Agrowisata Bhumi Merapi

Wisata edukasi yang berlokasi di kaki Gunung Merapi

Agrowisata Bhumi Merapi – Selain dikenal sebagai kota pelajar dan kota budaya, Daerah Istimewa Yogyakarta juga dikenal sebagai kota wisata. Hal tersebut dikarenakan kota yang terkenal akan Gudeg nya ini memiliki segudang destinasi wisata yang menarik serta beragam, mulai dari wisata alam, budaya, sejarah, hingga edukasi semuanya ada di kota ini. Nah ngomongin soal wisata edukasi, di Jogja terdapat sebuah wisata edukasi yang wajib sobat semua kunjungi ketika berada di Jogja. Destinasi wisata tersebut adalah Agrowisata Bhumi Merapi.

Agrowisata Bhumi Merapi merupakan agrowisata berkonsep edukasi yang berada di kaki Gunung Merapi, agrowisata yang berdiri di atas lahan seluas 5,2 hektar ini baru dibuka untuk umum pada 20 Desember 2015 sehingga masih tergolong sebagai destinasi wisata baru. Sejak dibuka untuk umum pada tahun 2015 silam tempat ini tak pernah sepi pengunjung, selain berwisata pengunjung juga bisa belajar berbagai hal tentang peternakan, perkebunan, dan pertanian. Udara di tempat ini juga masih sangat sejuk, hal tersebut tentu membuat siapa saja yang berkunjung ke tempat ini merasa betah dan nyaman berlama – lama di tempat ini.

Ada banyak hal yang bisa sobat semua lakukan di tempat ini, seperti yang sudah kami sampaikan diatas, di tempat ini sobat semua tidak hanya berwisata saja melainkan sobat semua juga bisa belajar berbagai hal tentang peternakan, perkebunan, serta pertanian. Di bidang peternakan sobat semua akan belajar memerah susu kambing etawa, memberi susu dot bagi anak kambing, mengolah susu hasil perahan menjadi berbagai macam olahan, serta mengolah kotoran kambing menjadi pupuk organik dan biogas.

Selain kambing etawa sobat semua juga bisa belajar budidaya kelinci, mulai dari meberi makan kelinci hingga cara merawat kelinci. Selain binatang ternak sobat semua juga bisa bercengkrama dengan berbagai macam reptil dan hewan mamalia yang ada di tempat ini seperti ular, kura – kura, ikan, rusa, serta masih banyak lagi hewan – hewan yang dapat sobat semua jumpai serta pelajari di tempat ini.

Selanjutnya di bidang pertanian dan perkebunan sobat semua bisa belajar mengenai tanaman hidroponik, selain belajar sobat semua juga bisa membeli tanaman hasil hidroponik. Selain memberikan edukasi tentang peternakan, perkebunan, dan pertanian, Agrowisata Bhumi Merapi juga memberikan fasilitas pendampingan usaha bagi sobat semua yang ingin membuka usaha di bidang tersebut.

Selain hal di atas tentunya masih banyak lagi daya tarik lain yang dimiliki Agrowisata Bhumi Merapi, diantaranya yaitu adanya camp ground dan area outbond, untuk camp ground sobat semua dikenakan tarif sebesar Rp. 650.000 untuk menyewa peralatan camping sekaligus mendapatkan berbagai macam fasilitas lain. Ada juga jasa penyewaan mobil jeep dengan tarif sebesar Rp. 150.000 /mobil dengan kapasitas 5 – 6 orang, selanjutnya sobat semua akan dibawa mengelilingi area agrowisata dan Kali Kuning.

Berikutnya bagi sobat semua yang hobi foto dan selfie di Agrowisata Bhumi Merapi ini terdapat beberapa spot foto menarik, salah satunya adalah spot foto Rumah Hobbit, spot foto tersebut merupakan spot foto favorit di tempat ini. selain rumah hobbit yang terakhir di tempat ini terdapat sebuah situs sejarah berupa goa yang bernama Goa Ponggolo, goa ini telah berusia sekitar 200 tahun, menurut cerita yang beredar goa ini dibangun oleh kiyai dan nyai Ponggolo pada saat perang Diponegoro dan digunakan sebagai tempat berlindung dari serangan Belanda. Goa ini memiliki panjang sekitar 350 meter dan lebar sekitar 1 hingga 2,5 meter.

Ingin berkunjung ke Agrowisata Bhumi Merapi atau tempat wisata menarik lainnya di Jogja? Yuk pesan paket tour Jogja di Alodia Tour.

Lokasi Agrowisata Bhumi Merapi

Lokasi Agrowisata Bhumi Merapi sendiri meskipun berada jauh dari pusat Kota Yogyakarta tetapi cukup mudah untuk dijangkau, lokasinya berada di kaki Gunung Merapi, untuk lebih tepatnya lagi Agrowisata Bhumi Merapi berada di Jl. Kaliurang KM 20, Sawangan, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Agrowisata Bhumi Merapi

Rute menuju Agrowisata Bhumi Merapi sangatlah mudah, dari pusat Kota Yogyakarta sobat semua bisa langsung menuju ke Jalan Kaliurang, lalu sampai di Jalan Kaliurang lurus terus ke arah utara untuk sampai di Jalan Kaliurang KM 20, lalu sampai di Jalan Kaliurang KM 20 di kanan kiri jalan terdapat papan petunjuk menuju ke Bhumi Merapi, selanjutnya ikuti saja petunjuk tersebut dan sobat semua akan sampai di Agrowisata Bhumi Merapi.

Harga Tiket dan Parkir Agrowisata Bhumi Merapi

Harga tiket masuk Agrowisata Bhumi Merapi sangat terjangkau, sobat semua hanya dikenakan tarif sebesar Rp. 10.000 saja per orangnya. Sedangkan untuk jam bukanya Agrowisata ini buka mulai pukul 08.30 sampai pukul 17.00 WIB.

Fasilitas Agrowisata Bhumi Merapi

Fasilitas Agrowisata Bhumi Merapi terbilang sangat lengkap, ada berbagai macam fasilitas yang akan sobat semua jumpai selama berada di tempat ini, diantaranya yaitu:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Restaurant
  • Camp ground
  • Outbond area
  • Jeep

Pernah ke Agrowisata Bhumi Merapi?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini