu tersebut mampu meredam suara peperangan Baratayuda. Pada akhirnya pada saat Perang Baratayuda terjadi, Prabu Baladewa tetap bertapa dan tidak tahu jika preang tersebut sedang berlangsung.

Air Terjun Grojogan Sewu ini mempunyai pemandangan yang sangat mempesona. Yang menjadikan destinasi wisata air terjun ini selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung adalah air yang jernih, udara yang sejuk dan segar, serta perbukitan yang masih asri. Menurut pengelola Air Terjun Grojogan Sewu, tempat wisata ini biasanya ramai dikunjungi oleh wisatawan sekitar pukul setengah tiga sore sampai pukul lima sore.

Ketika Pengunjung ke tempat ini, maka kesegaran dan ketenangan akan langsung didapatkan. Air terjun jernih yang berpadu dengan embung yang dialiri air berwarna kebiru-biruan, menjadikan Air Terjun Grojogan Sewu ini terlihat cantik dan eksotis. Apabila berkunjung kesini pada pagi hari, pengunjung akan mendapatkan kabut pagi yang berada di atas gerojogan sewu, dan juga kabut ini membuat air terjun terlihat cantik dan mempesona.

Ada beberapa tingkatan di air terjun ini, ada yang mempunyai sudut 90 derajat dan ada juga yang bentuknya mirip dengan perosotan. Di paling atas air terjun terdapat sebuah kedung yang biasanya digunakan oleh para pengunjung untuk mandi, tetapi tetap disarankan untuk tetap waspada pada saat mandi di kedung karena kedung ini cukup dalam.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Air Terjun Grojogan Sewu

Lokasi Air Terjun Grojogan Sewu ini sudah termasuk mudah serta cukup aman untuk dijangkau oleh para pengunjung karena jalan untuk menuju ke Air Terjun Grojogan Sewu ini sudah bagus dan layak untuk dilewati. Tetapi lokasi Air Terjun Grojogan Sewu ini cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta.

Alamat Air Terjun Grojogan Sewu ini tepatnya berada di Dusun Beteng, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Air Terjun Grojogan Sewu

Rute menuju Air Terjun Grojogan Sewu ini sangat mudah untuk dijangkau. Jika anda dari pusat kota Yogyakarta ke arah barat menuju Jalan KH. Ahmad Dahlan, lalu melanjutkan perjalanan melewati Jalan Wates, sampai di pertigaan ke arah selatan melewati Jalan Ringroad Barat, kemudian di perempatan ke arah barat menuju Jalan Godean, lalu jalan terus melewati Jalan Raya Kaligesing, sampai pertigaan ke arah selatan kemudian ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Air Terjun Grojogan Sewu.

Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke Air Terjun Grojogan Sewu lumayan jauh yaitu sekitar 31,3 kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja menuju Air Terjun Grojogan Sewu sekitar 59 menit.

Harga Tiket dan Parkir Air Terjun Grojogan Sewu

Harga tiket masuk Air Terjun Grojogan Sewu terbilang cukup murah, pengunjung hanya dikenakan biaya sekitar Rp 6.000,-/orang. Harga tersebut sudah menjadi standar untuk memasuki tempat wisata di Kulonprogo.

Sedangkan untuk biaya parkir di Air Terjun Grojogan Sewu yaitu Rp 2.000,- untuk motor dan Rp 3.000,- untuk parkir mobil.

Fasilitas Air Terjun Grojogan Sewu

Fasilitas di Air Terjun Grojogan Sewu ini terbilang cukup lengkap bagi para pengunjung yang ingin pergi ke Air Terjun Grojogan Sewu, diantaranya adalah:

  1. Warung Makan
  2. Toilet Umum
  3. Tempat Parkir
  4. Musholla
  5. Gazebo

Pernah ke Air Terjun Grojogan Sewu?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini